Rabu, 02 November 2016

TUGAS 2 ILMU BUDAYA DASAR GADING SARI WULANDARI

Nama   : GADING SARI WULANDARI
NPM   : 12516942
TUGAS 2 ILMU BUDAYA DASAR
1. Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri
Jawab:
a. Pengertian Manusia menurut pendapat dan definisi saya adalah makhluk sebaik-baiknya ciptaan dari Tuhan YME. Tersusun dari ruh, jiwa, dan pikiran. Ini menjadikan manusia sebagai makhluk yang mulia, terbuka, bebas memilih, mengemban tanggung jawab, menyusun pola berhubungan dengan sekitarnya. Di alam dunia ini, manusia memegang peranan yang unik dan dapat dipandang dari banyak segi.
b. Perngertian Cinta Kasih menurut definisi dan pendapat saya adalah suatu perasaan dalam manusia yang dapat diartikan sebagai simpati, empati dam rasa pemasaran. Sehingga cinta kasih bisa dikatakan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Cinta memegang peranan penting karena pemikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya.
c. Pengetian Kebudayaan menurut pendapat saya adalah suatu aspek yang menyangkut pengetahuan, kepercayaan, kesin, moral, hukum,Ada projed Ini yang  hidup yang dimiliki oleh suatu manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, manusia dengan Tuhan YME, dan manusia dengan negara. Dan ini terus diwariskan dari generasi sebelumnya sampai terus selanjutnya.
2. Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan!
Jawab:
Hubungan antara Manusia, Cinta Kasih dan Kebudayaan.

Ø  Hubungan Manusia dan Kebudayaan
Secara sederhana hubungan atara manusia dan kebudayaan adalah : manusia sebagai prilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia. Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal. Maksudnya bahwa keduanya berbeda tetapi merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan tersebut mengatur seluruh aspek kehidupan manusia agar sesuai dengan apa yang telah ia ciptakan pada kebudayaan tersebut. Contoh sederhana adalah hubungan manusia dengan peraturan –peraturan kemasyarakatan. Awalnya oeraturan dibuat oleh manusia, setelah peraturan itu jadi maka manusia yang membuatnya harus patuh kepada peraturan yang telah ia buat sendiri. Dapat disimpuulkan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena kebudayaan itu merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri.
Disisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain. Proses tersebut tercipta oleh tiga tahap yaitu :
ü Eksternalisasi, yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya. Melalui eksternalisasi ini masyarakat menjadi kenyataan buatan masyarakat
ü Objektif yaitu proses dimana masyarakat menjadi realistis obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia  dan berhadapan dengan manusia. Dengan demikian masyarakat dengan segala pranata sosialnyaa akan memperngaruhi bahkan membentuk prilaku manusia
ü Internalisasi yaitu dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. Maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali masyarakatnya sendiri agar dia dapat hidup dengan baik, sehingga manusia menjadi kenyataan yang dibentuk oleh masyarakat

Ø Hubungan Manusia dan Cinta Kasih
Agar manusia dapat hidup dengan keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya, tidak boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sediri dan egoismenya. Hendaknya ia menyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih saying pada orang-orang lain, bekerja sama dengan dan memberi bantuan kepada orang lain. Oleh karena itu, Tuhan memberi isyarat tentang kecintaan manusia pada dirinya sendiri, seperti yang tampak pada keluh kesalnya apabila ia tertimpa kesusahan dan usahanya yang terus menurus untuk memperoleh kebaikan serta kebakhilannya dalam memberikan sebagian karunianya yang diperolehnya, setelah itu Allah langsung memberi pujian kepada orang-orang yang berusaha untuk tidak berlebih—ebihan dalam cinta kepada diri sendiri dan melepaskan diri dari gejala-gejala itu adalah dengan melalui iman, menegakkan shalat, memberi zakat, bersedekah, dan menjauhi segala larangan Allah. Keimanan yang demikian ini akan bisa menyeimbangkan antara cintanya kepada diri sendiri dan cintanya pada orang lain, dan dengan demikian akan bisa merealisasikan kebaikan individu dan masyarakat.
3. Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih sesama manusia dan terhadap tuhan.
Jawab:
§  Cinta Kasih Terhadap Sesama Manusia.

Siswa Kanisius Wajib Mengasihi Sesama
Sabtu, 16 Januari 2016 – 10:39:43 WIB | r1 / Sorot GunungKidul

Wonosari,(sorotgunugkidul.com)--
Yayasan pendidikan Kanisius Yogyakarta mewajibkan siswa untuk mengembangkan nilai-nilai cinta kasih kepada sesama ciptaan Tuhan. Tidak hanya mengasihi manusia tetapi juga mengasihi terhadap alam lingkungan. Kewajiban itu sejalan dengan tujuan kanisius membentuk generasi masa depan yang bukan berperilaku merusak nilai-nilai bangsa.

“Tiga tema besar pendidikan Kanisius. Pertama menenamkan nilai kejujuran atau pendidikan anti kprupsi, kedua pendidikan cinta kasih atau anti kekerasan, dan ketiga mencintai lingkungan atau pendidikan menjaga kelestarian alam lingkungan” ujar Direktur Kanisius Cabang Yogyakarta, Romo Agustinus Mintara SJ ditemui wartawan usai mempimpin misa siswa SMP Kanisius se-DIY di Gereja Santo Petrus Kanisius Wonosari, Jumat (15/01/2016).

Menurut Romo, Pendidikan mengasihi sesame ciptaan Tuhan berarti luas. Kemampuan menjauhkan dari sikap dan tindak kekerasan dan terorisme juga pendidikan yang menjaga hubungan antaara manusia dengan baik. Ketikanya harus mendasari semua ilmu pengetahuan yang diberikan anak-anak kanisius.

Romo menilai, akhir-akhir ini banyak peristiwa terosisme menunjukkan umat ber-Tuhan tetapi justru menyakiti sesame manusia.
“Bahkan ber-Tuhan tapi membunuh,” ujarannya sembari mengutuk aksi terorisme.

Menurutnya, aksi terorisme muncul karena krisisnya sikap mengasihi antar sesame makhluk ciptakan Tuhan. Dalam misa diikiuti ratusan siswa kanisius se-Yogyakarta kemarin, Romo juga mengingatkan insiden terror bom bukti kurang matangnya sikap hidup yang mendasar pada pancasila dan keberagaman.

Romo Mintara juga berpesan kepada para siswa memanfaatkan kemajuan teknologi internet yang sudah dalam genggaman hanya untuk mendukung kegiatan positing dan seperlunya. Ia berharap, siswa kanisius tidak terlalu berguntung pada kemajuan teknologi internet seperti gadget atau sejenisnya. Sekolah dan orang tua diingatkan agar endorong peserta didik lebih menyuai proses dibandingkan hasil serta pola kommunikasi secara langsung karena lebih baik dibanding cara komunikasi bergantung pada teknologi berbasis internet dan media social.

“Berupaya terus menggali bakat dan prestasi secara bersama seperti latihan teater atau bakat seni lain akan lebih baik dari pada berlama-lama dengan gadget,” imbuhnya

Kepala sekolah SMP Kanisius Wonosari, Yohanes Nughara mengatakann, temu siswa SMP Kanisius se DIY dipusatkan di Kabupaten GunungKidul menjad momentum baik mengajak siswa untukpedulu dengan mendoakan keselamatan bangsa Indonesia ditengah memerangi gerakan kelompok teroris, keluarga korban terror bom, juga secara khusus mengajarkan siswa lebih mencintai lingkungan hidup sekitar.

Yohanes Nugraha mengatakan, ajaran Laodato Si seperti digagas Paus Fransiskus, bumi sebagai rumah bersama menjadi refleksi dan pegangan pendidikan dalam menyiapkan generasi masa depan bangsa yang peduli kemanusiaan dan keselamatan lingkungan sekitar. Secara khusus, anak-anak kanisius diajak menempatkan sisi kemanusiaan dan keselamatan lingkungan hidup mendasari dalam setiap sikap, perbuatan dan tindakan sehari-hari.

Ia membenarkan, sejumlah sekolah di Gunungkidul termasuk sekolah dibawah yayasan Kanisius telah mendapatkan materi panduan pendidikan pasca terror bom di kawasan Jalan Thamrin Jakarta lalu oleh kelompok teroris. Panduan bagi guru terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berisi beberapa sikap dan pembelajaran perlu ditanamkan pada siswa bertujuan membentuk cara pandang dan perilaku yang baik dan memahami ancaman dan bahaya terorisme mengancam bangsa.

Sementara itu, acara temu siswa SMP Kanisius se-DIY di Wonosari Gunungkidul dimeriahkan dengan tampilnya para siswa menunjukkan minat dan bakat potensi dihadapan ratusan siswa, guru dan karyawan kanisius. Perwakilan siswa dari SMP Kanisius, Sleman, Bantul, Kota Yogya, Kulon Progo dan Gunungkidul bergiliran menampilkan bakat dan minat siswa mulai dari paduan suara, pidato bahasa inggris, dan atraksi seni lainnya seperti seni music, teater, tari, serta komedi dan bakat lain yang selama ini meraih prestasi dan kejuaraan tingkat regional maupun naisonal (Vian)

§  Cinta Kasih Terhadap Tuhan
Sedekah  bumi   adalah  semacam  upacara  atau  jenis  kegiatan  yang intinya  untuk  mengingat kepada Sang Pencipta Allah SWT yang telah memberikan  rahmatNya kepada manusia di muka bumi ini  khususnya  kepada  keluarga  petani  yang  hidupnya  bertopang  pada  hasil  bumi  di  pedesaan  atau pinggiran kota yang masyarakatnya bertani. Biasanya  dalam  melakukan  sedekah  bumi,  mereka  percaya  bahwa  dengan  bersyukur  maka Allah SWT akan menambahkan kenikmatan-kenikmatan lagi. Allah akan menambah hasil-hasil panen mereka  dan  Allah  akan  menghilangkan  paceklik  hasil  bumi  mereka.  Maka  meskipun  dengan  cara yang sederhana biasanya mereka melakukan dengan cara “pamer” hasil bumi  yaitu dengan karnaval keliling  desa  dengan  mengarak  hasil  bumi  berupa  ketela  pohon,  mangga,  jagung  dan  sebagainya.
Tegantung  hasil  bumi  yang  mereka  peroleh  dari  bumi  yang  mereka  tanami.  Tetapi  seiring  dengan perkembangan  zaman,  lokasi  di  pinggiran  kota  Semarang  kebanyakan  sudah  berubah  yang  tadinya
daerah subur banyak lading sekarang berubah menjadi pemukiman, maka yang diharapkan bukan lagi hasil bumi tetapi “ nasi tumpeng” . setelah mengarak keliling desa mereka kemudian makan bersama dilanjutkan  dengan  menyaksikan  pagelaran  wayang  kulit.  Mereka  memilih  pagelaran  wayang  kulit sebagai pertunjukan, karena cerita wayang kulit biasanya mengandung banyak petuah, nasehat untuk menjadikan  manusia yang  utama,  kita  juga  diingatkan  untuk  tidak  berbuat  jahat,  jangan  serakah. Orang yang berbuat baik pasti pada akhirnya akan Berjaya. Itulah kegiatan sedekah bumi yang masih berlangsung di beberapa kelurahan di pinggir kota.


Daftar Pustaka:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...