Nama :
Eni Setiawati
NPM :
12516338
Kelas :
1PA12
1. Jurnal
Psikologi dalam Bahasa Indonesia
Bahaya Kecanduan Internet dan
Kecemasan Komunikasi terhadap Karakter Kerja Sama pada Mahasiswa
- Link :
- Tujuan :
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan internet dan kecemasan
komunikasi dengan karakter kerja sama pada mahasiswa.
- Metode :
Penelitian ini memiliki dua variabel bebas dan satu
variabel terikat.
Variabel
terikat : Karakter kerja sama
Variabel
bebas 1 : Kecanduan internet
Variabel
bebas 2 : Kecemasan komunikasi
Sampling
dilakukan dengan menggunakan teknik kuota non random sampling yaitu
masing-masing tingkat diambil 30 mahasiswa.
Pengumpulan
data penelitian dilakukan dengan menggunakan survey dengan instrument
penelitian berupa skala dengan model skala likert.
Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yaitu mencari hubungan antara
variabel bebas dengan variabel terikat.
Berdasarkan
hasil pengumpulan data kemudian diolah menggunakan program SPSS.19 yang
meliputi hasil uji validitas dan reliabilitas instrument penelitian setelah try out kemudian dilakukan penyusunan
ulang menggunakan instrument yang sudah valid dan reliabel untuk pengambilan
data penelitian.
- Populasi :
Populasi
pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa reguler AK Surakarta yang terdiri
dari mahasiswa tingkat 1, tingkat 2, dan tingkat 3 dengan total populasi
sejumlah 340 mahasiswa.
- Sampel
populasi :
Sampel
dalam penelitian ini yaitu sejumlah 90 orang mahasiswa AK Surakarta yang
terdiri dari mahasiswa tingkat 1, 2, dan 3.
- Hipotesis :
Hipotesis
awal yaitu ada hubungan kecanduan internet dan kecemasan komunikasi dengan karakter
kerja sama pada mahasiswa.
- Hasil :
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat hubungan kecanduan internet
dengan karakter kerja sama.
Berdasarkan
hasil uji korelasi parsial nampak bahwa variabel kecemasan komunikasi lebih
berperan pada karakter kerja sama dibanding variabel kecanduan internet.
2. Jurnal Psikologi dalam Bahasa Inggris
Children involved in bullying at
elementary school age: their psychiatric symptoms and deviance in adolescence :
An epidemiological sample
- Link :
- Objective :
This
study investigated psychiatric symptoms and deviance at the age of 15 years
among children involved in bullying at the age of 8 years or at the age of 12
years. Furthermore, the relationships between involvement in bullying at the
age of 8 years, concurrent psychiatric deviance, and later psychiatric deviance
were studied.
- Method :
Questionnaires
filled in by the parents, teachers and children themselves were used to reveal
psychiatric symptoms and deviance.
- Results :
Children
involved in bullying, in particular those who were bully-victims at early
elementary school age and those who were victims in their early teens, had more
psychiatric symptoms at the age of 15 years. The probability of being deviant
at the age of 15 years was higher among children involved in bullying at the
age of 8 or 12 years than among non-involved children. When concurrent
psychiatric deviance was taken into account, involvement in bullying increased
the probability of teacher-defined deviance at the age of 15 years.
- Conclusion :
Bullying
experiences are connected not only to concurrent psychiatric symptoms but also
to future psychiatric symptoms. Furthermore, the probability of being deviant
in adolescence is increased if the child has been involved in bullying at
elementary school age.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar