Rabu, 12 April 2017

Tugas MIAD 5 (Winda Lilis Sana)

Nama               : Winda Lilis Sana
Kelas/ Npm     : 1 PA 12/ 17516664
Tugas               : Pertemuan 2 ( ke-2)

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Makalah Ilmiah / Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah adalah laporan yang memaparkan tentang hasil penelitian atau pengkajian suatu masalah. Tulisan ilmiah adalah ide yang tertuang dalam bentuk tertulis dari hasil penilitian dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Sebuah tulisan dapat disebut tulisan ilmiah, apabila memenuhi syarat sebagai berikut.(Ekosusilo dan Triyanto,1995:11-12):
1.       Mengandung suatu masalah beserta pemecahannya
2.      Masalah yang dikemukakan harus obyektif
3.      Tulisan harus lengkap
4.      Tulisan harus disusun dengan metode tertentu
5.      Tulisan harus disusun menurut sistem tertentu
Karya ilmiah berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuandan teknologi berupa penjelasan, prediksi, dan pengawasan.
·         Ciri – Ciri Tulisan Ilmiah
Pada umumnya ada beberapa ciri yang menandai tulisan ilmiah, yaitu :

1.       Logis
2.       Sistematis
3.       Obyektif
4.       Tuntas dan menyeluruh
5.       Seksama
6.       Jelas
7.       Akurat
8.       Terbuka
9.       Berlaku umum
10.    Santun, bahasa dan tata tulis yang digunakan baku


·         Bentuk-Bentuk Karya Tulis Ilmiah
  1.      Laporan adalah tulisan yang dibuat oleh seseorang setelah melakukan penelitian, pembacaan buku (referensi), percobaan yang disusun berdasarkan data dan penilaian secara obyektif.Dalam laporan hendaknya dapat mengemukakan permasalahan secara benar, jelas dan ringkas.
  2.      Makalah merupakan tulisan yang berisikan pendapat yang membahas suatu pokok persoalan.Dalam ruang lingkup mahasiswa makalah merupakan istilah karya tulis yang merupakan segala jenis tugas tertulis yang berhubungan dengan bidang studi, hasil pembahasan buku, tulisan tentang suatu persoalan.Mahasiswa biasa menyebutnya paper.
  3.      Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian sebagai prasyarat untuk memperoleh gelar sarjana strata satu  (S1) di jenjang perguruan tinggi dan dipertahankan di depan sidang ujian. Tebal skripsi terdiri dari 50 sampai 100  halaman yang isinya mengungkapkan pendapat penulis berdasarkan teori orang lain didukung data dan fakta empiris-objektif.
  4.      Tesis adalah karya ilmiah yang tarafnya lebih mendalam dari skripsi dan dijadikan persyaratan untuk mendapat gelar sarjana strata dua (S2).Pada tesis mengungkapkan pengetahuan atau temuan baru yang diperoleh dari penelitian.Tebal tesis mencapai 150 sampai 250 halaman.
  5.      Disertasi merupakan karya tulis ilmiah untuk memenuhi syarat salah satu persyaratan mencapai gelar sarjana strata tiga (S3).Disertasi ditujukan untuk mencapai gelar Doktor (Dr.), yaitu gelar tertinggi di perguruan tinggi. Permasalahan yang dibahas sudah sangat kompleks dan detail dibanding tesis dan skripsi. Isinya mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan faktanya oleh penulis dengan analisis terperinci dengan temuan orisinil.Tebal disertasi 250 sampai 350 halaman.
  6.      Buku/Diktat juga merupakan bentuk tulisan ilmiah yang memberikan informasi faktual tentang suatu disiplin ilmu.Keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.Buku ditulis oleh pengarang untuk memperkenalkan isinya dengan keadaan umum dan dicetak oleh suatu penerbit. Sedangkan diktat ditulis dalam keadaan tertentu dan untuk mengarahkan proses belajar mahasiswa ataupun siswa. (Ekosusilo dan Triyanto,1995:18)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...