Kamis, 03 November 2016

TUGAS IBD 2 - RANI MAHARANI

NAMA            : RANI MAHARANI
NPM               : 16516075
1. Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri !
v  Manusia merupakan mahluk hidup ciptaan tuhan yang sempurna diantara mahluk hidup yang lainnya, sebagai mahluk yang sempurna manusia memiliki akal, pikiran dan hati nurani dalam bertindak di berbagai luang lingkup kehidupannya. Dan secara umum manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain, oleh karena itu manusia senantiasa membutuhkan interaksi dengan manusia yang lain. Dan tidak bisa hidup individu.
v  Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang ataupun sangat tertarik hatinya terhadap suatu objek dapat berupa: manusia, hewan, benda, dll. Ataupun bisa disebutkan ungkapan perasaan jiwa, ekspresi hati dan gejolak naluri terhadap yang dia sukai. Dengan cenderung ingin berkorban, memiliki rasa empati, perhatian, kasih sayang, ingin membantu dan mau mengikuti apapun yang diinginkan oleh orang yang dicintainya.
v  Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Dan bagaimana kita memberikan yang terbaik buat orang lain, baik membuat bahagia, tidak merebut kebahagian orang lain dan membuka pintu hati untuk sebuah kasih. Dan kasih merupakan perasaan kepedulian terhadap insan tanpa ingin meminta imbalan atas apa yang telah dilakukan untuk kasihnya. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia terhadap sesuatu, seperti: manusia, hewan dll. Dengan adanya rasa kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup.
v  Cinta kasih merupakan rasa sangat suka dan sayang ataupun sangat tertarik dalam suatu objek, baik manusia, hewan, dll. Yang dimiliki setiap manusia perasaan ini timbul karna manusia memiliki rasa sangat memiliki dan menyayangi, dan bagaimana memberikan yang terbaik terhadap orang yang di cintainya. Dan pengorbanan yang dia lakukan dan kepedulian yang besar dan tanpa meminta imbalan atas apa yang telah dia lakukan.
Ungkapan cinta kasih sering di ungkapkan  terhadap :
·         Perasaan terhadap tuhan
·         Perasaan terhadap keluarga
·         Perasaan terhadap sahabat
·         Perasaan terhadap lawan jenis ( pacar, suami/istri)
·         Perasaan terhadap negara/bangsa

v  Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dipeloreh individu dari masyarakat, yang pada umumnya merupakan hasil cipta, rasa serta karsa manusia dalam memenuhi keperluan hidupnya yang kompleks yang meliputi kepercayaan, adat istiadat, norma-norma, seni, hukum kebiasaan, struktur sosial, serta rutinitas. Yang diteruskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi
lain, dan bagaimana kita menjalankan serta melestarikan kebudayaan tersebut. Dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari manusia, dan dengan kebudayaan manusia akan terasa beraneka ragam seperti suku, Bahasa, adat istiadat dan lain sebagainya. Yang patut kita syukuri dengan adanya kebudayaan kita bisa mengenal perbedaan kebudayaan satu dengan yang lain tapi dengan tidak membeda-beda kan kebudayaan mana yang paling bagus. Dan dengan adanya orang-orang yang sangat peduli maka sampai saat ini kita bisa mengenal kebudayaan tersebut.
2. jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan !
Hubungan manusia dengan cinta kasih sangat erat hubungannya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Sedangkan cinta kasih adalah sesuatu yang sangat berkesan bagi semua manusia makna cinta dan kasih yaitu sama semua menghasilkan makna yang tiada batas. Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi oleh karena itu semua orang memiliki cinta selain itu cinta juga sumber kekuatan dari segalanya. Kita tidak akan bisa mewujudkan setiap mimpi kita tanpa cinta karena cinta dapat memberikan dorongan dan motivasi terhadap diri sendiri . sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau sangat menaruh belas kasihan. Sehingga kata kasih memperkuat cinta, karna rasa kasih itu merupakan rasa sayang yang tanpa adanya batas. Manusia tanpa cinta kasih bagaikan manusia tanpa perasaan dan akan membuat manusia tidak peduli dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Manusia dan cinta kasih tidak dapat dipisahkan karena sesuatu hal yang penting.
Hubungan manusia cinta kasih dengan kebudayaan pun sangat erat, karena tanpa adanya manusia kebudayaan pun tidak ada, tanpa adanya rasa cinta terhadap kebudayaan, maka kebudayaan pun tidak ada. Kebudayaan merupakan hasil karya manusia, hasil cipta, rasa, karsa, manusia yang di peroleh dari individual untuk masyarakat. Adanya rasa cinta terhadap kebudayaan, dengan selalu menjaga kebudayaan tersebut dan melestarikanna ke generasi-generasi yang akan datang. Dengan adanya rasa cinta manusia terhadap kebudayaan maka sampai sekarang kita masih mengenal kebudayaan daerah kita masing-masing. Mungkin tanpa adanya manusia dan rasa cinta kasih terhadap kebudayaan tersebut kita sekarang tidak akan mengenal kebudayaan daerah kita sendiri. Dengan adanya cinta kasih juga manusia yang menikah dengan orang yang berbeda kebudayaannya mereka mampu mengenlkan kebudayaannya masing-masing dan mengenalkan ke generasi-generasi nya. Itulah suatu contoh bagaimana budaya dan penerapan serta bagaimana seseorang mengimplemasikan suatu hakikat budaya dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, suatu persaan cinta kasih tidak akan pernah dapat dipisahkan dari satu kesatuan ikatan yang dibentuk dari suatu kebudayaan. Kebudayaan yang baik adalah suatu kebudayaan yang dapat mempersatukan adanya perbedaan dan ketidaksepahaman menjadi suatu ketergantungan yang dapat mewujudkan suatu tujuan bersama.

3. Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan !
v  Kebudayaan yang berkaitan cinta kasih sesama manusia
Manusia adalah makhluk sosial yang berarti saling membtuhkan satu sama lain dengan saling ketergantungann dan saling menguntungkan terhadap sesama manusia. Perasaan tersebut adalah sebuah cinta kasih terhadap sesama makhluk hidup, cinta kasih yang berarti manusia merasa saling memiliki membutuhkan orang lain, dan secara ikhlas serta datang dari lubuk hatinya yang terdalam untuk menunjukan dirinya ada dan dapat berguna bagi orang lain serta dapat memiliki perhatian dari sesamanya. Cinta kasih manusia tidak dilihat dari materi, namun manusia harus menyadari bahwa dirinya beguna bagi orang lain secara lahir maupun batin. Manusia yang berbudaya, akan selalu merasa bahwa dirinya adalah bagian orang lain yang ikut melengkapi terjalinnya sebuah kesinambungan kebudayaan dengan hubungan saling ketergantungan sesama manusia. Kebudayaan dapat menjadi jembatan untuk manusia saling merasakan sebuah ikatan yang tidak terlepas dari sebuahkata cinta kasih dan kasih sayang. Kebudayaan yang mengikat suatu persaudaraan yang mana walaupun terdapat kebudayaan yang beragam, khususnya negara indonesia. Kebudayaan yang dengan hubungannya dengan cinta kasih sesama manusia contohnya :
1.      memakai produk buatan dalam negeri sebagai rasa bangga dan rasa memiliki kualitas bangsa agar dapat menjadi suatu tolak ukur sejauh mana mencintai negaranya dan sejauh mana menghargai orang-orang yang susah payah membuat produk yang berkualitas hasil karya anak negri.
2.      Ikut membela ketahanan negara dengan selalu menerapkan perilaku yang sesuai dengan adat istiadat serta kebudayaan sehari-hari.
3.      Menghargai kebudayaan yang muncul dari adanya perkawinan dari daerah yang lain.

v  Kebudayan yang berkaitan cinta kasih sesama tuhan
Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan, pemujaaan kepada tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada tuhan, karena merupakan inti, nilai dan makna dari kehidupan sebenarnya. Rasa cinta kasih terhadap tuhan dengan manusia selalu beribadah, menjalankan segala kewajibanan dan selalu menjauhi segala laranagannya.
Contoh acara kebudayaan dan cinta kasih terhadap tuhan :
1.      Acara cara maulid nabi, di islam terkenal acara maulid nabi dengan lahirnya nabi Muhammad saw, dengan adanya kebudayaan di islam seperti itu. Menunjukan rasa sayang nya terhadap tuhan pencipta alam.
2.      Peringatan  raya idul fitri bagi agama islam yang telah menjalankan puasa satu bulan penuh mereka merayakan hari raya idul fitri atau biasa disebut denagn hari suci.
3.      Peringatan natal bagi agama Kristen
4.      Peringan hari raya idul adha yang biasa dilakukan umat muslim
5.      Peringatan hari waisak
6.      Peringatan hari isra miraj bagi agama muslim

SUMBER


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...