Rabu, 02 November 2016

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 2 SALSABILA

Manusia, Kebudayaan dan Cinta Kasih


Nama : Salsabila ( 16516784 )
Kelas  : 1PA12

1 
1.      Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat Anda sendiri.
·         Manusia adalah makhluk yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh, dan makhluk yang paling sempurna, jika di bandingkan dengan makhluk lain. Kesempurnaan manusia terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi akal dan perasaan. Manusia juga merupakan makhluk sosial. Sesama manusia kita akan saling membutuhkan, karena manusia tidak dapat hidup secara individualisme tanpa bantuan dari manusia lainnya. Berikut beberapa pengertian manusia menurut para ahli:
1)      Paula J. C. & Janet W. K.
Menurut Paula J. C. & Janet W. K. Manusia merupakan makhluk yang terbuka, bebas memilih makna di dalam setiap situasi, mengemban tanggung jawab atas setiap keputusan, yang hidup secara berkelanjutan, serta turut menyusun pola hubungan antar sesama dan unggul multidimensional dengan berbagai kemungkinan.

2)      Omar Mohammad Al – Toumi Al – Syaibany
Menurut Omar Mohammad Al – Toumi Al – Syaibany, pengertian manusia adalah makhluk yang mulia. Masuia merupakan makhluk yang mampu berpikir, dan menusia merupakan makhluk 3 dimensi (yang terdiri dari badan, ruh, dan kemampuan berpikir / akal). Manusia di dalam proses tumbuh kembangnya dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan.

3)      Kees Bertens
Menurut Kees Bertens, manusia adalah setiap makhluk yang terdiri dari dua unsur yang satuannya tidak dapat dinyatakan dalam bentuk apapun.

4)      Upanisads
Menurut Upanisads, manusia merupakan sebuah kombinasi dari beberapa unsur kehidupan seperti roh (atman), pikiran, jiwa, dan prana (tubuh / fisik).

5)      Abineno J. I
Menurut Abineno J. I, manusia adalah “tubuh yang dilengkapi dengan jiwa / berjiwa” dan bukan “jia abadi yang berada atau pun yang terbungkus di dalam sebuah tubuh / badan yang fana / tidak nyata”.

6)      I Wayan Watra
Menurut I Wayan Warta, manuisa merupakan makhluk yang dinamis yang menganut trias dinamika yaitu cipta, karsa, dan rasa.

7)      Erbe Sentanu
Menurut Erbe Sentanu, manusia merupakan makhluk sebaik – baiknya yang diciptakan oleh Tuhan. Bahkan, dapat dikatakan manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk citaannya yang lain.

8)      Agung. P. P.
Menurut Agung P. P., Manusia dapat diartikan sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, yang tersusun atas kesatuan fisik, ruh / jiwa, dan akal pikiran yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan lingkungannya.
·         Cinta kasih, menurut saya cinta kasih adalah dua kata yang memiliki arti atau definisi yang berbeda tetapi memiliki 1 makna yang kuat. Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
·         Kebudayaan, menurut saya kebudayaan adalah suatu hasil dari karya yang dihasilkan oleh manusia. Kebudayaan terkadang banyak terdapat unsur-unsur religi ataupun unsur kemasyarakatannya.  Pengertian Kebudayaan secara umum adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan. Menurut definisi Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkannya dengan belajar dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat. 

2.      Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan!
Manusia menciptakan kebudayaan, kebudayaan tersebut yang mengatur kehidupan manusia, dan manusia harus mencintai kebudayaan tersebut. Kebudayaan yang diciptakan oleh manusia tentunya akan dicintai oleh mereka sendiri. Dari awal tercipatnya kebudayaan disaat manusia hanya saling menuangkan ide ada yang ada di dalam pikirannya bisa sekaligus menumbuhkan rasa cinta kasih kepada sesama, kebudayaan yang tercipta harus dapat menyesuaikan dengan pola hidup manusia yang berbeda-beda. Terciptanya berbagai jenis kebudayaan berbeda juga dapat menyatukan manusia-manusia yang biasanya akan menjalin kasih melalui kebudayaan. Adanya perbedaan kebudayaan dapat melengkapi kebudayaan yang masih memiliki kekurangan di beberapa aspek tertentu. Sehingga manusia akan saling membantu untuk melengkapi kebudayaan tersebut.

3.      Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan!
Tradisi Grebeg Maulid Keraton Yogyakarta
Garebeg atau lebih sering disebut grebeg adalah acara budaya yang rutin diadakan oleh Keraton Kesultanan Yogyakarta setiap bulan Rabiul Awal penanggalan Hijriyah. Sesuai namanya maulid yang berarti hari lahir, acara ini diadakan utuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam rangakaian acara ini diarak tujuh gunungan besar yang terdiri dari buah-buahan serta hasil panen lainnya. Hal ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas kelimpahan hasil bumi yang telah diberikan, serta bentuk sedekah raja kepada rakyatnya. Tujuh gungan tersebut terdiri dari tiga gunungan kakung (laki-laki), satu gunungan putri (perempuan), satu gunungan gepak (pekat), satu gunungan pawuhan (pembuangan sampah), dan satu gunungan dharat (tanah).
Perayaan Grebeg diawali dengan upacara pemberangkatan dari pergelaran Keraton Yogyakarta. Acara biasanya dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah acara pembukaan dan doa selesai, maka iring-iringan pun  mulai berjalan keluar Keraton. Mula-mula diawali oleh barisan prajurit lombok abang. Kemudian abdi dalem, dan disusul gunung-gunungan besar yang dibawa oleh beberapa orang. Ketujuh gunungan tersebut dikawal oleh 12 bregodo (regu prajurit Keraton). Gunung-gunungan tersebut akan dibaggi menuju tiga lokasi yaitu Majis Gede Kauman, Puro Pakualaman, serta Kantor Kepatihan. Dalam perjalanan keluar dari Keraton, panitia harus bersusah payah menerobos lautan manusia untuk membuka jalan dikarenakan acara grebeg selalu menarik ribuan pengunjung untuk datang menyaksikan secara langsung, terutama di kawasan Keraton dan alun-alun utara. Walaupun panas sangat terik, masyarakat rela berdesak-desakan untuk bisa menyaksikannya.
Setelah gunungan tiba, baik di Masjid Gede Kauman, Puro Pakualaman, maupun Kepatihan, makan akan dilakukan ritual doa. Hal ini untuk menunjukkan rasa syukur dan kerendahan manusia dihadapan Yang Maha Agung. Segera setelah doa selesai maka gunungan tersebut akan langsung diserbu warga untuk mengambil hasil bumi yang terdapat pada gunungan. Dalam hitunan menit pun gunungan tersebut akan habis dan tinggal menyisakan rangka bambu. Sebagian warga masih percaya bahwa jika mendapat sesuatu dari gunungan tersebut, makan akan membawa keberkahan bagi kehidupan dan rejeki.


 DAFTAR PUSTAKA

http://pengertiandefinisi.com/pengertian-manusia-menurut-para-ahli/
https://www.academia.edu/8556214/Ilmu_Budaya_Dasar_Manusia_dan_Cinta_Kasih?auto=download
http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-kebudayaan-definisi-para-ahli.html#
http://jogjapedia.net/acara-budaya/tradisi-grebeg-maulid-keraton-yogyakarta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...