Minggu, 16 April 2017

matematika dan ilmu alamiah dasar 2

Nama               : Ayu sekarni 
Kelas               : 1pa12
Npm                : 11516246 
Dosen              : Rizqi intan sari nugraheni
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya. Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


                                                                                                                                                                                     Jakarta, 16 april 2017


BAB I
PENDAHULUAN
1.      latar belakang  
ilmiah adalah segala sesuatu yang bersifat keilmuan, didasarkan pada ilmu pengetahuan, atau memenuhi syarat atau kaidah ilmu pengetahuan. segala sesuatu yang dibuat berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dapat disebut bersifat ilmiah seperti metode ilmiah, penelitian ilmiah dan karya tulis ilmiah lain dan sebagainya. kata kerja dari ilmiah ini adalah mengilmiahkan yang berarti menjadikan sesuatu yang ilmiah atau bersifat keilmuan atau bersifat ilmu pengetahuan. sedangkan pengertian non ilmiah  adalah sesuatu yang didasarkan atas opini dan teori yang sifatnya subyektif dengan demikian subyektif. pengertiaan karya non ilmiah adalah karangan atau karya tulisan yang menyajikan beberapa fakta pribadi tentang pengetahuan serta pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yang sifatnya subyekif, tidak didukung dengan berbagai fakta umum, dan pada umumnya menggunakn pola dan gaya bahasa yang tidak populer.

2.      Rumusan masalah
a.       apa pengertian dari karya tulis ilmiah
b.      ciri-ciri karya tulis ilmiah
c.       jenis-jenis karya tulis ilmiah

3.       tujuan dan manfaat penulisan
a.       mengetahui pengertian dari karya tulis ilmiah
b.      mengetahui ciri-ciri karya tulis ilmiah
c.       mengetahui jenis- jenis karya tulis ilmiah

BAB II
PEMBAHASAN

1.      pengertian karya tulis ilmiah
Karya ilmiah adalah hasil pemikiran seorang ilmuwan (yang berupa hasil pengembangan) yang ingin mengembangkan IPTEK dan seni yang diperoleh dari kepustakaan, kumpulan pengalaman, penelitian, dan pengetahuan orang lain sebelumnya (dwikola, 2005 : 2). Menurut Pateda (1993 : 91 ) Karya ilmiah adalah hasil pemikiran ilmiah pada suatu displin ilmu tertentu yang disusun secara matematis ilmiah, logis, benar, bertanggungjawab, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jadi, karya tulis ilmiah bukan sekedar untuk mempertanggungjawabkan penggunaan sumber daya penelitian (uang, bahan, alat) tetapi juga mempertanggungjawabkan penulisan karya ilmiah tersebut secara teknis dan materi. Hasil penulisan karya tulis ilmiah harus bersifat sistematis artinya disusun dalam suatu urutan yang teratur  Juga harus disusun secara logis dan benar. Oleh karena itu seorang penulis harus mempunyai memiliki landasan teori yang kuat. Pertanggungjawaban ilmiah tidak hanya berkaitan dengan penulisan (teknis). Penulisan karya tulis ilmiah harus memenuhi kaidah antara lain : (1) penyebutan sumber tulisan yang jelas ; (2) memenuhi kaidah penuliasan yang berkaitan dengan teknik kutip mengutip penulisan kata, frasa, dan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar.

2.      ciri-ciri karya tulis ilmiah 
a.       Logis. Karya tulis dikatakan logis apabila data, argumen, penjelasan yang dikemukakan diterima oleh akal
b.      Sistematis. Karya tulis dikatakan sistematis apabila setiap permasalahan yang diuraikan disusun secara teratur, runtut, dan tidak tumpang tindih.
c.       Obyektif. Karya tulis dikatakan obyektif apabila alasan , keterangan, penjelasan dan uraian-uraian yang dikemukakan sesuai apa adanya.
3.      jenis- jenis karya ilmiah.
Contoh karya tulis dapat diambil dari jenis-jenis karya tulis, yang pertama untuk karya tulis ilmiah contohnya, seperti :
a.       Skripsi
Skripsi adalah karya ilmiah untuk memenuhi persyaratan mengakhiri studi S-1 dan mencapai gelar sarjana.
b.      Tesis
tesis adalah tulisan ilmiah yang disusun untuk memenuhi persyaratan menempuh ujian S-2 dan mencapai gelar magister.
c.       Disertasi
Disertasi adalah tulisan ilmiah yang disusun untuk mencapai derajat akademis doktor (S-3)
d.      Makalah
Makalah adalah karya ilmiah yang pembahasanya berdasarka data di lapangan yang bersifat empiris-objektif.biasanya disusun guna memenuhi tugas-tugas mata kuliah.
e.       Proposal penelitian
Proposal penelitain merupakan karya ilmiah yang dibuat sebelum menyusun skripsi, tesis, atau disertasi.

                           
                                                               
BAB III
PENUTUP
1.      kesimpulan 
Karya tulis merupakan hasil karangan dalam bentuk tulisan yang merupakan hasil pikiran, hasil pengamatan,      tinjauan dalam bidang tertentu dan disusun secara sistematis. Karya tulis juga dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu karya tulis ilmiah, contoh karya tulis ilmiah diantaranya adalah skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan proposal penelitian. Jenis karya tulis yang kedua adalah karya tulis non ilmiah, contohnya yaitu dongeng, drama, novel, dan roman. Jenis karya tulis lainnya adalah karya tulis ilmiah populer, contohnya artikel, resensi, sinopsis, dan resume. Sistematika penulisan karya tulis tergantung dari jenis karya tulis itu sendiri, oleh karena itu kaidah yang digunakan antara penulisan karya tulis imiah, non ilmiah, atau ilmiah populer pun berbeda antara yang satu dengan lainnya.

2.      daftar pustaka 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...