Minggu, 20 November 2016

TUGAS IBD 3


TUGAS IBD
Nabila Sari Permata
18516113
1PA12


1. Jelaskan pengertian dari manusia dan keadilan, menurut pendapat Anda (1 Hal)



Keadilan adalah yang dimana pada kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang yang ditempatkan sesuai tempatnya.

Keadilan dalam menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan diartikan sebagai titik tengah antara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem ini menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama, kalau tidak sama, maka masing – masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelangggaran terjadap proporsi tersebut disebut tidak adil.

Keaadilan oleh Plato diproyeksikan pada diri manusia sehingga yang dikatakan adil adalah orang yang mengendalikan diri dan perasaannya dikendalikan oleh akal. Socrates memproyeksikan keadilan pada pemerintahan. Menurut Socrates, keadilan akan tercipta bilamana warga Negara sudah merasakan bahwa pemerintah sudah melakukan tugasnya dengan baik. sebuah negara ideal akan bersandar pada empat sifat baik: kebijakan, keberanian, pantangan (atau keprihatinan). dan keadilan



2. Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan, dan keadilan (Kasus dalam kehidupan nyata atau dalam sebuah film)

a. Cantumkan judul kasusnya

Indian Independence Movement



b. Buatlah sinopsis dari kasus yang dibahas

Pemerintah Inggris yang mengambil alih kekuasan terhadap English East India Company dari India dan ini membuat negara India secara mutlak diduduki kekuasannya oleh Inggris. Meskipun begitu, Inggris masih mengizinkan untuk didirikannya kerajaan-kerajaan kecil yang dikepalai oleh pangeran. Inggris juga menempatkan seorang Gubernur Jenderal di India sebagai Wakil Mahkota dan Pemerintahan.



Ini membuat para ahli sejarah berpendapat bahwa zaman penjajahan Inggris terhadap India yang membawa dampak yang menguntungkan yaitu berupa modernisasi dan juga adanya penyatuan seluruh wilayah India secara politis dan juga administratif. Ini juga merupakan awal berlakunya ketentuan-ketentuan hukum dalam mengatur kehidupan masyarakat.



Yang akhirnya menimbulkan beberapa gerakan kemerdekaan dan juga timbulnya perasaan nasionalis India pada abad ke-19. Mahatma Gandhi  merupakan aktivis yang menginginkan kemerdekaan India pada saat itu. Mahatma Gandhi merupakan seorang aktivis yang berasal dari agama Hindhu yang tidak menyukai tindak kekerasan, beliau mempelajari ilmu hukum di Inggris dan pergi ke Afrika Selatan dan menemukan hebatnya diskrimasi kelas saat itu yang membuatnya menyelesaikan kasus itu sebagai kasus pertamanya sebagai pengacara dan memilih untuk pulang ke India untuk memulai gerakan demi membebaskan rakyat India dari penjajahan Inggris.



c. Analislah apa yang menjadi akar permasalahan dalam kasus tersebut!

Penjajahan Inggris dan adanya diskriminasi kelas



d. Keadilan seperti apa yang diterapkan dalam kasus tersebut

Gandhi membuat para masyarakat India untuk bangkit melawan Inggris daripada diam menerima perlakuan mereka yang semena-mena dan menunggu orang lain untuk membebaskan mereka, dan menerapkan perlawan satyagraha yaitu perlawanan tanpa adanya kekerasan yang membuat Inggris sadar akan perlakuan mereka terhadap India

Sumber: Seri Diktat Kuliah MKDU: Ilmu Budaya Dasar karya Widyo Nugroho dan Achmad Muchji, Universitas Gunadarma Dan wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...