Senin, 10 April 2017

Tugas 4 Matematika & Ilmu Alamiah Dasar

Nama   : Rhea Ahmad Matin
Kelas   : 1PA12
NPM   : 16516280

Perkembangan Ilmu Alam

Tahap Deskriptif & Kualitatif

Pada tahap ini dilakukannya observasi dan pencatatan atas gejala alam, disimpulkan, dilihat kesamaannya atau perbedaannya, lalu disederhanakan dan diklasifikasikan.

Tahap Simulatif & Kuantitatif

Simulasi dengan menirukan peristiwa alam, percobaan. Kuantitatif berkembang dengan penggunaan matematika sehingga meningkatkan daya kontrol menjadi lebih cermat, tepat dan hasilnya mendekati kebenaran.

Metode Ilmu Alam

Rasionalisme

Merupakan metode dasar atau pola piker dalam mencari kebenaran ilmiah dengan menggunakan akal, bersumber pad aide kebenaran yang ada dalam pikiran, mencari kebenaran melalui kemampuan akal tanpa merasa perlu ditunjang fakta, kelemahan dari rasionalisme adalah setiap orang percaya kepada kebenaran yang diyakini sendiri-sendiri.

Empirisme

Pentingnya pengalaman melalui pengetahuan indera dapat dibantu dengan gejala alamiah yang bersifat konkrit & diungkapkan melalui penginderaan serta kelemahannya adalah fakta yang ada tidak mampu menerangkan, fakta yang ada memerlukan tafsiran.

Metode Ilmiah

1. Obyektif
Sesuai dengan keadaan obyeknya.

2. Metodik
Dengan menggunakan cara-cara tertentu yang teratur.

3. Sistematik
Pengetahuan ilmiah itu tersusun dalam suatu sistem, saling terkait, menjelaskan sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh.

4. Berlaku umum
Pengetahuan tidak hanya berlaku oleh satu atau beberapa orang melainkan mencakup semuanya.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

1. Perumusan Masalah
Pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana merupakan suatu obyek yang diteliti dan harus jelas batasannya dan dikenal faktor-faktor yang mempengaruhi.

2. Penyusunan Hipotesis

3. Pengujian Hipotesis
Pengumpulan fakta-fakta yang relevan dengan hipotesis yang diajukan serta fakta yang mendukung hipotesis dalam pengamatan atau uji coba.

4. Penarikan Kesimpulan
Suatu yang didasarkan atas penilaian melalui analisis fakta atau data untuk melihat apakah hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak.

Sarana Berfikir Ilmiah

1. Bahasa
Sebuah Alat yang digunakan untuk melahirkan pikiran, perasaan, dan sebagai alat komunikasi.

2. Logika
Cara berpikir ilmiah merupakan gabungan deduktif dan induktif.

3. Matematika
Merupakan bahasa buatan yang bersifat eksak, cermat dan terbebas dari emosi.

4. Statistika
Membantu penarikan kesimpulan secara induktif dengan tingkat ketelitian atau kebenaran yang tinggi.

Penginderaan

Penginderaan merupakan langkah penting dari semua metode ilmiah, segala sesuatunya yang tidak dapat diinderakan, maka tidak dapat diselidiki. Manusia mempunyai indera yang sama dengan beberapa jenis hewan lain bedanya hanya pada kecerdasan, penginderaan yang tepat adalah sangat sulit, memerlukan waktu yang cukup lama dan harus dicoba berkali-kali, agar penginderaan tepat dan benar, maka kita harus mengkontrolnya dan dicek kembali, karena kemampuan indera manusia sangat terbatas.

Peningkatan Penginderaan

1. Latihan
2. Instrumen harus dikalibrasi
3. Pengecekan
4. Eksperimen
5. Instrumen baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...