Nama : Rhea
Ahmad Matin
Kelas : 1PA12
NPM :
16516280
1. Jurnal
Psikologi Bahasa Indonesia
a. Judul : Perbedaan regulasi emosi perempuan dan
laki-laki di perguruan tinggi.
b. Tujuan dan manfaat : Untuk mengetahui perbedaan
dalam regulasi emosi antara perempuan dan laki-laki yang menjalani pendidikan
di perguruan tinggi.
c. Metode : Metode survey dengan kuesioner digunakan
untuk mengetahui perbedaan regulasi emosi antara perempuan dan laki-laki.
d. Populasi : Mahasiswa dan mahasiswi fakultas
psikologi UI
e. Subjek : 48 perempuan dan 33 laki-laki
e. Subjek : 48 perempuan dan 33 laki-laki
f. Sampel : Partisipan adalah 81 mahasiswa atau
mahasiswi Fakultas Psikologi UI, terdiri dari 48 perempuan dan 33 laki-laki.
g. Cara Peneliti : Metode survey dengan kuesioner
digunakan untuk mengetahui perbedaan regulasi emosi antara perempuan dan
laki-laki di Fakultas Psikologi UI, terdiri dari 48 perempuan dan 33 laki-laki.
h. Hipotesis :
(1) ada perbedaan dalam regulasi emosi secara umum
antara perempuan dan laki-laki;
(2) tidak ada perbedaan dalam cognitive reappraissal
antara perempuan dan laki-laki; dan
(3) ada perbedaan expressive suppression antara
perempuan dan laki-laki.
i. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tidak ada
perbedaan dalam dimensi cognitive reappraissal antara perempuan dan laki-laki,
sedangkan dalam dimensi expressive suppression ada perbedaan antara perempuan
dan laki-laki sehingga dalam regulasi emosi secara umum pun ada perbedaan antara
perempuan dan laki-laki. Hasil ini sesuai dengan hipotesis penelitian.
2. Jurnal
Psikologi Bahasa Inggris
a. Judul : Multicultural Benefits and Challenges for
International Students during Period of Their Study: Case Study in Malaysia.
b. Tujuan dan manfaat : manfaat dan poin plus dalam
hal perspektif karir, keakraban budaya, pengembangan diri.
c. Metode : Metode kualitatif dan convenience
sampling diterapkan.
d. Populasi : Siswa Internasional selama masa studi
mereka di Universitas Putra Malaysia.
e. Subjek : 20 mahasiswa pascasarjana dari berbagai
bidang studi.
f. Sampel : 20 mahasiswa pascasarjana dari berbagai
bidang studi yang berada di Universitas Putra Malaysia.
g. Cara Peneliti : Wawancara semi terstruktur dan
wawancara mendalam dilakukan pada 20 mahasiswa pascasarjana dari berbagai
bidang studi.
h. Hipotesis : Belajar di luar negeri menawarkan
manfaat dan poin plus dalam hal perspektif Karir, keakraban budaya,
pengembangan diri. Tantangannya meliputi masalah terkait fasilitas, lingkungan
sosial, sistem pendidikan, masalah keuangan dan program perkantoran
internasional.
i. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa
manfaat dan tantangan yang dihadapi oleh siswa pasca sarjana internasional
dapat dikelompokkan menjadi kategori yang berbeda. Belajar di luar negeri
menawarkan manfaat dan poin plus dalam hal perspektif Karir, keakraban budaya,
pengembangan diri. Tantangannya meliputi masalah terkait fasilitas, lingkungan
sosial, sistem pendidikan, masalah keuangan dan program perkantoran
internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar