Selasa, 11 April 2017

Tugas 4 MTK & IAD



NAMA  : AINUN NIAMAH
NPM      : 10516422
KELAS : IPA12

PERKEMBANGAN ILMU ALAM
Ada dua tahap dalam perkembangan ilmu alam yaitu Tahap Deskriptif & Kualitatif dan Tahap Simulatif & Kuantitatif. Tahap deskriptif & kualitatif yaitu dengan cara observasi dan mencatat gejala alam yang terjadi kemudian disimpulkan lalu dilihat kesamaan dan perbedaannya dan disederhanakan dan diklasifikasikan. Sedangkan tahap simulatif & kuantitatif yaitu simulasi dengan menirukan peristiwa alam atau dengan melakukan percobaan. Kuantitatif berkembang dengan penggunaan matematika sehingga hasilnya mendekati kebenaran.
METODE ILMU ALAM
Metode ilmu alam dibagi menjfi 2 macam yaitu rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme adalah pola pikir dalam mencari kebenaran dengan menggunakan akal tang bersumber pada ide kebenaran yang ada dalam fikiran tanpa ditunjang dengan fakta. Pola pikir ini mempunyai kelemahan yaitu bahwa setiap orang percaya terhadap apa yang ia yakini sendiri-sendiri. metode yang kedua adalah Empirisme yaitu pengalaman yang melalui pengetahuan indera. Gejala alamiah bersifat konkret dan diuangkap melalui penginderaan. Kelemahan dari metode ini adalah fakta yang ada memerlukan tafsiran.
METODE ILMIAH
Karya ilmiah harus obyektif yaitu sesuai dengan subyeknya, dan menggunakan cara-cara yang teratur (metodik). Karya ilmiah juga harus sistematik yaitu saling tersusun dalam satu sistem, saling terkait sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh dan juga berlaku untuk umum karena pengetahuan tidak hanya berlaku untuk sendiri tetapi juga untuk semua orang.
LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH
Dalam penyusunan karya ilmiah ada sebuah perumusan masalah yaitu pertanyaan-pertanyaan tentang apa, mengapa, dan bagaimana objek yang diteliti, perlu juga adanya penyusunan hipotesis atau dugaan-dugaan sementara kemudian hipotesis tersebut diuji apakah relevan dengan hipotesis yang diajukan, kemudian ditarik sebuah kesimpulan yang didasarkan melalui analisis fakta-fakta untuk mengetahui apakah hipotesis yang diajukan diterima atau ditolak
SARANA BERFIKIR ILMIAH
Bahasa sebagai alat untuk melahirkan pikiran dan untuk berkomunikasi dan logika adalah cara berpikir ilmiah yang merupakan gabungan deduktif dan induktif. Matematika merupakan bahasa buatan yang cermat dan terbebas dari emosi dan diperlukan statistika untuk membantu penarikan kesimpulan secara induktif dengan tingkat ketelitian atau kebenaran.
PENGINDERAAN
Penginderaan merupakan langkah penting dalam metode ilmiah karena sesuatu yang tidak dapat diindera tidak akan dapat diselidiki. Manusia mempunyai indera yang sama dengan jenis hewan lainnya hanya saja berbeda dalam tingkat kecerdasannya. Penginderaan memerlukan waktu yang lama dan dilakukan atau dicoba secara berulang-ulang karena kemampuan indera manusia terbatas.
PENINGKATAN PENGINDERAAN
Penginderaan dapat ditingkatkan dengan cara latihan, instrumen harus dikalibrasi, pengecekan, eksperimen dan instrumen baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...