Senin, 17 April 2017

TUGAS MIAD 5 BAGAS ADI PRATAMA

Ilmu Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
‘Perbedaan Karya-Karya Ilmiah’







Disusun Oleh:
BAGAS ADI PRATAMA (11516290)
1 PA 12



UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang karena anugerah dari-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang "karya ilmiah" ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama Islam yang sempurna dan menjadi anugerah serta rahmat bagi seluruh alam semesta.
       Penulis sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang menjadi tugas pendidikan agama dengan judul "karya ilmiah". Disamping itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami selama pembuatan makalah ini berlangsung sehingga terealisasikanlah makalah ini.
       Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini bisa bermanfaat dan jangan lupa ajukan kritik dan saran terhadap makalah ini agar kedepannya bisa diperbaiki.
DAFTAR ISI:

KATA PENGANTAR                       ........................................................

DAFTAR ISI                                      ........................................................

BAB 1 PENDAHULUAN                ........................................................
1.    Latar Belakang
2.    Rumusan Masalah
3.    Tujuan Penulisan

BAB 2 PEMBAHASAN                   .......................................................
A.   Pengertian Karya Ilmiah

BAB 3 KESIMPULAN                     .......................................................











BAB 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Masalah tentang karya ilmiah semakin meningkat baik dijenjang smp, sma, maupun dijenjang perkuliahan. Banyak siswa-siswa yang membuat laporan tentang suatu penelitian sederhana. Dijenjang perkuliahan, karya ilmiah memuat proposal penelitian, kemudian penelitian, dan setelah itu, karya ilmiah. Dalam menulis karya tulis ilmiah, kita perlu banyak membaca sumber-sumber yang kita butuhkan. Sebuah karya tulis yang lengkap memuat halaman judul, halaman persetujuan, halaman motto, halaman persembahan, kata pengantar, daftar pustaka, dll.

Karya ilmiah merupakan sesuatu yang berfungsi menarik perhatian pembaca dan memberi arahan terhadap masalah yang akan diuraiakan. Dengan akal kita dapat terpikir untuk menganalisis permasalahan, menemukan akar permasalahan, menemukan alternatif pemecahannya, kemudian memberikan kesimpulannya. Proses berpikir seperti di atas akan menjadi langkah kerja ilmiah apabila dituangkan dalam bentuk tulisan.  

Rumusan Masalah

  1.        .Pengertian karya ilmiah
  2.       . Perbedaan karya ilmiah


Tujuan Penulisan
1.    Dapat menjelaskan apa itu karya ilmiah
2.    Menyelesaikan tugas kampus


BAB 2
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Karya Ilmiah

Apa itu karya ilmiah ?

Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar. Selain itu Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Jenis - Jenis Karya Ilmiah :

  •  Makalah, Menurut bahasa, makalah berasal dari bahasa Arab yang berarti karangan. Makalah adalah karya tulis (ilmiah) paling sederhana.
  •  Kertas Kerja, adalah makalah yang memiliki tingkat analisis lebih serius, biasanya disajikan dalam lokakarya.
  •  Skripsi, adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasar pendapat orang lain dimana karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, didukung data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung observasi lapangan atau penelitian di laboratorium, atau studi kepustakaan dan dipertahankan di depan sidang ujian (munaqasyah) dalam rangka penyelesaian studi tingkat Strata Satu (S1) untuk memperoleh gelar Sarjana.
  •  Tesis, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat program Strata Dua (S2), yang diajukan untuk dinilai oleh tim penguji guna memperoleh gelar Magister.
  •  Disertasi, adalah karya ilmiah yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi pada tingkat Strata Tiga (S3) yang dipertahankan di depan sidang ujian promosi untuk memperoleh gelar Doktor (Dr.)
  •  Artikel, adalah sebuah karangan prosa yang dimuat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas.
  •  Esai, adalah ekspresi tertulis dari opini penulisnya. Sebuah esai akan makin baik jika penulisnya dapat menggabungkan fakta dengan imajinasi, pengetahuan dengan perasaan, tanpa mengedepankan salah satunya.
  •  Opini, adalah sebuah kepercayaan yang bukan berdasarkan pada keyakinan yang mutlak atau pengetahuan sahih, namun pada sesuatu yang nampaknya benar, valid atau mungkin yang ada dalam pikiran seseorang apa yang dipikirkan seseorang penilaian.
  •  Fiksi, adalah isinya yang berupa kisah rekaan.

KESIMPULAN.


  • Karangan ilmiah adalah karangan atau  laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...