Kamis, 03 November 2016

TUGAS 2 ILMU BUDAYA DASAR




NAMA            : Andre Dwi Cahyo
KELAS           : 1PA12
NPM               : 10516800

1.     Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri.
JAWAB!
·         Manusia adalah Mahluk yang di ciptaka ALLAH SWT sebagai mahluk yang paling sempurna dari mahluk lainnya. Manusia juga mahluk yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai kesatuan yang utuh.

·         Cinta adalah  Rasa sangat suka kepada seseorang atau rasa sayang kepada seseorang, ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya kepada seseorang. Cinta memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan awalan dalam menjalin pernikahan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Ungkapan cinta juga biasa di gunakan untuk menyatakan perasaan seperti:
o   Kepada keluarga
o   Kepada teman
o   Kepada Negara
o   Kepada agama
o   Kepada dirinya sendiri
o   Dan masih banyak lagi yang lainnya
·         Kasih adalah perasaan yang di miliki manusia untuk menyatakan perasaannya kepada seseorang, kasih juga bisa juga di tunjukan kepada seseorang untuk menyatakan rasa pedulinya sesama mahluk tuhan.
·         Cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata cinta memilikki tiga unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Kalau janji dengan dia harus ditepati, ada uang sedikit bell oleh-oleh untuk dia. Unsur yang kedua adalah keintiman, yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Unsur yang ketiga adalah kemesraan, yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya

·         Kebudayaan adalah  sesuatu yang dihasilkan oleh akal manusia dan manusialah yang menciptakan kebudayaan, kebudayaan itu sifatnya dinamis dapat berubah-ubah kebudayaan itu dengan kebudayaan yang lainnya.


2.     Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan.
JAWAB!
Ø  Hubungan manusia dan cinta kasih.
Manusia adalah makhluk sosial yang perlu ikatan antar setiap manusia. Ikatan itu bisa berbentuk tali persaudaraan, perkawanan, persahabatan, dan cinta kasih antara manusia bahkan ada cinta kasih terhadap makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tanaman. Kali ini saya akan membahas hubungan manusia dan cinta kasih. Cinta kasih seorang manusia bisa berbagai jenis seperti: cinta kasih terhadap pasangan, terhadap orang tua, terhadap suatu pekerjaan yang memungkinkan dia mengeluarkan rasa cintanya tersebut. Manusia dan cinta kasih kepada manusia ssangat diperlukan agar suasana lingkungan sekitar kita tinggal terasa nyaman dan menimbulkan kehidupan rukun serta damai tanpa adanya perseteruan antara 2 orang ataupun lebih. Manusia tanpa cinta kasih bagaikan manusia tanpa perasaan dan akan membuat manusia itu berdarah dingin dan tidak peduli dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Manusia dan cinta kasih tidak dapat dipisahkan karena memang keduanya sangat berkaitan. Manusia normal mempunyai rasa cinta dan kasih kepada orang terdekatnya, banyak manusia pada zaman sekarang kehilangan rasa tersebut karena banyaknya tekanan seperti pekerjaan dan banyak hal yang bisa membuat manusia kehilangan rasa cinta dan kasih sayangnya. Pada dasarnya manusia mempunyai rasa cinta dan kasih yang datang dari kebiasaan dan berjalan dengan ketulusan mereka. Pada contoh wisma tuna ganda tersebut dapat dilihat bahwa para mengerjakan tugas mereka dengan ketulusan hati mereka, bahwa sesungguhnya cinta dan kasih itu perlu dalam hidup manusia, dan membuktikan bahwa erich fromm yang menyatakan tentang pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan iu benar. Menurut profesor psikologi Universitas Hawaii, Elaine Hatfield, ada dua tipe dasar cinta, yaitu cinta kasih sayang (compassionate love) dan gairah cinta (passionate love). Cinta kasih sayang ditandai dengan adanya saling keterikatan, saling menghormati, menghargai, kepedulian dan kepercayaan. Kasih sayang biasanya tumbuh berkembang dari perasaan saling pengertian dan rasa saling menghargai satu sama lain. Sedangkan cinta yang dilandasi gairah (passionate love) ditandai dengan emosi yang intens, daya tarik seksual, kecemasan dan afeksi. Ketika cinta terbalaskan (reciprocated love), orang merasa gembira dan bahagia.
Ø  Hubungan manusia dan kebudayaan.
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Kebudayaan berasal dari kata budaya yang berarti hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Definisi Kebudyaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Namun kebudayaan juga dapat kita nikmati dengan panca indera kita. Lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dapat kita rasakan. Secara sederhana hubungan antara manusia dengan kebudayaan ketika manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan tersebut merupakan objek yang dilaksanakan sehari-hari oleh manusia. Di dunia sosiologi manusia dengan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal,maksudnya walaupun keduanya berbeda tetapi merupakan satu kesatuan yang butuh,ketika manusia menciptakan kebudayaan,dan kebudayaan itu tercipta oleh manusia. Berikut contoh-contoh hubungan antara manusia dan kebudayaan:
o   Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda (urban dan rural ways of life)
o   Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas social
o   Kebudayaan khusus atas dasar agama
o   Kebudayaan berdasarkan profesi
o   Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan


3.     Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap tuhan.
JAWAB!
Ø  Cinta kasih terhadap sesama manusia.
Sesama manusia harus mempunyai cinta kasih terhadap satu sama lain. Karena pada hakekatnya manusia harus mengasihi satu sama lain sama seperti mengasihi diri sendiri. Artinya kita harus mementingkan kepentingan orang lain dahulu. Karena sesama manusia harus saling membantu dan tidak ada kata tidak mau membantu. Berarti sesama manusia tidak boleh menaruh dendam terhadap manusia satu sama lain karena itu sudah melanggar hakekat dalam diri manusia yaitu harus saling mengasih sama seperti mengasihi diri sendiri. Karena Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan supaya kita yang diciptakan harus menjaga keharmonisan didalam kekeluargaan ini tidak boleh ada dendam satu sama lain. Manusia memiliki jiwa sosial yang sangat melekat yaitu manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia yang lain di sekitarnya. Seperti contoh seseorang jika ingin membuat mobil pasti akan membutuhkan yang lain untuk berjalanya pembuatan mobil tersebut.

Ø  Cinta kasih terhadap tuhan.
Pada hakekatnya kita sebagai umat manusia harus mencintai Tuhan dengan penuh kasih. Karena tanpa manusia mencintai Tuhan sama saja manusia mencintai dunia. Inilah yang disebut duniawi atau bisa disebut cinta terhadap Setan atau Satan.Manusia harus mencintai Tuhan tanpa syarat dan harus mengasihi melebihi mengasihi diri sendiri karena mencintai Tuhan adalah hukum yang terutama. Tidak ada hukum yang terutama selain ini.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...