Minggu, 16 April 2017

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR #5 ( Ni Luh P. Kintan )

JENIS – JENIS KARYA ILMIAH
TUGAS MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR



Disusun oleh        :

Nama          : Ni Luh Putu Kintan .A.
NPM           : 15516392
Kelas           : 1PA12
Jurusan        : Psikologi 
Dosen          : Risqi Intan Sari N.

UNIVERSITAS GUNADARMA
2016 / 2017




BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Karya ilmiah adalah sebuah laporan tertulis dan diterbitkan di mana laporan tersebut memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim yang bertujuan untuk memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Data, simpulan dan informasi lainnya yang terkandung dalam sebuah karya ilmiah dijadikan sebagai acuan ( referensi ) bagi ilmuwan – ilmuwan lainnya dalam melaksanakan suatu penelitian atau pengkajian selanjutnya.Sebuah karya ilmiah berfungsi untuk sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa :
  1.          Penjelasan ( explanation )
  2.          Prediksi ( prediction )
  3.          Pengawasan ( control )

Sebuah karya ilmiah memiliki beberapa karakteristik untuk membedakan dengan tulisan non – ilmiah, antara lain :
  1. -   .Karya ilmiah mengacu pada teori sebagai landasan berpikir dalam membahas suatu permasalahan
  2. -         Lugas yang artinya tidak emosional, bermakna tunggal
  3. -          Logis yang artinya disusun berdasarkan urutan yang konsisten
  4. -          Efektif yang artinya sebuah karya ilmiah harus singkat dan padat
  5. -        Efisien yang artinya sebuah karya ilmiah hanya mempergunakan kata atau kalimat yang penting dan dapat mudah dipahami
  6. -       Objektif berdasarkan fakta yang artinya setiap informasi yang kita dapat harus apa adanya, yang sebenarnya, dan bersifat konkret
  7. -    Sistematis yang artinya sebuah karya tulis, baik penulisan maupun pembahasan harus sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku


1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa saja jenis – jenis dari Karya Ilmiah ?
2.      Bagaimana caranya untuk menyusun Karya Ilmiah yang baik dan benar ?


BAB II
PEMBAHASAN

JENIS – JENIS KARYA ILMIAH
2.1  Artikel
Artikel memiliki arti yang terbagi menjadi 2 istilah, yaitu :
a.       Dalam istilah Jurnalistik
Artikel adalah sebuah tulisan yang berisi tentang pendapat subjektif dari seorang penulisnya tentang suatu masalah atau peristiwa yang terjadi.
b.      Dalam istilah Ilmiah
Artikel adalah sebuah karya tulis yang dirancang untuk dipublikasikan dalam jurnal atau dalam buku kumpulan jurnal artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati. Sebuah artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan proyek.
Berikut adalah urutan penyusunan sebuah Artikel :
a.       Judul                                              f. Kerangka teori
b.      Nama penulis                                 g. Pembahasan
c.       Abstrak                                          h. penutup
d.      Kata kunci                                     i. Daftar pustaka
e.       Pendahuluan

2.2  Makalah
Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah di mana pembahasannya itu berdasarkan data di lapangan. Makalah biasanya disajikan dalam sebuah seminar atau dipresentasikan di kelas ( tugas perkuliahan atau tugas sekolah )
Makalah adalah karya tulis yang memuat sebuah pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertasi analisis yang bersifat logis dan objektif. Berikut adalah urutan penyusunan sebuah Makalah :
a.       Pendahuluan
b.      Pembahasan
c.       Penutup / Kesimpulan

2.3  Kertas Kerja
Kertas kerja atau work paper sebenarnya sama dengan makalah, tetapi yang membedakannya adalah kalau kertas kerja dibuat dengan menganalisisnya lebih dalam dan dipresentasikan pada seminar atau loka karya yang biasanya dihadiri oleh para ilmuwan. Kertas kerja itu menjadi acuan untuk tujuan tertentu dan bisa diterima atau dimentahkan oleh forum ilmiah.

2.4  Paper
Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan mahasiswa di mana kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi ( Diploma / S1 / S2 / S3 ).
Sistematika penulisan pada Paper sama dengan artikel atau makalah, tergantung pada panduan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing.

2.5  Skripsi
Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah mahasiswa yang digunakan untuk menyelesaikan jenjang studi S1 ( Sarjana ). Skripsi berisi tulisan sistematis yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat / teori orang lain.
Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris – objektif, baik yang berdasarkan peneliti langsung seperti observasi lapangan atau percobaan di laboratorium dan juga diperlukan sumbangan material berupa temuan baru dalam segi tata kerja, atau hukum tertentu tentang salah satu aspek atau lebih.

2.6  Tesis
Tesis adalah sebuah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S2 atau Pasca Sarjana yang sifatnya lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis mengungkapkan tentang pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri.

2.7  Disertasi
Disertasi adalah sebuah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S3 atau meraih gelar Doktor / Dr yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang valid dengan analisis yang terinci.

2.8  Artikel Ilmiah Populer

Artikel Ilmiah Populer adalah sebuah artikel ilmiah yang ditulis dengan gaya bahasa populer untuk dibuat di media massa seperti surat kabar, majalah dan tabloid. Artikel ilmiah populer tidak terikat dengan aturan penulisan ilmiah. Dinamakan ilmiah populer karena ditulis bukan untuk keperluan akademik, tetapi untuk dikomunikasikan kepada publik melalui media massa.

sumber : http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/karya-tulis-ilmiah-pengertian.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...