Rabu, 02 November 2016

Tugas Ilmu Budaya 2

Nama               : Sekar  Mulianingrum Hanafiah
NPM               : 16516893
Kelas               : 1PA12

Tugas Ilmu Budaya 2

  • 1.      Jelaskan pengertian  manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri!

a.       Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk lain. Manusia merupakan makhluk tiga dimensi; yang terdiri dari badan atau jasad,  ruh, dan kemampuan berpikir atau akal. Dengan akalnya manusia mampu mempelajari sesuatu dan menerapkan apa yang ia pelajari dalam kehidupannya.

Manusia mampu  memilih makna dalam setiap situasi dan mampu mengemban tanggung jawab atas semua keputusan yang telah ia ambil. Setiap manusia pasti memiliki kewajiban yang harus ia jalankan untuk menjalankan kehidupannya. Sebagai contoh, manusia dewasa harus bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri atau yang hidup bersamanya agar tidak sakit dan  perlahan mati jika tidak mendapatkan  pengobatan yang seharusnya didapatkan.


Dalam kehidupannya, manusia hidup secara berkelanjutan serta ikut ambil bagian dalam menyusun pola hubungan antar manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang berarti manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain dan selanjutnya komunikasi ini dapat berbentuk kelompok. Manusia manapun tidak mungkin menyangkal karakteristiknya sebagai makhluk sosial. Hanya untuk melengkapi kebutuhannya manusia pasti membutuhkan  manusia lain, dan untuk menyampaikan maksudnya seorang manusia harus berkomunikasi dengan manusia lain.

Manusia secara biologis disebut dengan istilah Homo sapiens yang diambil dari bahasa latin yaitu manusia yang tahu. Manusia memiliki otak yang memiliki kemampuan tinggi. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan serta faktor genetik. Manusia adalah makhluk hidup artinya manusia harus beradaptasi dengan lingkungannya untuk bertahan  hidup.  Saat tumbuh, manusia beradaptasi dengan lingkungannya sehingga ia dapat diterima oleh masyarakat dan sebab itulah karakter manusia itu terbentuk.

b.      Cinta adalah rasa sangat suka, sangat sayang, sangat mengasihi atau  sangat tertarik hatinya dan arti kata kasih ialah perasaan sayang atau menaruh  perasaan belas kasihan.

Rumi sang penyair menyatakan bahwa cinta ialah inti dari segala bentuk kehidupan. Dengan cinta yang seharusnya, manusia dapat menjalani kehidupan yang indah dan bermakna.


Manusia sering menyangkal bahwa tanpa cinta manusia bisa tetap hidup normal. Tanpa cinta, manusia bahkan  tidak akan tercipta. Cinta memiliki andil besar dalam kehidupan manusia. Dengan cinta, manusia mampu menjalani hidupnya dengan lebih bahagia, lalu kebahagiaan tersebut membuatnya melakukan pekerjaannya dengan sangat baik untuk membahagiakan orang lain.

c.       Kebudayaan merupakan kelakuan manusia yang didapatkannya saat manusia mempelajari sesuatu yang tersusun dalam kehidupannya bermasyarakat.

Selama manusia ada, maka kebudayaan akan selalu ada. Manusia sebagai pembentuk kebudayaan berperan besar terhadap pembangunan suatu bangsa. Apabila suatu bangsa sudah maju kebudayaannya maka bangsa tersebut bisa memajukan negaranya. Contohnya seperti suatu bangsa yang memiliki budaya selalu menghormati orang tua


  • 2.      Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan!

Manusia adalah makhluk yang tiga dimensi yang menciptakan peraturan dengan menggunakan akalnya yang begitu sempurna dibandingkan makhluk-makhluk lain. Peraturan diciptakan dengan tujuan untuk membina manusia agar lebih tertib.
Kadang kala, cinta dapat menyesatkan manusia. Hal itu membuat manusia menjadi liar dan tidak terkontrol. Manusia seperti itu tak mampu lagi melihat kebenaran, maka diciptakanlah peraturan untuk membatasi manusia agar tetap pada jalur yang seharusnya. Manusia kadang mengulangi kesalahannya, maka peraturan itu diteruskan untuk menjaga stabilitas kehidupan manusia.

  • 3.      Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan!
Manusia dan cinta tak akan bisa terpisahkan. Manusia memiliki fitrah untuk selalu mencintai. Bisa kepada barang, tempat atau sesosok karakter. Sudah fitrahnya manusia mencintai Tuhannya, karena Tuhannya, ia mampu hidup di alam semesta ini. Namun rasa cinta itu tidak akan pernah terpuaskan jika manusia tidak memiliki apa yang ia cintai.
Sesuatu yang berharga tidak akan dengan mudah dimiliki. Begitu pula sesuatu yang sangat dicintai manusiapun tidak akan datang dengan mudah. Manusia perlu melewati proses yang panjang untuk mendapatkan sesuatu.
Seorang pria dapat memiliki wanita yang ia cintai dengan menikahinya. Namun, pernikahan bukan hanya hubungan antara dua jiwa jiwa yang saling mencintai. Pernikahan adalah proses menghubungkan dua keluarga menjadi satu. Karena itu menikah memiliki banyak peraturan yang berbeda dari setiap keluarga.


Daftar Pustaka
edukasippkn.com
pengertian definisi.com
dosen pendidikan.com
ibu mamah cantik sekali
penertian ahli.com
Nugroho, Widyo dkk. 1996. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta. Gunadarma.
Dokumentasi pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...