Kamis, 03 November 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar 2 Maharani Anjar

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR
TUGAS KEDUA
Nama  : Maharani Anjar Nuria
Kelas   : 1PA12
NPM   : 14516215
Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih dan kebudayaan menurut anda sendiri!
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan yang paling sempurna yang memiliki akal, pikiran dan perasaan. Melalui akal dan pikiran manusia dapat membedakan perilaku yang baik dan yang buruk. Selain itu manusia juga dapat membangun kepribadian yang bertanggung jawab. Melalui potensi akal manusia mampu melahirkan ilmu pengetahuan bagi dirinya. Manusia merupakan makhluk yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Tubuh memiliki sifat yang dapat dilihat, diraba dan tidak abadi, sedangkan jiwa tidak dapat dilihat, dapat dirasakan dan abadi.
Manusia juga memiliki keinginan untuk menyatu dengan sesama, serta alam lingkungan di sekitarnya. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan dan keinginan manusia berinteraksi dengan lingkungannya. Pada awalnya manusia hidup secara individual namun pada perkembangannya karena menyadari tidak dapat hidup individual, maka manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Selain itu manusia hidup secara nomaden (berpindah-pindah) dikarenakan sangat tergantung pada alam, namun karena manusia telah dapat beradaptasi dengan alam, maka mereka menetap di suatu tempat.
Beberapa contoh yang membedakan manusia dengan makhluk lain yaitu:
A.    Memiliki akal, manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
B.     Memiliki perasaan, manusia mampu menciptakan kesenian.
C.     Menggunakan pakaian, manusia menggunakan pakaian untuk menutupi kemaluannya.
Cinta adalah suatu hal yang dirasakan saat kita menyukai seseorang atau tertarik kepada seseorang. Cinta juga melambangkan rasa sayang kepada seseorang yang kita sukai. Biasanya ungkapan cinta diungkapkan kepada orang yang kasihi. Sedangkan kasih adalah perasaaan yang mendalam karena kita mencintai seseorang atau mengasihi seseorang. Kasih tidak hanya diungkapkan kepada seseorang yang kita cintai melainkan kasih digunakan juga untuk menyatakan rasa sayang kepada Tuhan, orang tua, saudara, dan sesamanya.
Cinta kasih adalah ungkapan perasaan yang diwujudkan dengan perbuatan, ungkapan, tulisan, dan lain sebagainya. Untuk membentuk cinta kasih diperlukan adanya tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, dan saling terbuka. Selain itu cinta kasih berperanan penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta kasih merupakan landasan dalam membentuk kehidupan pernikahan, pembentukan keluarga yang harmonis dan pembentukan karakter anak yang baik. Demikian cinta kasih merupakan pengikat yang kokoh antara manusia dengan makhluk hidup lainnya.
Beberapa bentuk cinta kasih antara lain sebagai berikut:
A.    Cinta diri. Contoh mencintai dirinya sendiri yaitu dengan mengurus dirinya sendiri, sehingga kebutuhan jasmani dan rohaninya terpenuhi seimbang  yang bernilai positif.
B.     Cinta kasih antara orang tua dengan anaknya. Contoh cara orang tua menyampaikan cinta kasih dengan memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya agar sang anak memiliki kepribadian yang baik di kemudian hari.
C. Cinta kasih antara lawan jenis. Seorang laki-laki menaruh perhatian    terhadap seorang wanita dengan berperilaku yang baik menunjukan bahwa laki-laki itu menaruh cinta kasih terhadap wanita tersebut.
D. Cinta kasih antara sesama manusia. Salah satu contohnya apabila seorang teman mengalami musibah, teman yang lain ikut membantu mengumpulkan dana, menghibur serta mendoakannya.
E. Cinta kasih antara manusia dengan Tuhan. Contoh cinta kasih antara manusia dengan tuhan yaitu apabila seseorang taat dalam beribadah, menuruti perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
F. Cinta kasih manusia terhadap binatang. Salah satu contoh cintah kasih terhadap binatang yaitu dengan cara tidak mengambil atau memburu hewan secara ilegal.
G. Cinta kasih manusia terhadap tumbuhan. Contoh kisah kasih terhadap tumbuhan antara lain dengan cara merawat tumbuhan sebaik mungkin dan tidak menebang pohon secara sembarangan.
H. Cinta kasih manusia terhadap alam. Contoh kisah kasih terhadap alam yaitu dengan cara menjaga alam agar tidak menimbulkan pencemaran yang akan merusak ekosistem di alam ini.
            Kebudayaan adalah suatu hasil karya dari pembelajaran dan keterampilan manusia dengan motivasi yang tinggi untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang berbeda-beda, kebudayaan adat dan tradisi merupakan hal yang menjadi ciri khas dari daerahnya masing-masing. Kebudayaan juga merupakan sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain. Oleh karena itu kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, adat istiadat dan kebiasaan.
Di zaman sekarang kini banyak kita temui adanya perubahan kebudayaan, perubahan ini terjadi karena masuknya unsur-unsur budaya luar akibat arus globalisasi dan perkembangan zaman. Unsur-unsur budaya luar sangat mempengruhi terhadap kebudayaan yang sudah ada baik positif maupun negatif. Contoh perubahan globalisasi yaitu berkembangnya teknologi-teknologi canggih yang sangat membantu pekerjaan manusia namun juga dapat merusak mental dan moral generasi muda. Perubahan kebudayaan ditandai dari meniru gaya hidup, pergaulan dan cara berpakaian. Akibatnya terjadi berbagai bentuk penyimpangan kebudayaan dan pola hidup masyarakat. Oleh karena itu setiap warisan kebudayaan perlu untuk dilestarikan dan dimanfaatkan supaya warisan kebudayaan tersebut tetap terjaga.  Agar kebudayaan tetap terjaga maka semua unsur globalisasi perlu dikaji terlebih dahulu sebelum menerapkan unsur tersebut.
            Unsur dan sistem kebudayaan antara lain sebagai berikut:
A.    Unsur realigi,  Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada yang lebih dan Maha Kuasa. 
B.     Sistem kemasyarakatan, contohnya antara lain meliputi kekerabatan, organisasi sosial, perkumpulan.
C.     Sistem peralatan, contohnya antara lain meliputi (Produksi, distribusi dan transportasi, peralatan komunikasi, peralatan komunikasi dalam bentuk wadah, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung)
D.    Sistem mata pencaharian hidup, contohnya antara lain dengan cara berburu, beternak, bercocok tanam, menangkap ikan .
E.     Sistem bahasa, yaitu alat untuk berkomunikasi meliputi lisan dan tulisan.
F.      Sistem pengetahuan, pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang hal-hal yang mereka pelajari dan pahami.
G.    Seni, seni adalah sebuah karya manusia yang dibuat dengan ide gagasan dan kemauan dari dirinya sendiri yang mempunyai nilai keindahan ataupun untuk memenuhi kebutuhan manusia.
2. Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan!
Manusia pada hakikatnya tidak akan dapat terpisahkan oleh cinta kasih. Karena cinta kasih tercipta di dalam diri manusia itu sendiri. Sehingga manusia dapat mencintai kebudayaannya. Manusia dan kebudayaan sangat erat terkait satu sama lain. Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Sang Pencipta.

3. Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan!
Masyarakat Jawa yang abangan memiliki tradisi ziarah ke makam orang-orang tertentu dengan tujuan untuk mencari berkah atau memohon kepada para ruh leluhuratau orang yang dihormati agar memberikan dan mengabulkan apa yang mereka minta. Mereka juga memiliki tradisi melakukan upacara-upacara keagamaan (ritus) sebagai ungkapan persembahan mereka kepada Tuhan. Diantara tradisi yang terkait dengan ritus ini adalah upacara labuhan di pantai Parang Kusuma, upacara ruwatan, upacara kelahiran hingga kematian seseorang, upacara menyambut tahun baru Jawa yang sama dengan tahun baru Islam, dan bentuk-bentuk upacara ritual lainnya. Acara-acara ritual yang mereka lakukan seperti itu meskipun bertujuan minta kepada Tuhan (Allah), tetapi menempuh cara yang bertentangan dengan ajaran syariah Islam. Mereka meminta berkah atau rizki kepada Tuhan tidak secara langsung, tetapi melalui perantara dan memakai sesaji. Meminta berkah atau rizki kepada selain Allah jelas dilarang dan bertentangan dengan al-Quran, karena tidak ada yang dapat memberikan berkah atau rizki kepada siapa pun selain Allah (QS. al-Zumar (39): 52)
Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...