Minggu, 20 November 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 3#

( Materi Manusia dan Keadilan )
Nama  : Aqila Shabirah   
NPM : 11516002
 


1. Pengertian Manusia dan Keadilan Menurut Saya

Menurut pendapat saya, keadilan adalah suatu hal yang berhubungan dengan sikap dan tindakan antar manusia yang berisi ketentuan yang harus dilakukan sesama manusia sesuai hak dan kewajiban. Manusia yang merupakan masyarakat Indonesia juga dituntut menjadi manusia yang adil, tuntutan itu terdapat dalam sila kedua Pancasila “ Kemanusiaan yang adil dan beradab” menunjukkan sikap dan perbuatan manusia yang sesuai dengan kodrat hakikat manusia berdasarkan atas nilai dan norma moral.


Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan kesadaran akan sikap dan perbuatan yang disadarkan budi nurani manusia serta norma-norma baik terhadap diri sendiri, sesama manusia maupun terhadap lingkungannya.
Keadilan dalam kehidupan manusia sangat berprinsip dan di manapun tidak mengenal waktu dan tempat, selalu di perjuangkan. Keadilan adalah bagian dari hak asasi yang telah dimiliki manusia sejak di lahirkan tanpa perbedaan. Manusia tidak dapat dipisahkan dari keadilan, karena dengan keadilanlah manusia dapat mempertahankan hidupnya.
  
2. Film yang terkait :
 
Silenced (2011)


Sinopsis :
Mengisahkan tentang sebuah sekolah bernama Ja Ae yang terletak di sebuah kawasan Gwangju, Korea Selatan. Nyatanya sekolah tersebut bukanlah sekolah biasa seperti sekolah-sekolah lainnya. Karena skolah Ja Ae adalah sebuah sekolah khusus yang diisi oleh para murid berkebutuhan khusus. Karena semua murid yang bersekolah di Ja Ae adalah para tuna rungu. Sekolah itu sendiri merupakan sekolah turun temurun yang diwariskan kepada setiap anggota keluarga terpilih. Kali ini sekolah tersebut diwariskan kepada salah satu anggota keluarga yang menjadi kepala sekolah. Nyatanya kepala sekolah tersebut memiliki saudara kembar yang juga bekerja di sekolah tersebut. Dimana sang saudara kembar menjadi kepala bagian  dari sekolah. Bisa dibilang kepala sekolah dan saudara kembarannya memiliki kemiripan wajah yang sulit dibedakan. Sehingga banyak orang yang sulit sekali untuk membedakannya. Kepala sekolah sendiri dikenal dengan sifatnya yang baik hati dan juga dermawan. Membuat banyak orang segan dengan kepala sekolah tersebut termasuk para murid sekolah tersebut. Sedangkan saudara kembarnya sendiri memiliki sifat yang misterius dan juga sulit ditebak oleh orang lain. disisi lain ada seorang pemuda bernama Kang In Ho. Kang In Ho sendiri adalah seorang guru seni yang mengerti bahasa isyarat. Karena itulah kemudian sekolah Ja Ae tertarik untuk menjadikan Kang In Ho sebagai guru di sekolah tersebut. Nyatanya tawaran tersebut disambut baik oleh Kang In Ho. Ia kemudian memutuskan untuk pindah dari sekolah lamanya menuju ke sekolah Ja Ae. Awalnya Kang In Ho menduga bahwa sekolah tersebut memiliki hal baik seperti reputasi baik yang selama ini ia mengerti. Namun kenyataan yang sebenarnya jauh dari harapan Kang In Ho. Karena ternyata banyak siswa di sekolah tersebut yang mengalami trauma berat. Hal tersebutlah yang kemudian membuat Kang In Ho berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di sekolah tersebut.


( salah satu siswa yang direkam oleh Kang In Ho yang diminta menceritakan kejadian yang membuatnya trauma)


( ketika di pengadilan, teman guru Kang, Ye Jin mendekap salah satu siswa yang menjadi korban agar tidak mendengar perkataan yang buruk )

-  Akar permasalahan yang terdapat dalam kasus di film ini
Anak-anak yang seharusnya gembira dan bahagia harus bersedih karena mereka mengalami pelecehan seksual dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Ancaman ini harus menjadi perhatian kita sebagai orangtua untuk perlu semakin mempersiapkan diri bukan hanya agar anak kita terhindar dari pelecehan seksual, tetapi juga menerima atau mengetahui dengan cepat jika suatu saat anak kita atau anak dari keluarga yang kita kenal mengalami pelecehan seksual.
Kekerasan seksual terhadap anak adalah kontak atau interaksi anak dan orang dewasa, dimana anak digunakan untuk mendapat kepuasan seksual oleh orang dewasa atau orang lain. Biasanya, penganiayaan seksual dilakukan oleh orang yang lebih tua dari korbannya, atau yang memiliki posisi lebih tinggi dari anak tersebut, jenis kelamin berbeda bisa juga sama, aktivitas seksual tidak sesuai dengan umur anak, terdapat unsur paksaan, tekanan, ancaman atau harus merahasiakan dan sering disertai penganiayaan fisik.
Berdasarkan Film ini, akar permasalahannya yaitu tentang kasus kekerasan seksual pada para siswa yang dilakukan oleh para pegawai yang berada di sekolah tersebut, yakni kepala sekolah, kepala admin yang merupakan saudara kembarnya dan salah satu bapak guru. Dimana seorang guru baru, yaitu guru Kang yang awalnya merasakan adanya keanehan lingkungan sekolah Ja Ae dan beberapa siswanya yang telah menjadi korban kekerasan seksual oleh tiga pegawai sekolah tadi, yaitu Yoo Ri , Yeon Doo dan Min Soo dan guru Kang menguak kasus pelecehan seksual yang ditutupi oleh pihak sekolah itu. Anak-anak itu mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dilakukan seorang kepala sekolah dan pegawai sekolahnya. Anak-anak tuna rungu itu dianggap seperti binatang yang sewaktu-waktu dapat membantu memuaskan hasrat birahi mereka. Anak-anak yang jauh dari orangtuanya, bahkan ada yang yatim piatu harus menyimpan rasa sakit dan trauma yang mendalam sendiri selama bertahun-tahun lamanya. Dengan dibantu guru Kang dan Ye Jin, tiga anak itu mendapatkan perlindungan dan pengajuan hak ke pengadilan.
-          Keadilan yang diterapkan dalam film ini
Didalam film ini, guru Kang dan Ye jin mengugat ketiga pegawai sekolah itu ke pengadilan atas tindakan asusila mereka terhadap ketiga anak didik mereka. Di sela persidangan, para keluarga kepala sekolah dan pengacaranya selalu berusaha mencari cara untuk memenangkan kasus pelecehan tersebut. Mereka melakukan penyuapan uang kepada keluarga anak-anak tersebut, mereka juga sempat menyuap guru Kang agar mencabut gugatannya akan tetapi guru Kang menolak. Karena guru Kang menolak, mereka bersikeras mencari cara hingga mereka tak segan-segan  menyuap oknum aparat polisi, juga pengacara In Ho dan Ye Jin dalam persidangan. Sayang sekali, kasus ini ditutup dengan ketidak-adilan dari semua pihak. Orang - orang bersalah yang melakukan pelecehan seksual hanya mendapat hukuman penjara dalam kurun waktu yang pendek. Karena mereka memiliki uang dan menyogok banyak pihak. Termasuk pengacara dari pihak In Ho dan Yoo Jin, pengacara itu tega berkhianat dan memihak kepada pihak yang bersalah.
Berdasarkan analisis saya, keadilan yang diterapkan dalam film Silenced ini yaitu  dimana yang menang selalu orang yang  berkuasa. Uang, uang dan uang. Dan dengan uang, hukum pun bisa dibeli. Sungguh miris! Sebuah potret yang sangat mirip dengan hukum keadilan di negeri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...