Rabu, 02 November 2016

TUGAS IBD2



Nama               : Ni Made Dewi Puspa Rahayu
No.NPM         : 15516393

Pengertian manusia
Manusia adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa hidup di dunia dan satu-satunya mahkluk hidup yang mempunyai kemampuan kognitif.Manusia adalah mahkluk sosial,mahkluk yang tidak bisa melakukan semua sendiri,harus ada interaksi dengan orang atau mahkluk hidup disekitarnya agar bisa saling membantu dan mengasihi satu sama lain.
Pengertian cinta kasih
Cinta kasih adalah suatu bentuk perasaan manusia yang mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata. Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
Pengertian Kebudayaan
Menurut Koentjaraningrat ada tujuh unsur kebudayaan universal yaitu
Bahasa
1.Sistem Pengetahuan
2.Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial
3.Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi
4.Sistem Mata Pencaharian Hidup
5.Sistem Religi
6.Kesenian
Semua unsur-unsur tersebut berasal dari perilaku manusia.Manusia yang menciptakan kebudayaan.Kebudayaan berasal dari manusia sendiri.Kebudayaan adalah suatu bentuk perilaku manusia yang tanpa batas dan terus berkembang.Perilaku yang ditimbulkan antar manusia dan manusia,manusia dengan Tuhan,manusia dengan hewan bahkan manusia kepada benda mati.
Jelaskan Hubungan cinta kasih,manusia dan kebudayaan
Kebudayaan tercipta karena adanya manusia.Manusia menghasilkan kebudayaan karena adanya cinta kasih.
Manusia mahkluk yang satu-satunya mempunyai kognitif.Dengan kognitif jiwa manusia dapat disalurkan oleh perilaku-perilakunya.Sebagai mahkluk sosial,manusia membutuhkan interaksi dengan orang lain dan bantuan hingga kasih sayang manusia lain agar bertahan hidup.Interaksi satu sama lain tersebut menimbulkan adanya cinta kasih.Cinta(suatu bentuk perasaan) kasih (suatu perilaku yang dikeluarkan melalui tindakan) dapat menimbulkan kebudayaan-kebudayaan yang ada.Orang yang mempunyai rasa cinta kasih terhadap orang lain ada rasa ingin melindungi,memberi,menyayangi dengan itulah muncul kebudayaan sebagai bentuk cinta kasih terhadap satu sama lain.
Kaitan kebudayaan dengan cinta kasih dan Tuhan
Cinta kasih tidak hanya digambarkan suatu bentuk yang dibentuk untuk anatara laki-laki dan perempuan yang sedang jatuh cinta saja tetapi cinta kasih adalah suatu bentuk universal.Suatu bentuk universal karena bisa untuk sahabat,teman,keluarga,bahkan untuk orang yang bernasib sama atau mempunyai latar belakang yang sama.Cinta kasih timbul karena saling memberi,jika memberi berarti cinta itu ikhlas.
Dalam cinta kasih terdapat pula rasa kasih sayang, dan kemesraan, belas kasih dan pengabdian, yang dapat diuraikan dalam berbagai bentuk sebagai berikut :
1.Mencintai diri sendiri berarti rasa ingin melindungi diri sendiri agar bisa bertahan hidup.
2.Cinta sesama manusia merupakan tindakan yang ikhlas dari hati nurani karena manusia adalah mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain.
3.Cinta kepada tuhan,cinta yang ikhklas tanpa adanya dorangan untuk selalu mencintai dan memberi kesetiaan(dalam bentuk pemujaan atau doa)kepada Tuhan yang sudah memberi kehidupan.
Contohnya
Dibali ada banyak tarian yang menggambarkan cinta kasih sesama mahkluk hidup yang diciptakan oleh manusia untuk unsur keiindahan dan seni,misalnya,Tari Cendrawasih Bali yang menggambarkan keindahan burung Cendrawasih yang bertebangan di angkasa. Tari Cendrawasih ditarikan oleh 2 orang wanita dewasa. Satu memerankan burung Cendrawasih jantan dan satunya lagi cendrawasih betina.Tarian ini menceritakan kegiatan burung cendrawasih yang sedang jatiuh cinta satu sama lain dan digambarkan lewat tarian.Lewat tarian ini pun Tarian ini juga dipersembahkan untuk Tuhan di acara-acara ritual tertentu sebagai kepercayaan agama Hindu.
Dengan adanya seni tarian ini pula,ada rasa ingin menurunkan ke generasi selanjutnya dan rasa ingin memberi adalah salah satu wujud cinta kasih juga.






Daftar pustaka:
Gambar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixHWplvRlxhnrnJTmNBlxqLJNu1G3K1gsnZZoNcyd2RVPJnxaw3T7hRQNi3g7iOc2MOVDppe4Ac4Py9KDYUJH1lsc8f8JfEtiLQiP6Vvwguh64khvCJuC8BKT2Bz5WEbGFIs_sLszTcgCk/s1600/cendrawasih.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...