Senin, 24 April 2017

TUGAS MATEMATIKA dan ILMU ALAMIAH DASAR 6#

Nama : Aqila Shabirah
NPM: 11516002 
Kelas : 1PA12

Pertemuan 6 

1. Jurnal Psikologi Bahasa Indonesia

Link Jurnal:
 file:///C:/Users/ACER/Downloads/16829-48235-1-PB.pdf diunduh pada tanggal 24-04-2017 jam 3:12 WIB.
 
Judul: Bahaya Kecanduan Internet dan Kecemasan Komunikasi terhadap Karakter Kerja Sama pada Mahasiswa
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui hubungan kecanduan internet dan
kecemasan komunikasi dengan karakter kerja sama pada mahasiswa.
Manfaat Penelitian:
    -          agar pendidik dapat  mengurangi bahan mengajar
yang menggunakan metode online dan menggunakan metode mengajar
yang mengasah kemampuan berkomunikasi sehingga mahasiswa bisa belajar bekerja sama.
-           agar mahasiswa  mengubah mind set bahwa online itu keren karena menumpulkan kemampuan bersosialisai
Alasan Penelitian: Penulis ingin mengetahui apakah ada hubungannya kecanduan internet seseorang dengan kecemasan komunikasi dengan karakter kerjasama pada mahasiswa.
Metode Penelitian: Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan instrument penelitian berupa skala dengan model skala likert.
Populasi: seluruh mahasiswa reguler AK Surakarta yang terdiri dari mahasiswa tingkat 1, tingkat 2, dan tingkat 3 dengan total populasi sejumlah 340 mahasiswa.
Subjek Penelitian: 90 mahasiswa
Sampel: sejumlah 90 orang mahasiswa AK Surakarta yang terdiri dari mahasiswa tingkat 1, 2, dan 3.
Cara Meneliti: penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Internet Addiction Test (IAT) dengan aspek-aspek meliputi perhatian terpusat pada internet, waktu berinternet semakin lama, kurang kontrol, gelisah saat offline, internet meningkatkan kepuasan, internet sebagai pelarian, compulsif, withdrawl, muncul resiko sosial, sering berbohong. Skala kecemasan komunikasi dengan aspek-aspek meliputi tidak ingin berkomunikasi, menghindari partisipasi, kurang kontrol diri. Skala karakter kerja sama dengan aspek-aspek meliputi bekerja bersama, memunculkan harapan positif, menghargai masukan, memberikan dorongan serta menumbuhkan semangat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda hasilnya terdapat hubungan antara kecanduan internet dan kecemasan komunikasi dengan karakter kerja sama pada mahasiswa.
Hipotesis: adanya hubungan kecanduan internet dan kecemasan
komunikasi dengan karakter kerja sama pada mahasiswa.
Hasil: bahwa kecanduan internet dan kecemasan komunikasi secara bersama-sama maupun parsial berpengaruh terhadap karakter kerja sama pada mahasiswa. Pada penelitian ini dampak penggunaan internet lebih disoroti mengenai implikasinya terhadap interaksi sosial, terbukti bahwa terdapat hubungan antara kecanduan internet terhadap karakter kerja sama. Namun demikian ada
beberapa faktor dalam penelitian ini yang tidak dapat dikontrol seperti pembagian
tugas dan inisiatif. Hal ini dikarenakan kedua faktor tersebut tidak diteliti dalam
penelitian ini.

Judul: Advancing Positive Psychology In South East Asia : The Importance Of Culture
Tujuan Penelitian: penelitian ini menunjukkan pentingnya psikologi positif dalam memahami dan meningkatkan kualitas hidup bagi kelompok tertentu orang di masyarakat tertentu
Manfaat Penelitian:
-          Agar dapat memperkaya pemahaman kita tentang konstruksi psikologis positif.
-          Agar pentingnya budaya tertanam konstruksi seperti hubungan keluarga dan elemen spiritual dalam memberikan kontribusi untuk kebahagiaan.
Alasan Penelitian: penulis ingin memajukan psikologi positif di Asia terutama dalam bidang budaya.
Metode penelitian: pengumpulan data mengunakan metode kuesioner untuk 50-120 bentuk empat siswa. Informasi persetujuan yang Diperoleh dari siswa selama sesi. Izin dari orang tua diperoleh pengumpulan data.
Populasi: Jumlah peserta yang 1766 remaja dari 20 sekolah menengah di Malaysia. 657 laki-laki dan 776 wanita.
Subjek penelitian: 657 laki-laki dan 776 wanita.
Sampel: 657 laki-laki dan 776 wanita dari 20 sekolah menengah di Malaysia.  
Cara Meneliti: Selama pengumpulan data, siswa akan diberikan  surat yang ditujukan kepada setiap orang tua/wali menginformasikan tentang studi dan saluran untuk menginformasikan jika mereka menolak untuk anak-anak mereka yang berpartisipasi dalam studi. Data hanya digunakan jika siswa setuju untuk berpartisipasi dan peneliti menerima tidak ada keberatan dari orangtua dalam jangka waktu tertentu. Tidak ada keberatan diterima pada setiap titik.
Hipotesis:  Adanya  perbedaan antara subkultur tertentu di Malaysia.
Hasil:  penelitian ini  menyoroti beberapa jalur masuk yang dapat diambil untuk memajukan psikologi positif dalam budaya Asia. Terutama,untuk  menyoroti kebutuhan untuk terus mengambil pendekatan psikologis positif dalam pemahaman kelompok-kelompok tertentu dalam masyarakat Malaysia di Asia. Pendekatan tersebut  juga dapat  mengimplikasikan yang penting untuk meneliti perbedaan budaya dan sub-budaya, tertentu dalam mengidentifikasi konstruksi lain yang dapat menjadi penting dalam budaya terutama. Penelitian di masa datang perlu untuk mengeksplorasi kembali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...