Rabu, 02 November 2016

TUGAS IBD 2 Iva Dhiandra Ritmayola

Iva Dhiandra Ritmayola
1PA12 / 13516628

1. Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat Anda sendiri!
Kata manusia berasal dari Bahasa sansekerta yaitu manu, atau mens/homo dari Bahasa latin yang berarti berpikir, berakal budi.Manusia disebut sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna karena manusia mempunyai akal budi yang diberikan oleh Tuhan agar mampu membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar, juga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi pemimpin di muka bumi ini. Selain itu juga manusia juga disebut sebagai “makhluk sosial” yaitu dimana manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan hidup berdampingan antara individu satu dengan individu yang lain.
Cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu wujud untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anak nya. Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab dengan rasa ketulusan.
Kata kebudayaan berasal dari kata budh dalam bahasa Sansekerta yang berarti akal, kemudian menjadi kata budhi (tunggal) atau budhaya (majemuk), sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil pemikiran atau akal manusia. Kebudayaan adalah hasil karya, rasa, dan cipta manusia yang terus menerus berlangsung dan lama kelamaan mengatur hidup manusia.

2. Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan!
a. Hubungan manusia dengan cinta kasih
Setiap manusia haruslah memiliki rasa cinta dan kasih dalam dirinya. Dengan adanya cinta kasih suatu hubungan antar makhluk hidup berjalan harmonis. Sebuah perbuatan dengan dilandaskan cinta kasih dapat menimbulkan dampak yang baik dan positif bagi makhluk hidup. Lain halnya dengan yang tidak ada cinta kasih, semua yang dilakukan terasa sangat berat dan beban. Semua yang dijalani tanpa cinta kasih akan menjadi hal yang tidak baik, tidak adanya rasa tulus, tidak adanya rasa saling pengertian dan kurangnya rasa simpati di dalam diri manusia. Ini dapat menimbulkan hubungan yang tidak sehat antara satu manusia dengan yang lain.
            Oleh karena itulah manusia dan cinta kasih kepada kehidupan manusia sangat di perlukan. Agar suasana lingkungan sekitar kita tinggal terasa nyaman dan menimbulkan kehidupan rukun dan damai. Dalam kehidupan manusia tidak lepas dari cinta kasih antara sesama manusia, seperti contohnya cinta kasih seorang ibu dengan anaknya, seorang sahabat yang selalu menemani disetiap saat dan rasa simpati dan empati muncul karena adanya cinta kasih antara sesama manusia.
b. Hubungan manusia dengan kebudayaan
Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Manusia itu tidak lepas dari kebudayaan. Karena kebudayaan adalah ciri khas dari suatu masyarakat. Kebudayaan merupakan identitas dari masyarakat dapat berupa suatu tradisi, hasil karya, adat istiadat, dll.
            Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Secara sederhana hubungan antara manusia dengan kebudayaan ketika manusia sebagai perilaku kebudayaan,dan kebudayaan tersebut merupakan objek yang dilaksanakan sehari-hari oleh manusia.
Contoh-Contoh Hubungan Antara Manusia dengan Kebudayaan :       
1. Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan
Contoh: Adat-istiadat melamar di Lampung dan Minangkabau. Di Minangkabau biasanya pihak permpuan yang melamar sedangkan di Lampung, pihak laki-laki yang melamar.
2.Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda ( urban dan rural ways of life)
Contoh: Perbedaan anak yang dibesarkan di kota dengan seorang anak yang dibesarkan di desa. Anak kota bersikap lebih terbuka dan berani untuk menonjolkan diri di antara teman-temannya sedangkan seorang anak desa lebih mempunyai sikap percaya pada diri sendiri dan sikap menilai ( sense of value).
3.Kebudayaan-kebudayaan khusus kelas sosial
Di masyarakat dapat dijumpai lapisan sosial yang kita kenal, ada lapisan sosial tinggi, rendah dan menengah. Misalnya cara berpakaian, etiket, pergaulan, bahasa sehari-hari dan cara mengisi waktu senggang. Masing-masing kelas mempunyai kebudayaan yang tidak sama, menghasilkan kepribadian yang tersendiri pula pada setiap individu.
4.Kebudayaan khusus atas dasar agama
Adanya berbagai masalah di dalam satu agama pun melahirkan kepribadian yang berbeda-beda di kalangan umatnya.
5.Kebudayaan berdasarkan profesi
Misalnya: kepribadian seorang dokter berbeda dengan kepribadian seorang pengacara dan itu semua berpengaruh pada suasana kekeluargaan dan cara mereka bergaul. Contoh lain seorang militer mempunyai kepribadian yang sangat erat hubungan dengan tugas-tugasnya. Keluarganya juga sudah biasa berpindah tempat tinggal.

3. Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan!

Tari Zapin
Tari Zapin adalah sebuah tarian yang mengiringi musik qasidah dan gambus. Tari Zapin diperagakan dengan gerak tubuh yang indah dan lincah. Musik yang mengiringinya berirama padang pasir atau daerah Timur Tengah. Tari Zapin biasa dipentaskan pada upacara atau perayaan tertentu misalnya : khitanan, pernikahan dan peringatan hari besar Islam lainnya.



Selikuran
Selikuran berasal dari kata selikur yang dalam bahasa Indonesia berarti 21. Setiap pada tanggal 21 Ramadhan di kota Surakarta dan Yogyakarta diadakan upacara Selikuran untuk menyambut malam lailatul qodar dengan membuat makanan berupa nasi untuk dibagikan kepada masyarakat.



Nyadran
Istilah nyadran berasal dari kata sadran dalam bahasa Jawa yang artinya ziarah, dalam bahasa kawi dari kata sraddha yang artinya upacara peringatan hari kematian seseorang.
Nyadran adalah tradisi Jawa yang bertujuan untuk menghormati orang tua atau leluhur mereka, dengan melakukan ziarah kubur dan mendoakan arwah mereka. Di daerah lain nyadran diartikan sebagai bersih makam para leluhur dan sedulur (saudara), kemudian bersih desa yang dilakukan dari pagi sampai menjelang dzuhur.



Lebaran Ketupat
Lebaran ketupat disebut juga dengan Bakda Kupat dilaksanakan seminggu setelah pelaksanaan hari raya Idul Fitri. Ketupat adalah jenis makanan yang dibuat dari beras dengan janur (daun kelapa yang masih muda) dan dibentuk seperti belah ketupat.
Ketupat sendiri mengandung arti menawi lepat nyuwun pangapunten, artinya : jika ada salah minta ma’af. Lebaran ini juga dilaksanakan masyarakat muslim di Lombok, Nusa Tenggara Barat.




Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...