Selasa, 18 April 2017

TUGAS MIAD 5

Nama: Salsabila
Kelas / NPM : 1PA12 / 16516784

BAB I
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Karya ilmiah merupakan laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengakjian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dari etika ilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyrakat keilmuan.
Jenis karya ilmiah terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu laporan penilitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuan. Para ilmuan lain menggunakan data, simpulan, dan informasi yang terkandung dalam karya ilmiah sebagai acuan dalam melaksanakan penilitian atau pengkajian selanjutnya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari karya ilmiah?
2.      Apa saja karekteristik karya ilmiah?
3.      Apa saja jenis-jenis dari karya ilmiah?

C.     Tujuan dan Manfaat Penulisan
1.      Untuk menambah wawasan mengenai karya ilmiah.
2.      Mengetahui apa saja yang termasuk jenis-jenis karya ilmiah.
3.      Dapat mengetahui karakteristik yang dimiliki karya ilmiah.
4.      Untuk keperluan tugas Matematika Ilmu Alamiah Dasar


BAB II
Pembahasan

A.    Pengertian Karya Ilmiah
Menurut Eko Susilo, karya ilmiah merupakan suatu tulisan ataupun karangan yang didapatkan sesuai sifat keilmuannya dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap bidang ilmu tertentu, yang disusun dengan menggunakan metode tertentu dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan santun, serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

B.     Karakteristik Karya Ilmiah
Karakteristik karya ilmiah yang membedakannya dengan tulisan non-ilmiah antara lain:
1.      Mengacu pada teori sebagai landasar berpikir dalam pembahasan masalah.
2.      Sistematis, baik penulisan dan pembahasan sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.
3.      Logis, disusun berdasarkan urutan yang konsisten.
4.      Efektif, ringkas dan padat.
5.      Objektif berdasarkan fakta, setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya, sebenarnya, dan konkret.

C.     Jenis-jenis Karya Ilmiah
1.      Artikel
Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telat disepakati. Artikel ilmiah diangkat dari hasil pemikiran dan kajian pustaka atau hasil pengembangan proyek.
2.      Makalah
Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah biasanya ditulis untuk memenuhi tugas terstruktur yang diberikan dosen atau ditulis atas inisiatif sendiri untuk disajika dalam forum ilmiah.
3.      Kertas Kerja (Paper Work)
Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah, namun dibuat lebih dalam dan tajam dan dipresentasikan pada seminar atau lokakarya yang biasanya dihadiri oleh ilmuan. Kertas kerja itu menjadi acuan untuk tujuan tertentu dan bisa diterima atau dimentahkan oleh forum ilmiah.
4.      Paper
Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan akademisi (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelasaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3).
5.      Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S1 (Sarjana).
6.      Tesis
Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S2 (Pasca Sarjana) yang sifatnya lebih mendalam dibandingkan skripsi.
7.      Disertasi
Disertasi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S3 yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang valid dengan analisis yang terinci.



BAB III
Penutupan

A.    Kesimpulan
Karya ilmiah merupakan laporan berupa tulisan yang dipublikasikan ataupun dipaparkan dari hasil pengkajian ataupun penilitian yang telah dilakukan, yang dalam penulisannya memperhatikan kaidah dan etika keilmuan yang berlaku di masyrakat keilmuan.
Pembagian jenis-jenis karya ilmiah memiliki manfaat-manfat yang berbeda yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran maupun untuk sebuah penelitian.



Daftar Pustaka

http://pengertiandefinisi.com/pengertian-karya-ilmiah-dan-jenis-jenis-karya-ilmiah/
http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/karya-tulis-ilmiah-pengertian.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...