Senin, 17 April 2017

Tugas 5 Matematika & Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Dimas Kurniawan Jonathan
Kelas : 1 PA 12
NPM : 12516048




Makalah Karya Ilmiah

Bab I

Pendahuluan

1,1 Latar Belakang

Di dunia pendidikan terutama di jenjang perkuliahan sudah jadi harga mati bagi para mahasiswa untuk mengerti dan bisa membuat karya ilmiah. Para mahasiswa dilatih untuk membuat karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Karya ilmiah adalah hasil pemikiran ilmiah pada suatu disiplin ilmu tertentu yang disusun secara matematis ilmiah, logis, benar, bertanggung jawab, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jadi, karya tulis ilmiah bukan sekedar untuk mempertanggungjawabkan penggunaan sumber daya penelitian (uang, bahan, alat) tetapi juga mempertanggungjawabkan penulisan karya ilmiah tersebut secara teknis dan materi. Oleh karena itu banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan karya ilmiah, untuk itulah makalah ini dibuat. Makalah ini akan menjelaskan berbagai hal mengenai karya ilmiah.

1.2 Rumusan Masalah

a. Apa definisi karya ilmiah ?

b. Apa saja ciri – ciri karya ilmiah ?

c. Apa saja jenis – jenis karya ilmiah ?

d. Apa perbedaan makalah, artikel ilmiah, dan laporan penelitian?

e. Apa perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi?

f. Apa tujuan penulisan karya ilmiah ?


1.3 Tujuan Penulisan

            a. Untuk mengetahui definisi karya ilmiah

            b. Untuk mengetahui ciri – ciri karya ilmiah

            c. Untuk mengetahui jenis – jenis karya ilmiah

d. Untuk mengetahui perbedaan makalah, artikel ilmiah, dan laporan penelitian

            e. Untuk mengetahui perbedaan skripsi, tesis, dan disertasi

            f. Untuk mengetahui tujuan penulisan karya ilmiah


Bab II

Pembahasan
2.1  Definisi Karya ilmiah

Menurut Eko Susilo M, karya ilmiah merupakan suatu tulisan ataupun karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap bidang ilmu tertentu, yang disusun dengan menggunakan metode tertentu dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan santun, serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.


2.2  Ciri – ciri karya ilmiah

a.       Struktur kajian

Struktur kajian karya ilmiah yang mendasar biasanya terdiri dari pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Bagian pendahuluan merupakan pengantar untuk memasuki bagian pembahasan. Bagian pembahasan merupakan sajian gagasan pokok yang ingin disampaikan, bisa terdiri dari beberapa bab atau sub topik. Bagian penutup merupakan kesimpulan dari keseluruhan topik bahasan.

b.      Sikap penulis

Sikap penulis dalam karya ilmiah seharusnya objektif, disampaikan dengan menggunakan gaya bahasa impersonal dengan banyak menggunakan bentuk pasif tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua.

c.       Penggunaan Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilah, dan kalimat – kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.




2.3  Jenis – Jenis Karya Ilmiah



1.      Makalah

Makalah merupakan jenis karya ilmiah yang paling familiar di dunia pendidikan. Umumnya makalah yang diperuntukan untuk pertemuan ilmiah memiliki kandungan isi berupa abstrak, pendahuluan, teori – teori pendukung, metode atau prosedur pengambilan dan pengkajian data, pembahasan, implikasi hasil kajian, penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran, dan daftar pustaka.

2.      Artikel

Artikel adalah jenis karya ilmiah yang dipublikasikan kepada umum. Artikel merupakan karya ilmiah yang sudah dikemas menggunakan bahasa yang lebih mudah diterima oleh para pembaca dalam ruang lingkup yang lebih luas.

3.      Laporan penelitian

Laporan penelitian merupakan jenis karangan ilmiah yang mendeskripsikan argumen ilmiah dari suatu penelitian atau kajian. Skripsi, tesis, dan disertasi juga merupakan laporan penelitian.

4.      Skripsi

Skripsi merupakan jenis karya ilmiah yang disusun untuk kepentingan penyelesaian studi pada jenjang s1. Secara mendasar, skripsi merupakan latihan perdana bagi calon sarjana dalam menghasilkan karya ilmiah berdasarkan hasi penelitian.

5.      Tesis

Tesis merupakan karya ilmiah yang dibuat untuk kepentingan penyelesaian studi pada jenjang s2. Perbedaan antara skripsi dan tesis terletak pada tingkat kedalaman kajian. Tesis memiliki tingkat kedalaman kajian yang lebih dalam dibandingkan skripsi.

6.      Disertasi

Disertasi merupakan jenis karya ilmiah yang dibuat untuk kepentingan penyelesaian studi s3. Disertasi merupakan bentuk karangan ilmiah yang memiliki derajat keilmiahan paling tinggi. Dari disertasi terlahirlah sebuah teori, temuan atau model baru dalam bidang ilmu yang ditekuni. Dari disertasi ditemukan hal – hal baru serta pengembangan teori yang berbeda dengan teori atau konsep yang selama ini dianut.

2.4  Tujuan penulisan karya ilmiah

Tujuan penulisan karya ilmiah antara lain adalah untuk melatih dan membentuk cara berpikir dan mengungkapkan pikiran kita berdasarkan hasil penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis, melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian, memberikan atau membagi pengetahuan dengan orang lain, membuktikan potensi mahasiswa, dan tentunya memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.



Bab III

Kesimpulan

Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/ dan keilmiahannya.




Sumber :
- https://bloggueblog.wordpress.com/2012/04/20/pengertian-ciri-ciri-dan-macam-macam-karya-ilmiah/
- http://pengertiandefinisi.com/pengertian-karya-ilmiah-dan-jenis-jenis-karya-ilmiah/
- https://ilmaka.wordpress.com/2012/08/06/manfaat-dan-tujuan-penulisan-karya-ilmiah/









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...