Selasa, 01 November 2016

Manusia, Cinta Kasih dan Kebudayaan

TUGAS IBD 2
Nama: Adilla Novita
NPM: 10516168

Manusia merupakan mahluk hidup yang mampu berfikir, berjiwa, dan yang mampu memiliki keturunan. Maka dari itu manusia dapat di katakan sebagai mahluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial dengan manusia lain. Manusia adalah mahluk yang selalu membutuhkan orang lain untuk dapat bertahan hidup. Manusia memiliki keinginan biologis yang harus terpenuhi seperti keinginan untuk makan, bertahan hidup, menjaga diri, memiliki keturunan. Semua hal tersebut membuktikan bahwa seorang individu selalu membutuhkan individu lain sebagai bentuk upaya memenuhi keinginannya.
Cinta adalah rasa suka, rasa sayang ataupun rasa tertarik hatinya atau ingin memiliki antar individu. Sedangkan, kasih adalah perasaan sayang atau perasaan menyukai kepada atau menaruh kasih atau belas kasihan. Cinta dan kasih memiliki arti yang sangat dekat dan berhubungan, rasa kasih melengkapi rasa cinta. Makan dari itu cinta kasih dapat di artikan sebagai perasaan suka atau sayang antar individu yang disertai belas kasih.
Cinta memiliki 3 unsur tersendiri yaitu:
1.      Keterikatan, adanya perasasaan untuk selalu bersama, menjadikannya prioritas utama.
2.      Keintiman, kebiasaan atau tingkah laku yang menunjukan kedekatan
3.      Kemesraan, adanya rasa rindu ketika jauh atau ucapan ungkapan sayang
Cinta dan Kasih memiliki 3 tingkatan yaitu:
1.      Tingkat tinggi merupakan cinta kepada tuhan dan malaikatnya
2.      Tingkat menengah merupakan cinta kepada orang tua, anak, saudara, suami/istri
3.      Tingkat rendah merupakan cinta kepada keluarga, kerabat, harta, tempat tinggal

Secara sederhana cinta kasih adalah perasaan kasih sayang yang bersamaan dengan rasa kasih atau ketulusan dalam mennyukai atau mencintai seseorang atau benda yang dapat di ungkapkan dan dapat di pertanggungj jawabkan. Tanggung jawab disini di artikan yang baik, positif, bermanfaat, saling menguntungkan, keserasian, keseimbangan dan tentu kebahagiaan.
Kebudayaan adalah suatu kebiasaan atau cara hidup yang berkembang dalam masyarakat tertentu  bersama kelompoknya di miliki bersama dan di wariskan turun temurun dari generasi ke generasi seterusnya. Budaya terbentuk dari beberapa unsur yang cuup kompleks. Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan, struktut sosial bahkan religius dll. Kebudayaan memiliki 3 wujud antara lain:
1.      Sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Sifatnya abstrak, lokasinya ada dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup
2.      Suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam suat masyarakat
3.      Sebagai benda hasil karya manusia
Apa sih hubungannya?
Manusia yang merupakan mahluk sosial dapat berinteraksi sosial antarsesama manusia sehingga timbullah lingkaran pertemanan. Pertemanan antara individu yang berbeda menimbulkan adanya rasa kasih kepada sesama, menghargai antar teman. Berawal dari pertemanan yang cukup dekat, akan ada kemungkinan tumbuhnya rasa suka, rasa sayang, dan rasa mencintai seseorang. Dengan adanya kedekatan berlebih antar manusia tersebut, maka terjadilah pernikahan dan adanya akulturasi. Karena pertemanan yang terjadi dalam ruang lingkup itu tidak menutupi kemungkinan bahwa mereka berasal dari kebudayan yang berbeda2. Karena Indonesia sendiri merupaka negara yang terdiri dari banyak suku budaya. Maka perbedaan antara budaya dari orang yang saling berteman lalu saling mencintai itulah terjadi akulturasi. Maka saling menghargai dan menyukai antar manusia dalan unsur kebudayaan Manusia membutuhkan dukungan moral, pengakuan terhadap harga diri dan juga  kasih sayang orang lain
Perasaan yang ada pada diri manusia mampu menimbulkan seni dan cinta. Perasaan manusia seandiri terdiri atas:
1.      Perasaan Intelektual
Perasaan yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan
2.      Perasaan Estetis
Berkaitan dengan keindahan
3.      Perasaan etis
Berkaitan dengan kebaikan atau pun keburukan suatu hal
4.      Perasaan diri
Perasaan yang berkaitan dengan harga diri seseorang
5.      Perasaan sosial
Perasaan yang berkaitan dengan interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya
6.      Perasaan Religious
Perasaan antar manusia dengan tuhan
Berikut contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap tuhan:
Beberapa waktu lalu telah di temukan fenomena unik yaitu adanya tradisi “wanita melamar pria di lamongan”. Pada saat itu hal ini cukup menjadi viral di Indonesia, karna pada hakikatnya umumnya pria lah yang melamar wanita. Namun berbeda dengan tradisi di lamongan ini.


Ada satu pernikahan yang sempat menjadi viral, pernikahan sederhana yang dilangsungkan di tempat tinggalnya di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sesuai tradisi di Lamongan dan di beberapa daerah pesisi pantai utara, perempuan lah yang melamar laki-laki. Budaya ini terbilang unik di karenakan tidak lazimnya terjadi di daerah lain. Tradisi ini telah berjalan sejak dulu. Awalnya pengantin perempuan yang pertama kali menanyakan pada pihak pria. Bahkan beberapa ada yang membawa seserahan untuk sang pengantin pria. Setelah pihak perempuan melamar selanjutnya pihak laki-laki akan membalas kunjungan sambil memberikan jawaban atas lamaran dari sang wanita. Tidak jarang bahwa pihak wanita akan mendesak melalui seorang utusan atau pihak ketiga, saat pihak laki-laki tak kunjung membalas lamaran. Selanjutnya kedua belah pihak akan menyepakati waktu pernikahan.
Setelah di usut ternyata sejarahnya konon tradisi itu telah belangsung sejak masa pemerintahan Raden Panji Puspokusumo, penguasa Lamongan pada 1640-1665. Dalam kisahnya, beliau memiliki anak kembar bernama Raden Panji Laras dan Raden Panji Liris. Kedua pangeran tersebut hobi meyabung ayam. Suatu hari saat keduanya sedang mengikuti sabung ayam di daerah Wirosobo, ketampanan pangeran kembar itu menarik putri kembar raja Wirosobo. Kedua putri cantik itu pun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Kendati di anggap melanggar norma saat itu, Raja Wirosobo akhirnya melamar kedua pangeran kembar penguasa Lamongan itu. Desakan kedua putri kembar kesayangannya itulah yang membuatnya berani melanggar norma yang ada. Sejak saat itulah tradisi perempuan melamar laki-laki mulai di berlakukan. Budaya itu pun di anggap sebagai budaya leluhur yang tetap terjaga hingga kini.
Meskipun kebudayaan itu telah berjalan bertahun-tahun di daerah tersebut namun tetap saja akan terasa aneh bagi masyarakat daerah lain yang mendengarnya. Dan kemungkinan kebudayaan tersebut di anggap menyimpang dari hakikat laki-laki atau norma yang ada. Namun tetap saja seperti yang saya jelaskan di atas, kebudayaan merupakan tradisi atau hal yang terjadi secara turun-temurun di lingkungan masyarakat. Sama halnya dengan tradisi yang saya paparkan di atas. Tradisi harus tetap di jalani agar tetap dapat di lestarikan agar tidak punah tertelan oleh jaman yang sudah semakin modern ini. Rasa cinta manusia terhadap sesama, terhadap kebudayaan yang dimilikinya dan terutama kepada tuhan harus di pupuk agar semakin baik kedepannya.ketiga hal itu tidak dapat di leapskan hubungannya dengan manusia, karena ketiga hal itu merupakan unsur yang ada pada manusia. Tuhan sebagai penciptanya, kebudayaan sebagai disiplinnya atau norma adatnya, cinta kasih sebagai ungkapan perasaan manusia terhadap yang di sukainya.

Source:
http://gurupintar.com/threads/jelaskan-pengertian-manusia-sebagai-makhluk-sosial.1049/
http://dokumen.tips/documents/pengertian-manusia-secara-bahasa-dan-istilah.html
http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-manusia-sebagai-makhluk-individu-dan-makhluk-sosial/

http://m.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...