Minggu, 20 November 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar 3

Nama   : Rhea Ahmad Matin
Kelas   : 1PA12
NPM   : 16516280

1. Jelaskan pengertian dari manusia dan keadilan, menurut pendapat anda !

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin untuk hidup sendirian yang pastinya membutuhkan keberadaan manusia lain dan manusia membutuhkan interaksi sesama manusia agar terjalin kontak sosial dan menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain agar terbentuk suatu sistem kekeluargaan, disamping itu manusia juga memerlukan sebuah keadilan dimana dia bisa mendapatkan haknya sebagai manusia, tentu saja itu hak itu adalah hak mutlak, seperti contoh adalah hak untuk hidup.

Keadilan itu sendiri bisa dimiliki oleh semua jenis makhluk hidup di dunia ini, bahkan disetiap tempat dan situasi keadalian diperlukan, agar semua makhluk di dunia dapat berlaku adil dengan makhluk yang lainnya, jika ada yang tidak berlaku adil akan mendapatkan hukuman yang dibuat oleh manusia, keadilan juga diperlukan untuk orang-orang kriminal agar mereka tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang membahayakan nyawa dan hal-hal yang merugikan manusia, oleh karenanya keadilan sangat diperlukan agar manusia bisa hidup sejahtera dan damai dibuatnya.

2.  Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan, keadilan !

12 Years A Slave


A. Cantumkan judul kasus

Perbudakan ras kulit putih terhadap kulit hitam

B. Buatlah Sinopsis dari kasus yang dibahas !

Menjadi orang kulit hitam ditahun 1841 di kota New York, Amerika Serikat sangatlah berat. Di masa itu, orang berkulit hitam mayoritas diperlakukan sebagai budak dan bisa diperjualbelikan oleh orang berkulit putih. Budak-budak tersebut biasanya dipekerjakan kasar dan kerap mendapat siksa jika membantah ataupun bekerja dibawah standart yang ditetapkan oleh majikannya. Meskipun demikian, tidak semua orang yang berkulit hitam adalah budak. Ada beberapa yang memperoleh kebebasan penuh dan berpendidikan, salah satunya adalah Solomon Northup (Chiwetel Ejiofor).

Awalnya Solomon hidup bahagia dan sejahtera bersama istri dan kedua anaknya. Dari bakatnya yang mumpuni dalam memainkan biola membuat namanya kian tersohor dan semakin jauh dari dunia perbudakan. Tapi semua itu tiba-tiba berubah dalam sekejap saat ia bertemu dengan dua orang yang mengaku bekerja sebagai pengusaha sirkus. Keduanya ingin menggunakan jasa Solomon di bagian musik dan menjanjikan bayaran yang sangat besar. 

Namun kenyataannya Solomon ditipu, ia menjadi korban penculikan untuk dijual menjadi seorang budak di daerah New Orleans. Disana jati diri Solomon diubah, namanya pun diganti menjadi Platt asal Georgia. Dengan terpaksa ia harus menerima nama baru tersebut agar tidak mendapat siksaan yang sangat sadis. Semula Solomon ingin berpegang teguh pada pendiriannya untuk bisa bebas, tapi usahanya itu sirna karena merasa takut mati dan ingin hidup agar bisa kembali ke istri serta kedua anaknya.

C. Analisislah apa yang menjadi akar permasalahan dalam kasus !

Dalam film ini terbukti bahwa rasis tentang perbedaan warna kulit benar-benar terjadi dan itu parah banget tapi bukan hanya rasis, perbudakan pun ikut dilakukan hanya karena perbedaan warna kulit, semua dilakukan oleh para bangsawan yang mempunyai budak kulit hitam, dari yang dicambuk terus lehernya digantung karena tidak mau menurut kepada majikan, para bangsawan seenak-enaknya saja seperti ingin memberitaukan bahwa ras yang kedudukannya tertinggi adalah ras kulit putih, padahal sehari sebelum Solomon diculik, Solomon masih bisa mencium dan memeluk istri dan kedua anak tersayangnya

Ketika Solomon sudah pasrah dan sudah tidak tau lagi harus berbuat apa yang ada dipikirannya hanya mengikuti semua perkataan majikan dan menunggu ajal tiba, apakah kulit hitam benar-benar serendah itu ? setelahnya secerah harapanpun datang ketika bertemu dengan sang pejuang anti rasis yaitu Bass yang diperankan oleh Brad Pitt.

D. Keadilan seperti apa yang diterapkan kasus tersebut !

Tidak tergambar jelas keadilan seperti apa yang ada di video tersebut tapi yang pasti gerakan anti rasisme datang untuk menegakkan keadilan dan menghancurkan sistem perbudakan yang berada di Eropa serta menyetarakan ras kulit putih maupun kulit hitam, dan pada akhirnya Solomon berhasil melarikan diri dari perbudakan yang menahannya selama 12 tahun, Solomon pun dapat bertemu kembali dengan istri tercinta dan dua anak tersayangnya.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...