Sabtu, 19 November 2016

TUGAS 3 IBD DIMAS KURNIAWAN




Nama               : Dimas Kurniawan Jonathan

Kelas               : 1PA12

NPM               : 12516048

Tugas IBD 3

1. Jelaskan pengertian manusia dan keadilan menurut pendapat kalian



Manusia
Menurut saya manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, memiliki akan budi dan kecerdasan yang tinggi. Manusia juga merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, setiap manusia pasti bergantung kepada orang lain dalam berbagai hal. Tidak ada manusia yang dapat hidup sendirian, oleh karena itu setiap manusia senantiasa berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.



Keadilan
Menurut saya keadilan adalah keselarasan atau perlakuan yang simbang antara hak dan kewajiban. Menurut saya sesuatu dikatakan adil apabila seseorang telah mendapatkan apa yang menjadi haknya sesuai dengan kewajiban yang sudah dilakukannya. Dalam arti luasnya sesuatu hal dianggap adil apabila orang atau pelaku yang bersangkutan sudah mendapatkan apa yang harusnya dia dapatkan atas apa yang dia lakukan.
Keadilan memberikan kebenaran, ketegasan, dan suatu jalan tengah dari berbagai persoalan, juga tidak memihak kepada siapapun. Dan bagi yang berbuat adil merupakan orang yang bijaksana. Ada beberapa macam keadilan yaitu :



òKeadilan Legal atau Keadilan Moral
Menurut plato keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyaraka yang adil, setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya. Pendapat plato itu disebut keadilan moral, sedangkan sunoto menyebutnya keadilan legal

òKeadilan Distributif
Aristotles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal – hal yang tidak sama secara tidak sama. Intinya adil tidak harus sama, contohnya A mendapatkan ranking 1 dikelas sedangkan B mendapatkan ranking 5 dikelas, ketika sang guru ingin memberikan hadiah untuk anak – anak yang mendapatkan ranking 10 besar maka mungkin hadiah yang diterima si A dan si B akan berbeda karena ranking si A lebih baik daripada ranking si B.

òKomulatif
Keadilan komulatif  bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Aristoteles berpendapat bahwa keailan itu merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrim menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.



2. Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan, dan keadilan



a. Cantumkan judul kasus     : Ketidakadilan Hukum

b. Buat sinopsis dari kasus yang dibahas



Sinopsis Film Don’t cry mommy


Ddon't-cry-mommy.png






Film Don’t Cry Mommy bercerita tentang seorang siswi SMA yang di perkosa oleh sekelompok teman lelaki sekelasnya. EunAh (Nam BoRa) adalah siswi baru di sebuah sekolah menengah atas yang sangat mencintai Ibunya. Bukan hanya cantik, ia juga pintar serta pandai memainkan alat musik. Selain itu, EunAh juga disukai oleh banyak warga sekolah.
Kemalangan menimpa EunAh ketika dirinya diminta oleh JoHan (Shin DongHo) menemuinya di atas gedung sekolah. Ternyata JoHan punya niat busuk di balik itu. Ia dan teman satu genk-nya berencana untuk memperkosa EunAh. Ketika telah sampai di tempat tujuan dan bertemu JoHan, EunAh kaget begitu mengetahui disana juga ada temen satu genk JoHan dan peristiwa malang pun menimpa EunAh.
Menerima pelecehan seperti itu bukan EunAh tak gusar. Ia marah, namun EunAh tak sanggup membalas perbuatan mereka ketika hukum membebaskan sekelompok anak laki-laki itu dari jerat hukum dengan alasan mereka masih di bawah umur. Jika hukum saja tak mampu mengadili kasusnya, bagaimana dengan dirinya sendiri? EunAh malang mulai putus asa, ia sedih dan juga dirundung rasa stress yang berkepanjangan. Ia tak mampu menahan kesedihannya melihat sang Ibu mengamuk ketika mendengar putusan hakim di pengadilan.
EunAh yang makin stress akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Lagi-lagi sang Ibu menuntut keadilan tapi hasilnya tetap saja nihil. Dan JoHan sendiri terlihat selalu menghindar jika dimintai pertanggungjawaban atas kasus itu. Kini sang Ibu bukan lagi geram, ia bahkan sudah bersumpah untuk membalas perbuatan anak-anak tersebut dengan tangannya sendiri. Hal itu dilakukannya setelah Ibu EunAh melihat video pemerkosaan yang ada di handphone sang putri.



c. Analisis yang menjadi akar permasalahan
Yang menjadi akar dari permasalahan adalah ketidaktegasan hukum yang berlaku di Korea. Dikisahkan di dalam film tersebut tokoh Eun Ah mengalami pelecehan seksual berupa pemerkosaan dari sekelompok teman laki – laki sekelasnya, namun pada akhirnya para laki- laki yang memperkosanya tidak diberikan hukam apa – apa, justru mereka dibebaskan dengan alasan masih dibawah umur. Padalah pemerkosaan yang mereka lakukan benar – benar keji dan dilakukan berkali – kali, namun hukum tetap tidak menindak tegas kasus tersebut.

d. Keadilan seperti apa yang diterapkan dalam kasus tersebut
Keadilan yang diterapkan dalam film tersebut adalah salah satu jenis keailan yang menurut teori Aristoteles disebut dengan keadilan kodrat alam yaitu perlakuan kepada seseorang yang sesuai dengan hukum alam atau maksudnya membalas perlakuan seseorang sesuai dengan apa yang telah orang itu lakukan. Singkatnya kebaikan dibalas dengan kebaikan, kejahatan dibalas dengan kejahatan, nyawa dibalas dengan nyawa. Dikisahkan dalam film tersebut akhirnya tokoh Eun Ah meninggal bunuh diri akibat kejadian yang dialaminya. Ibunya sangat amat terpukul dengan semua kejadian yang dialami anak perempuannya, terlebih saat sang ibu melihat telepon genggam milik anak perempuannya itu, disana ibunya melihat pesan berupa ancaman beserta video pemerkosaan yang dilakukan sekelompok anak laki – laki itu kepada anak perempuannya, akhirnya pada saat itulah sang ibu bertekat untuk membalas apa yang telah dilakukan sekelompok anak laki- laki itu terhadap Eun Ah hingga anak perempuannya itu bunuh diri. Akhirnya sang ibu membunuh semua anak laki – laki yang terlibat dalam kasus pemerkosaan tersebut.

Sumber  :
- http://gemintang.com/dunia-film-musik/dont-cry-mommy-seorang-ibu-yang-mencari-keadilan-untuk-putrinya/
- http://ilmubudayadasarardhi.blogspot.co.id/2012/11/manusia-dan-keadilan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...