Selasa, 11 April 2017

TUGAS 4 MATEMATIKA & IAD

Nama   : Rani maharani
Npm    :16516075
Kelas   : 1Pa 12          
Matematika dan ilmu alamiah dasar
Perkembangan ilmu alam ditandai dengan adanya tahap deskriptif atau kualitatif adalah dimana tahap ini dengan memberikan gambaran dan biasanya dilakukan dengan cara pendekatan seperti observasi atau wawancara yaitu pengamatan suatu gejala alam dengan kita mengamati hal tersebut kita melihat apa saja yang terjadi pada alam tersebut dan kita memperoleh data-data tersebut, dan cenderung menggunakan analisis dan selanjutnya menarik kesimpulan dari hasil pengujian. Yang selanjutnya yaitu tahap simulatif atau kuantitatif dimana tahap ini melakukan pengembangan dengan menggunakan tahap yang mengulangi tahap tersebut dan biasa menggunakan model-model matematika atau statistik agal hasilnya tepat. Metode ilmu alam diantaranya rasionalisme ialah pikir seseorang untuk mencari kebenaran, emperisme gejala ini bersifat kenyataan dan di aplikasikan melalui pengindraan. Metode ilmiah diantaranya ialah obyektif ialah sesuai dengan apa yang mau di uji atau  obyeknya. Metodik ialah cara yang digunakan dengan cara-cara tertentu sesuai dengan yang di uji. Sistematik ialah tersusun secara utuh tidak terpencar-pencar dan sesuai dengan yang diujikan. Berlaku umum ialah terbuka untuk semua orang atau kalangan tidak hanya satu atau beberapa orang.
Langkah-langkah metode ilmiah diantaranya adanya perumusan masalah, ialah  apa saja yang akan di uji di penelitian tersebut dan jelaskan apa sebabnya. Penyusunan hipotesis ialah jawaban sementara atau dugaan jawaban pertanyaan tersebut. Pengujian hipotesis ialah pengujian dengan mengumpulkan fakta-fakta hipotesis yang telah di ajukan. Penarikan kesimpulan ialah bagian terakhir dari metode ini setelah di adakannya pengamatan dan hipotesis kita melihat apa yang di uji dari pengujian hipotesis tersebut di tolak atau diterima. Yang selanjutnya yaitu adanya sarana  berpikir ilmiah yang terdiri dari bahasa yaitu alat komunikasi yang ssangat penting karena merupakan alat untuk menyampaikan ide-ide dari pemikiran tersebut. Logika ialah cara berpikir ilmiah gabungan dari induktif dan deduktif. Matematika ialah merupakan sarana yang penting karena untuk membantu bahasa yang bisa disampaikan melalui eksak dan terbebas dari emosi. Statistik ialah membantu pembuatan kesimpulan secra umum dengan mengamati secara tepat.

Penginderaan merupakan hal yang sangat penting dari ilmiah, segala sesuatu tanpa indra maka tidak akan berjalan dengan memiliki penginderaan yang terbatas maka harus tepat, benar dan pengontrolan. Peningkatan pengindraan adanya latihan dengan seringnya latihan secara sungguh-sungguh indra tersebut akan terbiasa. Instrumen harus dikalibrasi. Pengecekan ialah harus sering diadakannya pengecekan-pengecekan terhadap indra tersebut memungkinkan untuk tidak terjadi kekeliruan-kekeliruan dalam pengamatan. Eksperimen ialah pengindraan dalam kondisi yang di kontrol, dan yang terakhir ialah intrumen baru ialah memungkinkan adanya pengindraan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...