Minggu, 16 April 2017

Tugas 2 - Makalah Mengenai Karya Ilmiah (Pertemuan 2)

Nama : Tria Kartika
NPM : 17516439
Kelas : 1 PA 12
Makalah “Karya Ilmiah”


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Karya ilmiah sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan dan juga dunia penelitian. Kebanyakan karya ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil dari berbagai macam riset yang dilakukan oleh lembaga penelitian ataupun lembaga pendidikan. Menjadi seorang mahasiswa berarti tidak lepas dari tugas akhir dimana harus dilakukannya sebuah penulisan karya ilmiah. Penulisan karya ilmiah dibutuhkan metode dan penguasaan bahasa yang baik, jadi dalam penulisan karya ilmiah tidak hanya berfokus pada teknik yang digunakan tetapi juga harus memperhatikan bahasanya. Oleh sebab itu, dalam penulisan ini saya aku memaparkan secara dalam tentang penulisan karya ilmiah. Tujuan dari penulisan ini bertujuan untuk membantu kesulitan pembaca dalam menulis karya ilmiah. 

1.2 Rumusan Masalah
a. Apa definisi karya ilmiah?
b. Apa saja cirri-ciri karya ilmiah?
c. Apa saja jenis-jenis karya ilmiah?

1.3 Tujuan Penulisan
a. Untuk membantu pembaca dalam menulis karya ilmiah
b. Untuk menambah wawasan pembaca dan penulis 
c. Untuk syarat menyelesaikan tugas

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Definis Karya Ilmiah
Menurut Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi, karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodelogi ilmiah yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan. 
Karya ilmiah juga dapat disebut sebagai suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan (science) dan teknologi yang berbentuk ilmiah. Suatu karya dapat dikatakan ilmiah apabila proses perwujudannya melalui metode ilmiah. Jonnes (1960) memberikan ketentuan ilmiah, antara lain dengan sifat fakta yang disajikan dan metode penulisannya. Bila fakta yang disajikan berupa fakta umum yang obyektif dan dapat dibuktikan benar tidaknya serta ditulis secara ilmiah, maka karya tulisa tersebut dapat dikategorikan sebagai karya ilmiah. Sedangkan bila fakta yang disajikam berupa fakta pribadi yang subyektif dan tidak dapat dibuktikan benar tidaknya serta tidak ditulis secara ilmiah, maka karya ilmiah tersebut termasuk karya tulis non ilmiah. 

2.2. Manfaat Pembuatan Karya Ilmiah
a. Memberikan penjelasan
b. Memberikan penilaian
c. Memberikan saran
d. Menyampaikan sanggahan
e. Membuktikan hipotesa 

2.3. Ciri-Ciri Karya Ilmiah
a. Mengungkapkan permasalahan secara logis
b. Menampilkan fakta yang terpercaya
c. Menggunakan analisis yang objektif
d. Mengemukakan pendapat berdasarkan fakta
e. Tidak melibatkan imajinasi perasaan
f. Menggunakan ragam bahasa baku, lugas dan efektif
g. Menghindari kalimat bermakna konotatif dan ambigu
h. Disusun secara sistematis

2.4. Sikap Ilmiah
a. Sikap objektif
b. Sikap ingin tahu
c. Sikap kritis
d. Sikap jujur
e. Sikap bertanggung jawab
f. Sikap tekun dan teliti
g. Sikap terbuka

2.5. Jenis-Jenis Karya Ilmiah
a. Skripsi, adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi ditulis berdasarkan pendapat (teori) orang lain. Pendapat tersebut didukung data dan fakta empiris-obyektif, baik berdasarkan penelitian langsung, observasi lapangan / penelitian di laboratorium, ataupun studi kepustakaan. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.
b. Tesis,adalah jenis karya tulis dari hasil studi sistematis atas masalah. Tesis mengandung metode pengumpulan, analisis dan pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan serta mengajukan rekomendasi. Orisinalitas tesis harus nampak, yaitu dengan menunjukkan pemikiran yang bebas dan kritis. Penulisannya baku dan tesis dipertahankan dalam sidang. Tesis juga bersifat argumentative dan dihasilkan dari suatu proses penelitian yang memiliki bobot orisinalitas tertentu.
c. Disertasi, adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian.
d. Laporan Penelitian, adalah karya ilmiah yang dibuat sebagai laporan atas kegiatan praktikum, penelitian, wawancara, atau percobaan yang telah dilakukan. Laporan penelitian disusun berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian. 
e. Kertas Kerja, adalah karya ilmiah yang dianalisis lebih dalam dan tajam. Kertas kerja ditulis untuk dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. 
f. Makalah, adalah karya ilmiah yang memerlukan studi baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk membuat makalah, penulis dapat mengkaji suatu masalah, mengkaji sebuah buku, atau menggunakan analisis berdasarkan observasi atau pengamatan. 


BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Karya ilmiah adalah sebuah karya tulis yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodelogi ilmiah yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan. Dalam penulisan karya ilmiah juga harus memiliki sikap ilmiah agar dalam penulisan dapat berjalan dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

http://bahanbelajarsekolah.blogspot.co.id/2016/09/ciri-ciri-karya-ilmiah-jenis-dan-cara-penulisan.html
https://bloggueblog.wordpress.com/2012/04/20/pengertian-ciri-ciri-dan-macam-macam-karya-ilmiah/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...