Selasa, 11 April 2017

TUGAS 5 MIAD SYARWAN HAMID



Ilmu Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
‘Perbedaan Karya-Karya Ilmiah’







Disusun Oleh:
SYARWAN HAMID PAMUNGKAS (17516256)
1 PA 12



UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan YME karena Rahmat dan KaruniaNya saya bisa menyusun makalah berjudul “KARYA ILMIAH” ini dengan tepat waktu, guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Ilmu budaya dan ilmu matematika dasar, Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Dalam pembuatan makalah ini, saya banyak mendapat hambatan dan tantangan namun dengan dukungan dari berbagai pihak, tantangan tersebut dapat teratasi. Olehnya itu, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah ikut membantu dalam penyelesaian makalah ini. Untuk itu penulis sampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya dalam penyusun makalah ini. Semoga kontribusinya mendapat balasan dari Tuhan YME.
Saya sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan baik segi penyusunan maupun isinya. Kritik dan saran dari pembaca sangat saya harapkan untuk kesempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata, harapan saya makalah ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca dan kita sekalian.

DAFTAR ISI:

KATA PENGANTAR                       ........................................................

DAFTAR ISI                                      ........................................................

BAB 1 PENDAHULUAN                ........................................................
1.    Latar Belakang
2.    Rumusan Masalah
3.    Tujuan Penulisan

BAB 2 PEMBAHASAN                   .......................................................
A.   Pengertian Karya Ilmiah

BAB 3 KESIMPULAN                     .......................................................











BAB 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang
  Karya ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca. Karya ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai sesuatu hal dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan. Maka sudah selayaknyalah, jika tulisan ilmiah sering mengangkat tema seputar hal-hal yang baru (aktual) dan belum pernah ditulis orang lain. Jikapun, tulisan tersebut sudah pernah ditulis dengan tema yang sama, tujuannya adalah sebagai upaya pengembangan dari tema terdahulu. Disebut juga dengan penelitian lanjutan.
           Tradisi keilmuan menuntut para calon ilmuan (mahasiswa) bukan sekadar menjadi penerima ilmu. Akan tetapi sekaligus sebagai pemberi (penyumbang) ilmu. Dengan demikian, tugas kaum intelektual dan cendikiawan tidak hanya dapat membaca, tetapi juga harus dapat menulis tentang tulisan-tulisan ilmiah. Apalagi bagi seorang mahasiswa sebagai calon ilmuan wajib menguasai tata cara menyusun karya ilmiah. Ini tidak terbatas pada teknik, tetapi juga praktik penulisannya. Kaum intelektual jangan hanya pintar bicara dan “menyanyi” saja, tetapi juga harus gemar dan pintar menulis. Istilah karya ilmiah disini adalah mengacu kepada karya tulis yang menyusun dan penyajiannya didasarkan pada kajian ilmiah dan cara kerja ilmiah. Di lihat dari panjang pendeknya atau kedalaman uraiaan, karya tulis ilmiah dibedakan atas makalah (paper) dan laporan penelitian. Dalam penulisan, baik makalah maupun laporan penelitian, didasarkan pada kajian ilmiah dan cara kerja ilmiah. 
         Di perguruan tinggi mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Rumusan Masalah


  •        .Pengertian karya ilmiah
  •         Perbedaan karya ilmiah



Tujuan Penulisan
1.    Dapat menjelaskan apa itu karya ilmiah
2.    Menyelesaikan tugas kampus



BAB 2
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Karya Ilmiah

Apa itu karya ilmiah ?

Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar. Selain itu Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Jenis - Jenis Karya Ilmiah :
  1.  Makalah, Menurut bahasa, makalah berasal dari bahasa Arab yang berarti karangan. Makalah adalah karya tulis (ilmiah) paling sederhana.
  2.  Kertas Kerja, adalah makalah yang memiliki tingkat analisis lebih serius, biasanya disajikan dalam lokakarya.
  3.  Skripsi, adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasar pendapat orang lain dimana karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, didukung data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung observasi lapangan atau penelitian di laboratorium, atau studi kepustakaan dan dipertahankan di depan sidang ujian (munaqasyah) dalam rangka penyelesaian studi tingkat Strata Satu (S1) untuk memperoleh gelar Sarjana.
  4.  Tesis, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program Strata Dua (S2), yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister.
  5.  Disertasi, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat Strata Tiga (S3) yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi untuk memperoleh gelar Doktor (Dr.)
  6.  Artikel, adalah sebuah karangan prosa yang dimuat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas.
  7.  Esai, adalah ekspresi tertulis dari opini penulisnya. Sebuah esai akan makin baik jika penulisnya dapat menggabungkan fakta dengan imajinasi, pengetahuan dengan perasaan, tanpa mengedepankan salah satunya.
  8.  Opini, adalah sebuah kepercayaan yang bukan berdasarkan pada keyakinan yang mutlak atau pengetahuan sahih, namun pada sesuatu yang nampaknya benar, valid atau mungkin yang ada dalam pikiran seseorang apa yang dipikirkan seseorang penilaian.
  9.  Fiksi, adalah isinya yang berupa kisah rekaan.

KESIMPULAN.


  • Karangan Ilmiah adalah karangan seseorang yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar. Karangan ilmiah bisa diartikan tentang laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...