Senin, 24 April 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (Pertemuan 2)

Rikayanti/16516415/1PA12
Dosen: Rizqi Intan Sari Nugraheni
Tugas 3

1.  PENGARUH INTELEGENSI DAN MINAT SISWA TERHADAP PUTUSAN 

PEMILIHAN JURUSAN

Apa tujuan dan manfaat dari penelitian ini?
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh intelegensi dan minat siswa secara bersama-sama terhadap putusan pemilihan jurusan
Manfaat: Supaya siswa mampu memilih jurusan  yang sesuai dengan intelegensi dan minatnya
Mengapa penelitian ini harus diteliti?
Karena setiap manusia dilahirkan unik dan berbeda. Dalam pendidikan di sekolah, perbedaan masing-masing siswa harus diperhatikan karena dapat menentukan baik buruknya prestasi belajar siswa. Pelajaran yang diberikan kepada siswa seharusnya menjadi lebih terarah sesuai dengan minat siswa itu sendiri. Pemilihan jurusan saat dibangku Sekolah Menengah Atas, nampaknya merupakan hal yang cukup sulit dan membingungkan bagi pelajar yang duduk di kelas X. Secara Psikologis siswa berada pada masa pematangan kedewasaan dan pematangan diri. Jurusan apapun yang dipilih seorang alumni siswa SMA akan bisa menghantarkan menjadi orang yang sukses, asalkan kompeten dalam bidangnya. Oleh karena itu,  pengarahan sejak dini dimaksudkan untuk memudahkan siswa memilih bidang ilmu yang akan ditekuninya di Universitas atau akademi yang tentunya akan mengarah pula kepada karirnya kelak sesuai dengan talenta yakni minat dan bakat siswa.
Bagaimana metode, populasi dan subjek penelitian?
Metode: metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode survei.
Populasi: 60 orang siswa secara acak dikelas XI SMA Swasta di Wilayah Kota Depok
Subjek: Pengaruh intelegensi terhadap minat siswa.

Hipotesis?
(H0) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X2 (Minat Siswa) terhadap variabel terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
(H1) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Intelegensi) terhadap variabel terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
Hasil
Pengaruh intelegensi terhadap putusan pemilihan jurusan
(H0) Ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Intelegensi) terhadap variabel terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
Pengaruh minat terhadap putusan pemilihan jurusan
(H0) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X2 (Minat Siswa) terhadap variabel terikat Y (Putusan Pemilihan Jurusan).
Pengaruh intelegensi dan minat terhadap putusan pemilihan jurusan
(H0) Ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Intelegensi  (X1) dan Minat siswa  (X2) secara bersama-sama terhadap Variabel terikat Keputusan Pemilihan Jurusan (Y).
            Kesimpulan
Bahwa faktor intelegensi dan minat siswa memiliki pengaruh terhadap putusan pemilihan jurusan. Pengambilan putusan tentang pemilihan jurusan akan lebih baik jika mempertimbangkan kemampuan intelegensi agar ketika menjalani proses belajar, siswa dapat melalui proses tersebut tanpa hambatan dan memperoleh prestasi yang memuaskan. Dengan adanya minat siswa terhadap jurusan yang diambil, proses belajar akan lebih bergairah dan prestasi yang diharapkan akan tercapai.
Link: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/379/366

2. PERSONALITY AND MUSIC : CAN TRAITS EXPLAIN HOW PEOPLE USE MUSIC IN EVERYDAY LIFE?

Apa tujuan dan manfaat dari penelitian ini?
Tujuan: Untuk menginvestigasi sifat (kepribadian dan kemampuan) dengan mengkorelasikan perbedaan musik
Manfaat: Dapat mengetahui sifat dengan mengkorelasikan perbedaan musik
Mengapa penelitian ini harus diteliti?
Karena masih terdapat pertanyaan yang mengganjal terkait hubungan antara perbedaan individual dan penggunaan musik dalam segala kehidupan dan mengapa orang-orang memilih musik tertentu.
Bagaimana metode, populasi dan subjek penelitian?
Metode: Peserta menjalani tes instrumen psikometrik dalam empat sesi kelompok, pada sebuah ruang kuliah yang luas, dan diawasi sejumlah pengawas yang menjamin tes berjalan dengan baik.
Populasi: 341 mahasiswa dari British and American Universities
Subjek: Mahasiswa dari British and American Universities
Hipotesis?
(H1) Akan terdapat 3 perbedaan mayor dalam penggunaan musik, musik untuk pengendaliaan emosional seperti manipulasi mood, kognitif (musik untuk apresiasi atau musik intelektual) dan latar belakang (musik sebagai latar belakang untuk acara sosial, pekerjaan atau hubungan interpersonal)  
(H2) Bila H1 benar, maka dapat diperkirakan (H2a) Sifat Neurotic dapat berhubungan erat dengan penggunaan musik untuk emosional. (H2b) Sifat Ekstovert berhubungan erat dengan penggunaan musik untuk latar belakang dalam melakukan kegiatan. (H2c) Keterbukaan dan kecerdasan tipikal berhubungan erat dengan penggunaan musik kognitif.
(H3) Jika H1 didukung, diperkirakan bahwa akan ada korelasi yang signifikan dan positif antara IQ dan kecerdasan tipikalnya
Hasil?
Orang yang mendengarkan musik untuk apresiasi rasional/ kognitif, penstabilan emosi (mengganti/ memperbaiki mood)atau sebagai latar belakang dalam melakukan aktivitas lain (belajar, bersosialisasi, bekerja). Individu yang mendengarkan musik untuk untuk apresiasi rasional/ kognitif lebih terbuka dan lebih cerdas dan punya skor IQ yang lebih tinggi, sedangkan mereka yang menggunakan musik untuk penstabilan emosi cenderung lebih introvert (daripada ekstrovert), cenderung neurotic (daripada stabil secara emosional)

Link: http://alliance.la.asu.edu/temporary/students/katie/PersonalityAndMusic.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...