Sabtu, 08 April 2017

Tugas 3 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (Materi 2)

Tugas 3 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Khalidah Zazkya
Kelas : 1PA12
NPM : 13516893

1.      Jurnal Psikologi
  1. Judul : Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah
  2. Tujuan : untuk mengetahui Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah, yaitu remaja yang memiliki ayah dengan remaja yang tidak memiliki ayah.
  3. Manfaat : membuktikan bahwa self esteem remaja memang dipengaruhi oleh keberadaan ayah.
  4. Alasan : membuktikan adanya perbedaan self esteem terhadap remaja yang memilki ayah dengan remaja yang tidak memiliki ayah.
  5. Metode : metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisa t-test Sepersted varians.
  6. Populasi : seluruh remaja yang berstatus sebagai siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru.
  7. Subjek : remaja yang ayahnya masih hidup dan remaja yang ayahnya sudah meninggal dunia.
  8. Sample :  jumlah keseluruhannya adalah 1.127 siswa. Dari jumlah siswa tersebut, terdapat 57 orang remaja yang tidak memiliki ayah (ayahnya berarti sudah meninggal dunia), dan selebihnya remaja yang memiliki ayah yaitu 1.070 orang remaja.
  9. Cara meneliti : pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala psikologi self esteem. Skala self esteem tersebut disusun berdasarkan teori self esteem dan indicator self esteem yang dikemukakan oleh Coopersmith.
  10. Hipotesis : terdapat perbedaan self esteem remaja ditinjau dari keberadaan ayah.
  11. Hasil : dari hasil perhitungan rata-rata dengan menggunakan teknik t-test (independent test), remaja yang memiliki ayah memperoleh angka 106 sedangkan remaja yang tidak memiliki ayah menmperoleh angka 100. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan self esteem antara remaja yang memiliki ayah dengan remaja yang tidak memilki ayah. Kelompok remaja yang memilki ayah memiliki sistem self esteem yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok remaja yang tidak memiliki ayah.
  12. Link jurnal terkait :
 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/172/160

2.      Jurnal Bahasa Inggris
  1. Judul :  The Effect Of Problem Based Learning And Performance Assessment On Students’ Reading And Writing Competencies
  2. Tujuan : untuk menginvestigasi pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan asesmen kinerja terhadap kompetensi membaca dan menulis siswa kelas sepuluh SMAN 1 Mengwi pada tahun ajaran 2011/2012.
  3. Manfaat : mengetahui adanya pengaruh Problem Based Learning dalam kompetensi membaca serta menulis pada siswa.
  4. Alasan : penulis ingin membuktikan adanya pengaruh Problem Based Learning pada kompetensi membaca serta menulis pada siswa.
  5. Metode : siswa diajarkan oleh PBL dan dengan metode konvensional. Analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan analisa inferensial. Analisis deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan data dengan mengukur rata-rata. Sementara itu, analisis inferensial bertujuan pengujian hipotesis.
  6. Populasi : Siswa SMAN 1 Mengwi .
  7. Sample : 96 orang siswa.
  8. Subjek : siswa kelas X SMAN 1 Mengwi dipilih secara acak.
  9. Cara meneliti : data kompetensi membaca dan menulis dikumpulkan melalui tes essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis Varian Multivariat (MANAVA).
  10. Hipotesis : Pengaruh Problem Based Learning dan Penilaian Kompetensi Kinerja Pada membaca dan Menulis Siswa.
  11. Hasil : Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan dari Problem Based Learning yang terjadi secara bersamaan dan secara terpisah pada membaca dan menulis kompetensi siswa, 2) ada pengaruh yang signifikan dari penilaian kinerja yang secara bersamaan dan secara terpisah pada siswa membaca dan menulis kompetensi, 3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan jenis penilaian terhadap siswa membaca dan menulis kompetensi yang terjadi secara bersamaan, 4) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan jenis penilaian pada siswa membaca kompetensi, dan 5) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan jenis penilaian pada penulisan kompetensi siswa.
  12. Link jurnal terkait :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...