Nama : Citra Epina Indatirani
Kelas : 1PA12
NPM : 11516633
1. Jurnal Bahasa Indonesia
a. Judul:Tutorial
Microsoft Office 2007 Berbasis Flash dalam Halaman Web untuk Mata Diklat KKPI
di SMK.
b. Tujuan:Untuk
mengembangakan sebuah tutorial microsoft office 2007 berbasis flash pada
halaman web yang dapat membantu proses belajar mengajar siswa SMK dalam
mengikuti mata diklat KKPI.
c. Manfaat:Mata
pelajaran KKPI dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu
mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
d. Alasan:Perkembangan teknologi
informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat
tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat
dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak lagi hanya terbatas pada media
cetak, radio dan televisi, tetapi juga menjadikan teknologi jaringan global,
internet sebagai salah satu sumber informasi utama.
e. Metode:Metode
analisis data yang dilakukan adalah
dengan menggunakan media kuesioner.
f. Populasi:Sekelompok
siswa di SMK 26, Jakarta.
g.
Subjek:Siswa/siswi
SMK 26.
h. Sampel:Untuk
pengevaluasi materi 1 mengevaluasi kualitas materi dengan media pembelajaran
ini dengan skor sebesar 158 skor dari skor maksimum sebesar 174. Dan nilai
dalam presentasinya adalah 91% sehingga mendapat predikat sangat baik.
Sedangakn pengevaluasan materi 2 mengevaluasi kualitas materi dari media
pembelajaran ini dengan skor 161 dari skor maksimum sebesar 174. Dan nilai
presentasinya adalah 93%, sehingga mendapat predikat sangat baik. Untuk semua
hasilnya diperoleh data sebesar 53.85% atau 7 dari 13 orang siswa SMK
menyatakan sangat baik, sebesar 30,77% atau sebanyak 4 dari 13 orang siswa
menyatakan baik, sebesar 15,38% atau sebanyak 2 dari 13 orang siswa menyatakan
cukup baik. Sehingga disimpulkan nilai rata-rata kualitas secara keseluruhan
media menurut pengevaluasi SMK sebagai pengguna ialah 87,6 sehingga memperoleh
predikat baik.
i. Cara
Meneliti: pengumpulan data dalam peneliti adalah dengan
menggunakan Metode eksperimen dimana sebagai langkah awal, dengan menggunakan
perangkat lunak Macromedia Flash 8 Pro.
Peneliti membuat tutorial-tutorial microsoft office 2007 yang disesuaikan
dengan kurikulum SMK untuk mata diklat KKPI dan ditambahkan untuk beberapa
materi penting yang dibutuhkan siswa SMK.
j. Hipotesis:Melalui
hasil pengevaluasan 1,2, dan 3 disimpulkan bahwa nilai rata-rata kualitas
secara keseluruhan media menurut pengevaluasi SMK sebagai pengguna ialah 87,6
sehingga memperoleh predikat baik.
k. Hasil:Berdasarkan
rata-rata nilai pembelajaran secara keseluruhan menurut pengamat ahli (guru dan
dosen) dan siswa SMK sebagai pengguna maka dapat disimpulkan bahwa bahwa
tutorial microsoft office 2007 berbasis flash pada halaman web untuk mata
diklat KPPI di SMK 26 Jakarta memiliki kualitas materi yang jelas dan kualitas
media yang cukup baik.
Link No 1:
https://docs.google.com/file/d/0B_LnkQWFUlDeVHJ6d1cwVkZid1E/view
LinkNo2:Link:http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewjournal&journal=7035
LinkNo2:Link:http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewjournal&journal=7035
2. Jurnal Bahasa Inggris
a.
Judul:Developing Character Based Lesson Plans For The Tenth Grade Students Of
Vocational School
b. Tujuan:Untuk mengidentifikasi masalah dan
kebutuhan rencana pelajaran di SMK Triatmajaya Singaraja, menentukan desain
yang cocok dan mengembangkan karakter berdasarkan rencana pembelajaran di SMK
Triatma Jaya, mengukur efektivitas dan kualitas rencana pelajaran yang
dikembangkan.
c. Manfaat:Untuk menciptakan pembelajaran
atmosfer dan belajar proses di mana siswa mengembangkan potensi mereka secara
aktif untuk mendapatkan kompetensi spiritual keagamaan, self kontrol, karakter,
kecerdasan, moral yang baik, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh diri mereka
sendiri, masyarakat negara dan bangsa.
d. Alasan:Penulis akan membuktikan bahwa rencana
pelajaran yang dikembangkan efektif dan kualitas sangat baik.
e. Metode:Metode analisi data yang digunakan
adalah menggunakan deskriptif dan kuantitatif. Siswa dan siswi SMK Triatma Jaya
Singaraja menggunakan kurikulum Rencana pelajaran yang dikembangkan dan
dirancang berdasarkan teknis.
f. Populasi:Siswa SMK Triatma Jaya Singaraja.
g. Subjek:Siswa/siswi SMK Triatma Jaya
Singaraja
h. Sampel: Siswa/siswi kelas XAP1,XAP2,XAP3 dan
XAP4
i. Cara Meneliti:Data dari penelitian ini
dianalisis menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif.
j. Hipotesis:Semua skor mereka meningkat di
rentang yang
berbeda.
Ha itu terjadi karena kelas yang berbeda mendapat kelompok yang berbeda dari
pelajaran berencana dengan bahan yang berbeda. Jelas bahwa bahan yang berbeda
memiliki tingkat yang berbeda dari kompleksitas.
k.
Hasil:Hasil menunjukkan bahwa hasil rata-rata tes meningkat. Sebelum
pelaksanaan, rata-rata skor rata-rata adalah 75. Setelah pelaksanaan meningkat
menjadi 77. Itu juga terjadi pada XPA2 sebelum mengimplementasikan rencana
pelajaran yang dikembangkan, skor rata-rata untuk rencana tiga pelajaran adalah
69,6. Setelah menerapkan tiga
rencana pelajaran
maju, nilai rata-rata Setelah menerapkan tiga
rencana pelajaran
maju, nilai rata-rata
diangkat ke 74,2. XAP3
dan XAP4 juga
perubahan serupa
berpengalaman dengan mereka
skor rata-rata.
Rata-rata dari mereka
Skor pretest bangkit
dari 77,4 dan 74,2 untuk
82,3 dan 78,3.
diangkat ke 74,2. XAP3 dan XAP4 juga
perubahan serupa
berpengalaman dengan mereka
skor rata-rata. Rata-rata
dari mereka
Skor pretest bangkit dari
77,4 dan 74,2 untuk 82,3 dan 78,3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar