Minggu, 16 April 2017

TUGAS MATEMATIKA dan ILMU ALAMIAH DASAR 5#

Nama : Aqila Shabirah
NPM: 11516002
Kelas : 1PA12 



Pertemuan 5


PENGENALAN KARYA ILMIAH
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar


Disusun oleh : Aqila Shabirah (11516002)
Kelas : 1PA12

UNIVERSITAS GUNADARMA

DEPOK 2017


BAB 1
PENDAHULUAN

Penulisan karya ilmiah adalah hal yang mendasar dan wajib dipahami khususnya oleh setiap mahasiswa.Karya ilmiah merupakan bentuk argumentasi penalaran ilmu melalui bahasa tulisan.Maka diperlukannya penguasaan bahasa yang baik.Bukan saja mengetahui teknik penulisannya, melainkan harus memahami dasar pikiran yang melandasi tulisan tersebut. Untuk bisa menulis karya ilmiah yang baik, diperlukan keterampilan yang dapat dicapai apabila kita bisa menguasai teknik penyusunan dan penggunaan bahasa Indonesia secara efektif. Salah satu contoh karya ilmiah yaitu berupa makalah, maka dibuatlah tulisan ini untuk dijadikan pedoman penulisan karya ilmiah. Makalah ini dibuat sebagai syarat menyelesaikan tugas dengan harapan lain dapat membantu kesulitan pembaca lain dalam menulis karya ilmiah.

BAB 2
PEMBAHASAN
  1. Definsi Karya Ilmiah
Karya ilmiah adalah kegiatan penuangan data lapangan atau gagasan pemikiran dalam bentuk karangan dengan mengikuti aturan dan metode ilmu pengetahuan. Karya ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil  pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun Bahasa dan isinya dapat dipertangungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya.

  1. Ciri- Ciri Karya Ilmiah
1.    Objektif
2.    Netral
3.    Sistematis
4.    Logis
5.    Fakta
6.    Tidak pleonastic ( berlebih-lebihan)
7.    Ragam Bahasa formal
  1. Tujuan Karya Ilmiah
-    Memberi penjelasan
-    Memberi komentar atau penilaian
-    Memberi saran
-    Menyampaikan sanggahan
-    Membuktikan hipotesa
  1. Jenis-Jenis Karya Ilmiah
1.     Makalah
2.     laporan penelitian
3.     Artikel Ilmiah
4.     Skripsi
5.     Tesis
6.     Disertasi
  1. Perbedaan Makalah,Artikel Ilmiah, dan Laporan Penelitian
Makalah merupakan Karya ilmiah yang pemikiran tentang suatu masalah. Makalah berisikan analisis yang logis, runtut, sistematis, dan objektif. Biasanya makalah dibuat oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas dari dosen. Selain itu, makalah ditulis oleh penulis untuk kegiatan ilmiah seperti seminar lokakarya, dsb.
Artikel Ilmiah adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang ditulis dengan tata cara ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan. Artikel ilmiah biasanya ditulis oleh mahasiswa, dosen, pustakawan, peneliti. Penulisan artikel ilmiah diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikiran, dan kajian pustaka pengembangan proyek. Sistematika penulisan dan isi artikel ilmiah dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu, artikel ilmiah hasil penelitian dan artikel ilmiah non penelitian.

Sedangkan  Hasil kegiatan penelitian, biasanya disusun dalam bentuk laporan penelitian. Laporan penelitian umumnya berisikan proses dan hasil-hasil yang diperoleh melalui kegiatan penelitian.

  1. Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi
Mahasiswa dalam menyelesaikan studi dituntut membuat karya ilmiah bagi mahasiswa S1 dituntut membuat skripsi, bagi mahasiswa S2 dituntut membuat tesis, dan bagi mahasiswa S3 dituntut membuat disertasi.
Ciri Khas ketiga karya ilmiah ini, yaitu :
-          Ciri khas Skripsi :
Masalah yang dikaji dalam skripsi cenderung pada masalah yang bersifat penerapan ilmu. Identifikasi masalah untuk skripsi biasa diambil dari koran, majalah, buku, jurnal, lapoaran penelitian, keadaan lapangan.
-          Ciri khas Tesis :
Masalah yang dikaji dalam tesis lebih kepada pengembangan ilmu.
 identifikasi masalah untuk tesis  perlu didasarkan atas teori-teori yang berasal dari sejumlah hipotesis yang telah teruji.
-          Ciri khas Disertasi :
Masalah yang dikaji dalam disertasi lebih luas dan mendalam ruang lingkup dan kajiannya dibandingkan dengan tesis. Identifikasi masalah untuk disertasi juga  perlu didasarkan atas teori-teori yang berasal dari sejumlah hipotesis yang telah teruji sama halnya dengan tesis tetapi disertasi didasarkan teori yang mendalam dari sebuah hipotesis yang telah diuji.


DAFTAR PUSTAKA


https://prezi.com/elsv0jcqrfyj/pengenalan-karya-tulis-ilmiah/
Ekosusilo, Madyo dan Triyanto, Bambang. 1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Dahara Prize.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...