Senin, 17 April 2017

Tugas MIAD 5 Lutfan Zaki Arhadian


Matematika & Ilmu Budaya Dasar 5

"JENIS-JENIS KARYA ILMIAH"





Lutfan Zaki Arhadian
14516126
1PA12



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Penulisan karya ilmiah adalah hal yang mendasar dan wajib dipahami khususnya oleh setiap mahasiswa.Karya ilmiah merupakan bentuk argumentasi penalaran ilmu melalui bahasa tulisan.Maka diperlukannya penguasaan bahasa yang baik.Bukan saja mengetahui teknik penulisannya, melainkan harus memahami dasar pikiran yang melandasi tulisan tersebut. Untuk bisa menulis karya ilmiah yang baik, diperlukan keterampilan yang dapat dicapai apabila kita bisa menguasai teknik penyusunan dan penggunaan bahasa Indonesia secara efektif. Salah satu contoh karya ilmiah yaitu berupa makalah, maka dibuatlah tulisan ini untuk dijadikan pedoman penulisan karya ilmiah. Makalah ini dibuat sebagai syarat menyelesaikan tugas UAS dengan harapan lain dapat membantu kesulitan pembaca lain dalam menulis karya ilmiah.
    b. Rumusan Masalah
·         Apa itu tulisan ilmiah?
·         Apa saja bentuk-bentuk  karya tulis ilmiah?

BAB II
PEMBAHASAN

   A.     Pengertian Tulisan Ilmiah
Tulisan adalah ide yang tertuang dalam bentuk tertulis. Pada dasarnya tulisan sama dengan karangan, artinya menulis bisa diartikan mengarang karena hasil dari menulis atau mengarang terbentuk secara tertulis tanpa membedakan ilmiah atau tidak.
Tulisan ilmiah adalah ide yang tertuang dalam bentuk tertulisa dari hasil penilitian dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Sebuah tulisan dapat disebut tulisan ilmiah, apabila memenuhi syarat sebagai berikut.(Ekosusilo dan Triyanto,1995:11-12) :
1 .      Mengandung suatu masalah beserta pemecahannya
2 .      Masalah yang dikemukakan harus obyektif
3 .      Tulisan harus lengkap
4 .      Tulisan harus disusun dengan metode tertentu
5 .      Tulisan harus disusun menurut sistem tertentu

   B.     Ciri – Ciri Tulisan Ilmiah
Pada umumnya ada beberapa ciri yang menandai tulisan ilmiah, yaitu :
  1.      Logis, berarti informasi yang disajikan memiliki argumentasi yang dapat diterima akal sehat
  2.      Sistematis, apa yang dikemukakan disusun berdasarkan urutan dan memiliki kesinambungan
  3.      Obyektif, keterangan dikemukakan sesuai kenyataannya (tidak fiktif)
  4.      Tuntas dan menyeluruh, masalah diungkapkan secara lengkap
  5.      Seksama, berusaha menghindari kesalahan
  6.      Jelas, segala keterangan dapat mengungkap secara maksud secara jernih
  7.      Akurat, kebenaran informasi dapat teruji
  8.      Terbuka, sesuatu yang dikemukakan dapat berubah seandainya muncul pendapat baru
  9.      Berlaku umum, kesimpulan yang dibuat berlaku bagi semua orang
  10.  Santun, bahasa dan tata tulis yang digunakan baku
Tulisan yang baik mampu menjelaskan sesuatu yang sebelumnya belum diketahui oleh pembaca secara jelas dan ringkas tanpa membingungkan.

  C.     Bentuk-Bentuk Karya Tulis Ilmiah
Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan maka karya tulis ilmiah terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
  1.      Laporan
Laporan adalah suatu tulisan yang dibuat oleh seseorang setelah melakukan penelitian, pembacaan buku (referensi), percobaan yang disusun berdasarkan data dan penilaian secara obyektif.Dalam laporan hendaknya dapat mengemukakan permasalahan secara benar, jelas dan ringkas.

  2.      Makalah
Makalah merupakan tulisan yang berisikan pendapat yang membahas suatu pokok persoalan.Dalam ruang lingkup mahasiswa makalah merupakan istilah karya tulis yang merupakan segala jenis tugas tertulis yang berhubungan dengan bidang studi, hasil pembahasan buku, tulisan tentang suatu persoalan.Mahasiswa biasa menyebutnya paper.

  3.      Skripsi
Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis berdasarkan hasil penelitian sebagai prasyarat untuk memperoleh gelar sarjana strata satu  (S1) di jenjang perguruan tinggi dan dipertahankan di depan sidang ujian. Tebal skripsi terdiri dari 50 sampai 100  halaman yang isinya mengungkapkan pendapat penulis berdasarkan teori orang lain didukung data dan fakta empiris-objektif

  4.      Tesis
Tesis adalah karya ilmiah yang tarafnya lebih mendalam dari skripsi dan dijadikan persyaratan untuk mendapat gelar sarjana strata dua (S2).Pada tesis mengungkapkan pengetahuan atau temuan baru yang diperoleh dari penelitian.Tebal tesis mencapai 150 sampai 250 halaman.

  5.      Disertasi
Disertasi merupakan karya tulis ilmiah untuk memenuhi syarat salah satu persyaratan mencapai gelar sarjana strata tiga (S3).Disertasi ditujukan untuk mencapai gelar Doktor (Dr.), yaitu gelar tertinggi di perguruan tinggi. Permasalahan yang dibahas sudah sangat kompleks dan detail dibanding tesis dan skripsi. Isinya mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan faktanya oleh penulis dengan analisis terperinci dengan temuan orisinil.Tebal disertasi 250 sampai 350 halaman.

  6.      Buku/Diktat
Buku atau diktat juga merupakan bentuk tulisan ilmiah yang memberikan informasi faktual tentang suatu disiplin ilmu.Keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.Buku ditulis oleh pengarang untuk memperkenalkan isinya dengan keadaan umum dan dicetak oleh suatu penerbit. Sedangkan diktat ditulis dalam keadaan tertentu dan untuk mengarahkan proses belajar mahasiswa ataupun siswa.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Karya ilmiah adalah suatu karangan ilmu pengetahuan yang meyajikan fakta ditulis menurut metedologi penulisan yang baik dan benar. Dalam hal ciri khusus karya ilmiah harus ditulis secara jujur dan akurat berdasarkan fakta dan kebenarannya. Kebenaran dalam karya ilmiah itu adalah kebenaran yang objektif, positif sesuai dengan fakta di lapangan.
Ada beberapa jenis karya ilmiah antara lain laporan, makalah, skripsi, tesis, desertasi dan buku/diktat. Istilah-istilah itu dipakai untuk memberi nama suatu karya tulis yang bersifat ilmiah. Semua jenis karya ilmiah itu selalu menyajikan suatu hasil kegiatan penelitian tentang suatu pokok masalah berdasarkan data dan fakta di lapangan. Karya ilmiah seperti itu disusun berdasarkan metode ilmiah yang menyajikan suatu topik secara sistematis dan dilengkapi dengan data dan fakta yang ada dan menggunakan bahasa yang khas. Jadi tidak semua karya tulis bisa disebut sebagai karya ilmiah.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...