Tugas 3
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Nama
: Khalidah Zazkya
Kelas
: 1PA12
NPM
: 13516893
1. Jurnal
Psikologi
- Judul
: Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah
- Tujuan
: untuk mengetahui Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari
Keberadaan Ayah, yaitu remaja yang memiliki ayah dengan remaja yang tidak
memiliki ayah.
- Manfaat
: membuktikan bahwa self esteem remaja memang dipengaruhi oleh keberadaan
ayah.
- Alasan
: membuktikan adanya perbedaan self esteem terhadap remaja yang memilki
ayah dengan remaja yang tidak memiliki ayah.
- Metode
: metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisa t-test
Sepersted varians.
- Populasi
: seluruh remaja yang berstatus sebagai siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru.
- Subjek
: remaja yang ayahnya masih hidup dan remaja yang ayahnya sudah meninggal
dunia.
- Sample
: jumlah keseluruhannya adalah
1.127 siswa. Dari jumlah siswa tersebut, terdapat 57 orang remaja yang
tidak memiliki ayah (ayahnya berarti sudah meninggal dunia), dan selebihnya
remaja yang memiliki ayah yaitu 1.070 orang remaja.
- Cara
meneliti : pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
skala psikologi self esteem. Skala self esteem tersebut disusun
berdasarkan teori self esteem dan indicator self esteem yang dikemukakan
oleh Coopersmith.
- Hipotesis
: terdapat perbedaan self esteem remaja ditinjau dari keberadaan ayah.
- Hasil
: dari hasil perhitungan rata-rata dengan menggunakan teknik t-test
(independent test), remaja yang memiliki ayah memperoleh angka 106 sedangkan
remaja yang tidak memiliki ayah menmperoleh angka 100. Dengan demikian,
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat
perbedaan self esteem antara remaja yang memiliki ayah dengan remaja yang
tidak memilki ayah. Kelompok remaja yang memilki ayah memiliki sistem self
esteem yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok remaja yang tidak
memiliki ayah.
- Link
jurnal terkait :
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/172/160
2. Jurnal
Bahasa Inggris
- Judul
: The Effect Of Problem Based
Learning And Performance Assessment On Students’ Reading And Writing
Competencies
- Tujuan
: untuk menginvestigasi pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan asesmen
kinerja terhadap kompetensi membaca dan menulis siswa kelas sepuluh SMAN 1
Mengwi pada tahun ajaran 2011/2012.
- Manfaat
: mengetahui adanya pengaruh Problem Based Learning dalam kompetensi
membaca serta menulis pada siswa.
- Alasan
: penulis ingin membuktikan adanya pengaruh Problem Based Learning pada
kompetensi membaca serta menulis pada siswa.
- Metode
: siswa diajarkan oleh PBL dan dengan metode konvensional. Analisis data
yang digunakan adalah analisa deskriptif dan analisa inferensial. Analisis
deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan data dengan mengukur rata-rata.
Sementara itu, analisis inferensial bertujuan pengujian hipotesis.
- Populasi
: Siswa SMAN 1 Mengwi .
- Sample
: 96 orang siswa.
- Subjek
: siswa kelas X SMAN 1 Mengwi dipilih secara acak.
- Cara
meneliti : data kompetensi membaca dan menulis dikumpulkan melalui tes
essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis Varian Multivariat
(MANAVA).
- Hipotesis
: Pengaruh Problem Based Learning dan Penilaian Kompetensi Kinerja Pada
membaca dan Menulis Siswa.
- Hasil
: Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa (1) ada
pengaruh yang signifikan dari Problem Based Learning yang terjadi secara
bersamaan dan secara terpisah pada membaca dan menulis kompetensi siswa,
2) ada pengaruh yang signifikan dari penilaian kinerja yang secara
bersamaan dan secara terpisah pada siswa membaca dan menulis kompetensi,
3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan jenis
penilaian terhadap siswa membaca dan menulis kompetensi yang terjadi
secara bersamaan, 4) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran
dan jenis penilaian pada siswa membaca kompetensi, dan 5) ada interaksi
yang signifikan antara model pembelajaran dan jenis penilaian pada
penulisan kompetensi siswa.
- Link
jurnal terkait :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar