Rikayanti/16516415/1PA12
Dosen: Rizqi Intan Sari Nugraheni
Tugas
3
1. PENGARUH INTELEGENSI DAN MINAT SISWA TERHADAP PUTUSAN
PEMILIHAN JURUSAN
Apa tujuan dan
manfaat dari penelitian ini?
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh intelegensi dan minat siswa secara
bersama-sama terhadap putusan pemilihan jurusan
Manfaat: Supaya siswa mampu memilih jurusan yang sesuai dengan intelegensi dan minatnya
Mengapa penelitian ini harus diteliti?
Karena setiap
manusia dilahirkan unik dan berbeda. Dalam pendidikan di sekolah, perbedaan
masing-masing siswa harus diperhatikan karena dapat menentukan baik buruknya
prestasi belajar siswa. Pelajaran yang diberikan kepada siswa seharusnya menjadi
lebih terarah sesuai dengan minat siswa itu sendiri. Pemilihan jurusan saat
dibangku Sekolah Menengah Atas, nampaknya merupakan hal yang cukup sulit dan
membingungkan bagi pelajar yang duduk di kelas X. Secara Psikologis siswa
berada pada masa pematangan kedewasaan dan pematangan diri. Jurusan apapun yang
dipilih seorang alumni siswa SMA akan bisa menghantarkan menjadi orang yang sukses,
asalkan kompeten dalam bidangnya. Oleh karena itu, pengarahan sejak dini dimaksudkan untuk
memudahkan siswa memilih bidang ilmu yang akan ditekuninya di Universitas atau
akademi yang tentunya akan mengarah pula kepada karirnya kelak sesuai dengan
talenta yakni minat dan bakat siswa.
Bagaimana metode, populasi dan subjek
penelitian?
Metode: metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat
kuantitatif dan menggunakan metode survei.
Populasi: 60 orang siswa secara acak dikelas XI SMA Swasta di Wilayah
Kota Depok
Subjek: Pengaruh
intelegensi terhadap minat siswa.
Hipotesis?
(H0) Terdapat
pengaruh yang signifikan variabel bebas X2 (Minat Siswa) terhadap variabel
terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
(H1) Terdapat
pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Intelegensi) terhadap variabel
terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
Hasil
Pengaruh intelegensi terhadap putusan
pemilihan jurusan
(H0)
Ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1
(Intelegensi) terhadap variabel terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
Pengaruh minat terhadap putusan
pemilihan jurusan
(H0)
diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X2
(Minat Siswa) terhadap variabel terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
Pengaruh
intelegensi dan minat terhadap putusan pemilihan jurusan
(H0) Ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang
signifikan variabel bebas Intelegensi (X1)
dan Minat siswa (X2) secara bersama-sama
terhadap Variabel terikat Keputusan Pemilihan Jurusan (Y).
Kesimpulan
Bahwa faktor intelegensi
dan minat siswa memiliki pengaruh terhadap putusan pemilihan jurusan. Pengambilan
putusan tentang pemilihan jurusan akan lebih baik jika mempertimbangkan
kemampuan intelegensi agar ketika menjalani proses belajar, siswa dapat melalui
proses tersebut tanpa hambatan dan memperoleh prestasi yang memuaskan. Dengan
adanya minat siswa terhadap jurusan yang diambil, proses belajar akan lebih bergairah
dan prestasi yang diharapkan akan tercapai.
Link: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/379/366
2. PERSONALITY AND MUSIC : CAN TRAITS EXPLAIN HOW PEOPLE USE MUSIC IN EVERYDAY LIFE?
Apa tujuan dan manfaat dari penelitian
ini?
Tujuan: Untuk menginvestigasi sifat (kepribadian dan kemampuan)
dengan mengkorelasikan perbedaan musik
Manfaat: Dapat mengetahui sifat dengan mengkorelasikan perbedaan
musik
Mengapa penelitian ini
harus diteliti?
Karena masih
terdapat pertanyaan yang mengganjal terkait hubungan antara perbedaan
individual dan penggunaan musik dalam segala kehidupan dan mengapa orang-orang
memilih musik tertentu.
Bagaimana metode, populasi dan subjek
penelitian?
Metode: Peserta menjalani tes instrumen psikometrik dalam empat
sesi kelompok, pada sebuah ruang kuliah yang luas, dan diawasi sejumlah
pengawas yang menjamin tes berjalan dengan baik.
Populasi: 341 mahasiswa dari British and American Universities
Subjek: Mahasiswa dari
British and American Universities
Hipotesis?
(H1)
Akan terdapat 3 perbedaan mayor dalam penggunaan musik, musik untuk
pengendaliaan emosional seperti manipulasi mood, kognitif (musik untuk apresiasi
atau musik intelektual) dan latar belakang (musik sebagai latar belakang untuk
acara sosial, pekerjaan atau hubungan interpersonal)
(H2)
Bila H1 benar, maka dapat diperkirakan (H2a) Sifat
Neurotic dapat berhubungan erat dengan penggunaan musik untuk emosional. (H2b)
Sifat Ekstovert berhubungan erat dengan penggunaan musik untuk latar belakang
dalam melakukan kegiatan. (H2c) Keterbukaan dan kecerdasan tipikal
berhubungan erat dengan penggunaan musik kognitif.
(H3) Jika
H1 didukung, diperkirakan bahwa akan ada korelasi yang signifikan
dan positif antara IQ dan kecerdasan tipikalnya
Hasil?
Orang yang
mendengarkan musik untuk apresiasi rasional/ kognitif, penstabilan emosi (mengganti/
memperbaiki mood)atau sebagai latar belakang dalam melakukan aktivitas lain (belajar,
bersosialisasi, bekerja). Individu yang mendengarkan musik untuk untuk
apresiasi rasional/ kognitif lebih terbuka dan lebih cerdas dan punya skor IQ
yang lebih tinggi, sedangkan mereka yang menggunakan musik untuk penstabilan
emosi cenderung lebih introvert (daripada ekstrovert), cenderung neurotic (daripada
stabil secara emosional)
Link: http://alliance.la.asu.edu/temporary/students/katie/PersonalityAndMusic.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar