Rabu, 02 November 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 2 #



 Materi Manusia dan cinta kasih 
Nama : Aqila Shabirah 
NPM : 11516002



1.      Pengertian manusia, cinta kasih dan kebudayaan menurut saya:
-           Pengertian Manusia
Manusia adalah makhluk yang memiliki sifat sosial, artinya manusia membutuhkan orang lain sehingga mereka membutuhkan interaksi dengan manusia lain. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna dibandingkan makhluk lainnya, kesempurnaan manusia terletak pada adab dan budayanya, karena manusia memiliki akal. Dengan akal, manusia dapat mengubah hal yang buruk menjadi baik ataupun sebaliknya dan manusia pun dapat menciptakan sesuatu. Manusia juga disebut makhluk ekonomi, maksudnya yaitu manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya.
-          Pengertian Cinta kasih
Cinta adalah sebuah perasaan suka ataupun senang terhadap seseorang ataupun sesuatu. Sedangkan Kasih adalah perasaan saying atau suka disertai pengorbanan yang tulus. Cinta kasih memiliki beberapa tingkatan yaitu, sebagai berikut :
1.      Tingkat pertama adalah cinta kasih kepada Allah dan rasulnya. Cinta kepada Allah dapat menjadi pendorong seorang manusia untuk mencintai sesama manusia, kepada binatang dan alam ciptaan allah. Cinta kepada rasul Allah. Cara kita untuk mencintai Allah dengan beribadah kepadanya, selalu mengingat Allah dengan berzikir, bersedekah dan lainnya dan mentaati segala perintahnya juga menjauhi segala larangannya. Cara mencintai rasul yaitu dengan kita bersholawat atas rasul Allah, mengikuti sunnahnya,dan senang mengetahui sejarah rasul Allah.  Sebagaimana yang terdapat pada surat Al- Imran (3:31)
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

2.      Tingkat kedua adalah cinta kasih kepada diri sendiri. Jika kita mencintai diri sendiri, kita akan terdorong untuk menjaga tubuh dan  kehormatannya. Cara kita mencintai diri sendiri yaitu dengan taat kepada Allah, selalu memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik, mensupport diri untuk selalu melakukan perbuatan baik dan masih banyak lagi cara kita mencintai diri sendiri. Hendaknya cinta manusia terhadap diri sendiri tidaklah berlebihan, cinta tersebut harus diimbangi dengan cinta pada orang lain dan cinta berbuat baik terhadap sesama makhluk.
3.      Tingkat ketiga yaitu cinta kasih kepada sesama makhluk, baik sesama manusia, binatang, dan alam semesta. Cinta terhadap sesama makhluk memiliki manfaat yaitu agar manusia dapat hidup dengan keharmonisan dengan manusia lain, binatang dan alam. Karena di dunia manusia tinggal bersama makhluk hidup lainnya.
Jadi, cinta kasih adalah  perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Cinta kasih yang disertai tanggung jawab dapat membentuk kedamaian antara manusia dengan tuhan, antara sesama manusia dan antara sesama makhluk hidup.
-          Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan adalah hal yang diciptakan manusia dalam memenuhi kehidupan yang baik dan harmonis. Kebudayaan terwujud lewat perilaku manusia, kebudayaan meliputi aturan-aturan berisi tindakan yang dapat diterima atau ditolak dalam sekelompok manusia, dan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan sekelompok manusia tertentu.



2.      Hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan





Manusia, cinta kasih dan kebudayaan berhubungan erat dalam suatu kehidupan yang kompleks. Manusia yang merupakan makhluk sosial, yang akan saling bergantung satu sama lain. Hingga terjadi sebuah interaksi antar sesama manusia. Interaksi yang berlangsung terus menerus dalam kehidupan manusia dapat menimbulkan rasa ingin berbagi, menolong dan berbuat baik kepada manusia lain. timbulnya rasa ingin berbagi, menolong dan berbuat baik merupakan beberapa perwujudan dari cinta kasih. Pada hakikatnya cinta kasih tidak pernah terlepas dari kehidupan seorang manusia, dengan adanya cinta kasih antar manusia, manusia dapat menimbulkan rasa saling menghormati, menyanyangi dan mengasihi satu sama lain. untuk mempertahankan cinta kasih terhadap sesama, manusia membentuk suatu aturan-aturan yang akan meeka lakukan agar rasa saling menghormati, menyanyangi dan mengasihi tersebut tidak pudar atau hilang. Aturan-aturan itulah yang dapat kita sebut dengan kebudayaan. Dimana pun manusia berintraksi disitulah cinta kasih dan kebudayaan tercipta.
3.      - Contoh Kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia 


Tatikolan (memotong ayam, sapi, kambing dan ikan) dikerjakan secara gotongroyong sehari sebelum hari H atau pelaksanaan nayuh (pesta), seperti yang dilakukan warga Lingkungan Simpangserdang Kecamatan Balikbukit. Gotong royong adat ini lah yang melekat pada masyarakat Lampung Barat, seperti halnya pada saat acara khitanan, nikah dan acara adat lainnya. acara tatikolan dilakukan setiap adanya acara nayuh, dimana semua saudara dan tetangga akan berdatangan untuk membantu memotong dan membersihkan untuk sayur pada pelaksanaan pesta sehari sebelumnya.
Tradisi seperti ini memang sudah turun temurun, menariknya saudara-saudara kami yang dari jauh akan berdatangan tanpa diberi tahu atau di undang. Inilah yang menunjukkan kekompakan masyarakat Lampung Barat untuk menjunjung tinggi adat istiadat
-          Contoh Kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap tuhan

Bagi masyarakat Jawa kuno yang masih memegang teguh prinsip Kejawen, gunung merupakan sebuah area suci tempat bersemayamnya para dewa dan roh leluhur. Begitu pula dengan orang-orang dari suku Tengger yang secara silsilah garis keturunan, masih kerabat dekat dengan orang Jawa. Bagi mereka, Gunung Bromo adalah simbol agung singgasana Sang Hyang Widhi. Gunung eksotik yang berada di Kabupaten Probolinggo tersebut, menjadi sebuah tempat sakral untuk memuja para dewa dan roh leluhur di masa lalu pada puncak perayaan ritual Yadnya Kasada. Ritual Yadnya Kasada adalah sebuah upacara adat umat Hindu Suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun pada hari keempat belas bulan Kasada. Upacara yang selalu berlangsung pada saat bulan purnama ini, sudah dilangsungkan sejak abad ke-14. Para masyarakat Tengger meyakini dengan menggelar ritual Yadnya Kasada ini mereka akan dijauhkan dari malapetaka dan ternak serta hasil buminya akan melimpah. Selain menjadi simbol tolak bala dan wujud rasa syukur warga suku Tengger kepada Sang Hyang Widhi, ritual ini juga menjadi wujud penepatan janji mereka kepada Raden Hadi Kusuma dan ke-24 orang anak Dewi Rara Anteng dan Raden Jaka Seger yang menjadi cikal bakal lahirnya nenek moyang mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...