Minggu, 20 November 2016

TUGAS IBD 3



Lutfan Zaki Arhadian
14516126
1PA12

1.            Jelaskan pengertian dari manusia dan keadilan !
Manusia adalah satu-satunya makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT dibanding dengan makhluk-makhluk yang lainnya hal ini bukan tanpa alasan, karena dasar penciptanya sendiri berbeda dengan makhluk lainnya. Bahkan malaikat pun tercipta hanya dibekali dengan akal saja, sedangkan jin tercipta hanya dengan dibekali nafsu dan pada awal penciptaannya pun turun perintah malaikat dan jin harus sujud kepada manusia.
Sedangkan keadilan adalah semua hal yang berkenan dengan sikap dan tindakan dalam hubungan antarmanusia, keadilan berisi sebuah tuntutan agar orang memperlakukan sesamanya sesuai dengan hak dan kewajibannya tanpa pandang bulu.
Kita sebagai manusia sangat membutuhkan keadilan. Di Indonesia sendiri, keadilan berperan sangat penting. Bahkan di dalam pancasila keadilan dicantumkan dalam sila kelima yang berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” Namun tetap saja banyak sekali orang-orang yang tidak berperikemanusiaan sehingga melupakan keadilan.
2.            Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan dan keadilan !
a.            Cantumkan judul kasusnya
Film “The Help” (2011)


b.            Buatlah sinopsis dari kasus yang akan dibahas!
Aibileen Clark (Viola Davis) dan Olivia (Octavia Spencer) adalah pembantu kulit hitam yang terampil dalam bekerja. Hal ini membuat majikan mereka, Hilly Holbrook (Bryce Dallas Howard) dan Elizabeth Leefolt (Ahna O'Reillys), sangat terbantu terutama dalam urusan dapur dan mengasuh anak. Sayang, hampir sama seperti majikan lainnya, majikan mereka membangun 'tembok pemisah' dengan pembantu mereka. Dipandang sebelah mata dan perlakuan semena-mena sudah menjadi hal sehari-hari bagi Aibileen dan Olivia.
Ketegangan pun mulai timbul saat Aibileen tak sengaja mencuri dengar pembicaraan majikannya, Hilly, mengenai rencana pembuatan undang-undang yang jika disahkan nantinya, sudah pasti membuat pembantu keturunan Afrika-Amerika seperti dirinya jadi tertindas. 'Perang dingin' pun muncul di kalangan pembantu dan para majikan. Tapi keadaannya tak seimbang, para pembantu seperti makan buah simalakama, antara memilih melawan dan kehilangan pekerjaan, atau tetap berkerja namun tertindas.
Sebuah ide perlawanan pun muncul justru dari orang yang tak diduga-duga, Eugenia "Skeeter" Phelan (Emma Stone), seorang penulis yang adalah rekan majikan mereka sendiri, teman baik sang pencetus rancangan UU. Skeeter datang bak mesias yang menolong mereka dari kesengsaraan, memberi mereka harapan. Namun, mereka harus hati-hati, perlawanan ini ibarat pedang bermata dua, bisa berakhir manis atau malah tragis.
c.             Analisislah apa yang menjadi akar permasalahan dalam kasus tersebut
                Permasalahan sosial yang sampai sekarang menjangkit Amerika adalah masalah diskriminasi ras yang terus merantai tiap gerak kaum minoritas di dalamnya. Tentu, masalah ini bukan hal yang baru, mengingat ada begitu banyak kasus demikian jauh sebelum Indonesia kita ini merdeka. Meski luput, orang kulit putih selalu merasa rasnya adalah ras terbaik dan menganggap paling unggul dari ras lain. Di tahun 2000-an masalah ini mungkin sudah tidak se-banter dahulu, pun fakta bahwa presiden Amerika yang lalu adalah seseorang berkulit kulit hitam.
d.            Keadilan seperti apa yang diterapkan dalam kasus ini
 Di negeri paman sham, orang-orang berkulit putih selalu diutamakan. Sedangkan orang-orang berkulit hitam yang menjadi minoritas disana, kerap kali dianiaya. Hal ini tentu bertolak belakang dengan keadilan yang sebagaimana mestinya.

Source: http://ngadem.com/review-film-the-help-2011-kegelisahan-atas-diskriminasi-ras-kulit-hitam/
http://www.kapanlagi.com/film/internasional/the-help-perjuangan-melawan-diskriminasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...