Jumat, 18 November 2016

ILMU BUDAYA DASAR JILID 3 SYARWAN HAMID

NAMA                : Syarwan Hamid Pamungkas
KELAS              : 1 PA 12
NPM                   : 17516256





UNIVERSITAS GUNADARMA
2016

Tugas!

1.      Jelaskan pengertian manusia dan keadilan menurut pendapat anda sendiri.

v  Menurut pendapat saya, manusia adalah mahluk hidup berkaki dua dengan sedikit berbulu yang mempunyai tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh. Manusia sebagai mahluk mamalia juga mempunyai akal pikiran dan juga perasaan. Dan didalam jiwa manusia juga tedapat dua hal, yaitu rohani dan jasmani. Manusia juga merupakan mahluk paling sempurna diseluruh alam semesta, karena manusia dibekali akal yang mampu membedakan mana baik dan mana yang buruk. Dan menurut para ahli, manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya.

v  Sedangkan keadilan, menurut saya keadilan adalah suatu keseimbangan antara yang hak dan kewajiban. Dan keadilan juga adalah sebuah perlakuan terhadap segelintir orang ataupun kelompok dengan memberrikan apa yang sudah menjadi haknya dan juga tidak lupa untuk mengingatkan apa yang sudah menjadi kewajibannya.



2.      Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan dan keadilan (kasus dalam kehidupan nyata ataupun dalam sebuah film).

DISTRICT 13 ULTIMATUM (film)
Kematian Taha Bemamud yang menjadi penguasa di daerah kumuh yang disebut District 13 ternyata tak mampu membuat wilayah kumuh ini jadi aman. Kosongnya kekuasaan membuat lima kelompok etnis di sana saling berperang memperebutkan kursi kekuasaan yang ditinggalkan Taha.
Pemerintah Perancis sudah tidak menganggap wilayah kumuh ini berguna dan berencana untuk membumihanguskan wilayah ini bila para penghuninya tak mau tunduk pada hukum yang berlaku di Perancis. Ini artinya, beberapa warga yang sebenarnya tak pernah berbuat melanggar hukum dan hanya terpaksa tinggal di sana karena keadaan harus menjadi korban tak bersalah.
Kini harapan seluruh warga District 13 bergantung pada Damien (Cyril Raffaelli) dan Leito (David Belle). Dua orang inilah yang tiga tahun sebelumnya berhasil menumbangkan kekuasaan Taha Bemamud yang berkuasa di District 13. Sayangnya ada campur tangan pihak lain yang berusaha mengambil keuntungan dari pemusnahan District 13. Bila Damien dan Leito tak berhasil meyakinkan kelima para 'petinggi' lima kelompok etnis di wilayah kumuh ini untuk bersatu, maka tak ada lagi harapan buat distrik ini.

Ø  Sinopsis film DISTRICT 13 ULTIMATUM adalah tentang seorang polisi yang sudah memiliki jabatan tinggi (Damien Tomasso) dan seorang temannya (Leito David), dua tahun lalu mereka bekerjasama untuk melindungi district 13 yakni sebuah kawasan yang syarat akan peredaran narkoba, obat-obatan terlarang dan para anggota geng dan pembunuh sadis.
Kali ini mereka kembali bersatu untuk menyelamatkan kota itu. Keadaan kota yang buruk tersebut kian di perparah dengan adanya konspirasi antara sekelompok penegak hukum dengan wakil rakyat yang bertujuan untuk membumihanguskan kota itu demi mengeruk keuntungan dari pembangunan kembali kota itu. Berpacu dengan waktu, Damien Tomasso dan Leito David, berusaha mati-matian menciptakan kedamaian di District 13 sebelum proposal penghancuran dengan senjata nuklir dikabulkan.

Ø  Akar permasalahan yang menjadi penyebab dari film di atas adalah sebuah kota kumuh yang bernama District 13 telah menjadi markas atau tempat para pengedar narkoba serta para anggota geng yang membunuh dengan sadis. Dan konspirasi para elit politik yang mencoba untuk memanfaatkan dengan cara meraup keuntungan dari penghancuran kota tersebut juga malah ikut menambah kekacauan.

Ø  Menurut saya, keadilan yang di terapkan dalam kasus tersebut tidak tampak jelas dengan apa yang dijelaskan. Meski para elit politik dan para penegak hukum tengah mengkonspirasi keadaan tersebut dan mencoba untuk meraup keuntungan, tapi di sisi lain, niat untuk membangun kembali kota yang kumuh menjadi kota yang baru, kota yang aman untuk di tinggali, kota yang nyaman untuk di tempati, adalah suatu keadilan yang harus di dapatkan oleh masyarakat di kota District 13.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...