Selasa, 11 April 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (Pertemuan 2)

RIKAYANTI/16516415/1PA12

MAKALAH KARYA ILMIAH
(Dosen: Rizqi Intan Sari Nugraheni)
Tugas 2
BAB 1
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang isinya pembahasan secara ilmiah yang dilakukan seorang penulis atau peneliti yang bertujuan untuk memberitahukan suatu hal yang logis dan sistematis kepada pembaca. Karya ilmiah biasanya ditulis untuk mencari suatu kebenaran yang terdapat dalam objek tulisan, sering mengangkat tema seputar hal-hal yang baru (aktual). Tujuannya adalah sebagai upaya pengembangan dari tema terdahulu atau biasa disebut dengan penelitian lanjutan.
Karangan ilmiah memiliki aturan baku dan persyaratan khusus. Sedangkan karangan nonilmiah karangan yang tidak terikan pada karangan  baku. Ada banyak jenis karya ilmiah, diantaranya yaitu makalah, tesis, skripsi dan lain-lain
B.      Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian karya ilmiah
2.      Apa saja ciri-ciri karangan ilmiah
3.      Apa saja jenis-jenis karangan ilmiah
C.      Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari karya ilmiah
2.      Agar dapat mengetahui ciri-ciri karangan ilmiah
3.      Agar dapat mengetahui jenis-jenis karangan ilmiah

BAB 2
PEBAHASAN
A.      Pengertian Karya Ilmiah
Karya ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis bberdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Karya ilmiah juga biasa disebut dengan karangan ilmiah. Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yag menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar. Menurut Pateda (1933:91) karya ilmiah adalah hasil pemikiran ilmiah pada suatu disiplin ilmu tertentu yang disusun secara matematis ilmiah, logis, benar, bertanggung jawab, meggunakan bahasa yang baik dan benar.
B.      Ciri-Ciri Karya Ilmiah
Dalam karya ilmiah ada 4 aspek yang menjadi karakteristik utamanya, yaitu:
1.      Struktur sajian
Buiasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.
2.      Komponen dan Substansi
Komponen karya ilmiah bervariasi  sesuai jenisnya, namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, daftar pustaka.
3.      Sikap penulis
Sikap penulis karya ilmiah harus objektif.
4.      Penggunaan Bahasa
Penggunaan bahasa dalam karya ilmiah biasanya menggunakan bahasa baku.
C.      Jenis-Jenis Karya Ilmiah
Ada banyak jenis-jenis karya ilmiah diataranya:
1.      Makalah
Makalah adalah karya ilmiah yang  pembahasannya berdasarkan lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah memiliki 3 bagian yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.
2.      Artikel
Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk penerbitan jurnal ilmiah. Artikel ditulis secara ringkas dan berisi hal-hal penting.
3.      Esai
Esai adalah ekspresi tertulis dari opini penulisnya. Penulisan esai yang baik dengan cara menggabugkan fakta dan imajinasi, pengetahuan dan perasaan dari sipenulis.
4.      Proposal penelitian
Proposal penelitian adalah rencana penelitian yang menggambarkan secara umum hal-hal yang akan diteliti dan cara penelitian itu dilaksanakan.
5.      Skripsi
Skripsi  merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formal di fakultas. Skripsi adalah karya tulis resmi akhir mahasiswa dalam menyelesaikan Program Sarjana (S1).
Tujuan kegunaan skripsi yaitu menyajikan hasil-hasil temuan penelitian secara ilmiah yang berguna bagi pengembangan ilmu dan kepentingan praktis administrasi negara dan komunikasi.
6.      Tesis
Tesis adalah karya tulis ilmiah resmia akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister (S2). Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam bidang pendidikan. Tesis mempunya tingkat pembahasan yang lebih dalam daripada skripsi. Pernyataan-pernyataan dan teori dalam tesis didukung oleh argumen-argumen yang lebih kuat dibandingkan dengan skripsi.
7.      Disertasi
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.

BAB 3
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah dijelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Adapun tujuan karya ilmiah antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan, serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA
sumber : http://copasmakalahya.blogspot.co.id/2016/05/makalah-karya-ilmiah.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...