Rabu, 02 November 2016

TUGAS IBD 2


Nama   : Nur Herlista Apriani Malindi
NPM   : 15516546
Kelas   : 1PA12
TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 2

1.      Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan menurut anda sendiri.

Jawab  :

-          Manusia
Manusia adalah makhluk hidup ciptaan tuhan yang paling sempurna dibandingkan makhluk hidup yang lainnya. Manusia terlahir dari rahim seorang perempuan. Manusia tercipta dari hasil pertemuan sel telur dengan sel sperma serta manusia memiliki organ tubuh yang lengkap dan memiliki akal pikiran dan budi pekerti.
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan mahkluk hidup lainnya dan peka terhadap lingkungan. Manusia memiliki kreativitas dalam berpikir untuk menunjang masa kehidupan yang berubah-ubah.

-          Cinta kasih
Cinta sangat akrab dengan kehidupan manusia, cinta berkaitan dengan cinta terhadap tuhan, mencintai diri sendiri, sesuatu maupun seseorang. Cinta kasih adalah anugerah yang telah diberikan untuk manusia dan cinta mengajarkan arti mengalah dan pengorbanan. Manusia tidak akan lahir dan hidup tanpa adanya cinta. Cinta kasih sangat erat hubungannya dengan kasih sayang, pemujaan dan belas kasihan oleh manusia dalam prilaku dan sikap hidup manusia. Cinta kasih merupakan rasa sayang yang tulus. Cinta merupakan landasan dalam pembentuk sebuah keluarga yang harmonis, serta pembentuk hubungan yang erat dalam masyarakat. Cinta dan kasih sayang tidak akan pernah salah dan gagal jika kita pelihara. Cinta kasih juga pengikat terhadap manusia dengan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas dan mengikuti perintah-Nya. Cinta kasih menumbuhkan semangat hidup dan kreatifitas yang melahirkan karya. Cinta akan terasa sempurna jika dilakukan dengan pengorbanan.
Cinta kasih terkadang dapat membuat perasaan hati menjadi gundah gulana,terkadang membuat bahagia, dan yang terpenting cinta mengajarkan apa arti dewasa. Cinta kasih akan menumbuhkan wawasan dalam kepribadian manusia. Cinta kasih dapat memberikan pelajaran hidup bagi diri manusia. Cinta dan kasih sayang merupakan fitrah bagi diri manusia. Cinta memiliki keajaiban dalam menyembuhkan perasaan seseorang. Cinta kasih menimbulkan rasa ketentraman dan perkembangan seseorang atau sesuatu yang kita cintai. Cinta kasih adalah daya penggerak hidup manusia. Mencintai sesuatu berarti menumbuhkan komunikasi yang logis dengan kesadaran diri. Cinta tidak sama dengan emosi atau perasaan walaupun perasaan atau emosi ada hubungannya dengan cinta. Cinta biasa dirasakan sebagai bentuk perasaan yang kuat yang menumbuhkan semangat hidup. “Erich fromm : Cinta itu suatu tindakan yang aktif  bukan persaan yang  pasif’’. Cinta itu  memberi bukan menerima karenanya ikatan cinta merupakan ikatan yang lahir dari keputusan yang matang atas dasar kesadaran.
Semakin dalam manusia memikirkan makna cinta maka semakin dalam pula pengertiannya tentang makna hidup, semakin luas memahami cinta semakin luas pula penghayatan dan pemahaman tentang cinta. Seseorang yang sudah mampu menerima diri sendiri, berarti telah mampu mencintai diri sendiri atau telah memiliki identitas diri. Memiliki identitas diri berarti telah memiliki kepribadian diri. Hal itu berarti mengakui memiliki persamaan dan perbedaan dengan orang lain. Kesanggupan menerima dan mencintai diri sendiri berarti pula kesanggupan menerima diri orang lain atau mencintai orang lain. Cinta kasih tidak dapat ditemukan dalam suatu ide, melainkan dalam realita mencintai dan dicintai saja. Cinta tidak membutuhkan keterangan, cinta baru teruji kebenarannya dalam kenyataan berprilaku. Cinta yang membutuhkan keterangan sesungguhnya bukanlah cinta sejati. Cinta kasih membutuhkan sandaran moral dan ketulusan. Sandaran moral berarti berbuat dalam batas kesadaran mengenal yang baik dan yang buruk, benar dan salah, tidak dibuat-buat. Ketulusan berarti melakukan sesuatu atas dasar keikhlasan, tidak diselimuti oleh nafsu yang rendah dan keculasan. Oleh karena itu hakikat cinta adalah tanggung jawab. Cinta yang tidak disertai dengan tanggung jawab bukanlah cinta yang sebenarnya. Karena cinta adalah surga dunia yang nyata , anugerah luar biasa yang Tuhan berikan kepada manusia, jadi hargailah cinta dengan perbuatan sebaik mungkin.

-          Kebudayaan
Kebudayaan adalah fenomena atau kehidupan yang berkembang di lingkungan masyarakat. Budaya sangat erat kaitannya dengan adat istiadat yang berfungsi untuk dilestarikan dari generasi ke generasi. Kebudayaan tidak dapat terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggap bahwa kebudayaan diwariskan secara turun temurun. Terkadang budaya bersifat mengikat karena aturan yang sangat ketat. Tidak semua kebudayaan hasil dari warisan nenek moyang, kebudayaan juga dapat tercipta dari pengaruh globalisasi atau fenomena yang baru terjadi di masyarakat.

2.      Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan.

Jawab  :

-          Hubungan manusia dengan cinta kasih :
Cinta sangat akrab dengan kehidupan manusia, Cinta kasih adalah anugerah yang telah diberikan untuk manusia dan cinta mengajarkan arti mengalah dan pengorbanan. Manusia tidak akan lahir dan hidup tanpa adanya cinta. Cinta kasih sangat erat hubungannya dengan kasih sayang, pemujaan dan belas kasihan oleh manusia dalam prilaku dan sikap hidup manusia. Cinta merupakan landasan dalam pembentuk sebuah keluarga yang harmonis, serta pembentuk hubungan yang erat dalam masyarakat. Cinta kasih juga pengikat terhadap manusia dengan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas dan mengikuti perintah-Nya. Cinta kasih menumbuhkan semangat hidup dan kreatifitas yang melahirkan karya. Cinta kasih dapat memberikan pelajaran hidup bagi diri manusia. Cinta dan kasih sayang merupakan fitrah bagi diri manusia. Cinta memiliki keajaiban dalam menyembuhkan perasaan seseorang. Cinta kasih menimbulkan rasa ketentraman dan perkembangan seseorang atau sesuatu yang kita cintai. Cinta kasih adalah daya penggerak hidup manusia. Semakin dalam manusia memikirkan makna cinta maka semakin dalam pula pengertiannya tentang makna hidup, semakin luas memahami cinta semakin luas pula penghayatan dan pemahaman tentang cinta.

-          Hubungan manusia dengan kebudayaan
Manusia dan kebudayaan pada hakikatnya memiliki hubungan yang berkaitan satu sama lain. Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk hidup yang berbudaya, berupa prilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni dan lain-lain yang ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Hubungan manusia dengan budaya  juga dapat dilihat dari arti manusia sebagai makhluk sosial yaitu makhluk yang didalam hidupnya tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh manusia lain. Manusia juga dikatakan sebagai makhluk sosial karena pada diri manusia ada dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain. Ada kebutuhan sosial untuk hidup berkelompok dengan orang lain. Sehingga manusia akan saling tertarik dengan manusia lainnya untuk hidup bersosialisasi. Dari proses sosial, terbentuklah suatu perubahan dalam pola pikir, kebiasaan, maupun berbahasa yang membentuk suatu kebudayaan kecil dilingkungan tersebut.
Singkatnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan yaitu manusia sebagai pihak pelaku suatu kegiatan (kebudayaan) dan budaya adalah sebagai objek dalam pelaksanaan yang dilaksanakan oleh pihak pelaku (manusia). Dari manusia lahir sampai meninggal, pola pikir, kebiasaan hidup, cara bersosialisasi, agama, dan hal lainnya merupakan faktor terciptanya suatu budaya. Selama ada manusia maka kebudayaan akan terus ada dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

3.      Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan.
Jawab  :
-          Hari raya idul fitri
-          Membayar zakat
-          Berqurban
-          Memberi santunan kepada panti asuhan dan panti jompo
-          Bakti sosial
-          Bersedekah kepada fakir miskin

Sumber : buku ilmu budaya dasar penerbit STIA_YAPMA MATARAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...