Kamis, 03 November 2016

Tugas IBD 2 Dimas Kurniawan


Nama   : Dimas Kurniawan Jonathan

NPM   : 12516048



Tugas IBD 2



1.      Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri



ò Manusia

Menurut saya manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Mengapa dikatakan paling sempurna? Dikatakan demikian karena manusia diciptakan Tuhan berbeda dengan makhluk ciptaan lainnya yang ada di dunia. Manusia diciptakan Tuhan memiliki akal budi, hati nurani, cinta kasih, kecerdasan yang tinggi, dan sangat banyak kelebihan-kelebihan manusia yang lainnya jika dibandingkan makhluk lainnya yang ada di bumi.

ò Cinta Kasih

Kata cinta artinya adalah rasa sangat suka atau sayang ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya adalah perasaan sayang atau cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian menurut saya cinta kasih merupakan suatu perasaan tulus yang datang dari dalam diri manusia berupa perasaan sayang, takut kehilangan, rela berkorban, ingin mengetahui lebih banyak tentang seseorang atau sesuatu.

ò Kebudayaan

Menurut saya kebudayaan adalah hasil karya, prinsip, cara berinteraksi, gaya hidup, dan hal- hal lain yang merupakan perwujudan dari kreatifitas dan ide- ide serta hasil pemikiran manusia yang akhirnya digunakan, dijadikan ciri khas, dan diturunkan atau diajarkan ke generasi – generasi yang berikutnya sehingga terus ada dan terus berlanjut ke generasi yang selanjutnya. Kebudayaan memiliki beberapa wujud diantaranya sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan, dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak. Lokasinya ada didalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup. Kebudayaan juga berwujud sebagai suatu kompleks aktifitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat. Kebudayaan juga dapat berwujud sebagai benda hasil karya manusia.



2.      Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan



ò Manusia dengan Cinta Kasih

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia diciptakan Tuhan memiliki cinta kasih, cinta kasih juga yang akhirnya membuat manusia menjadi makhluk sosial. Manusia saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, tidak ada manusia yang bisa hidup sendirian tanpa bantuan atau campur tangan orang lain. Singkatnya cinta kasih memang sudah dimiliki oleh setiap manusia semenjak manusia itu dilahirkan. Selain dengan sesama manusia, cinta kasih juga menggambarkan perasaan manusia dengan penciptanya. Intinya pada dasarnya semua manusia memiliki cinta kasih walaupun mungkin sebagian orang sering terlihat tidak peduli dengan keadaan di sekitarnya namun pada dasarnya mereka tetap memiliki cinta kasih.

ò Manusia dengan Kebudayaan

Manusia dan kebudayaan sangatlah berkaitan, mengapa demikian? Hal itu dikarenakan budaya sendiri merupakan perwujudan dari kreatifitas dan ide- ide serta hasil pemikiran manusia yang akhirnya digunakan, dijadikan ciri khas, dan diturunkan atau diajarkan ke generasi – generasi. Artinya memang manusialah yang menciptakan kebudayaan itu sendiri. Tidak akan ada kebudayaan jika tidak ada manusia, begitu juga sebaliknya, manusia juga perlu memiliki kebudayaan karena dengan adanya kebudayaan manusia menjadi memiliki gaya hidup yang lebih terarah, tertata, dan memiliki ciri khas dengan manusia lainnya di daerah yang berbeda. Dengan kebudayaan suatu daerah akan terlihat menjadi lebih menarik begit juga orang – orang yang ada di daerah itu yang juga menganut kebudayaan di daerah itu, mereka akan terlihat unik karena mungkin berbeda dengan kebudayaan di tempat yang lain.

ò Cinta Kasih dengan Kebudayaan

Cinta kasih dengan kebudayaan juga sangat berhubungan, karena sebagai manusia yang hidup di suatu daerah yang memiliki budaya tertentu, kita jelas harus memiliki rasa cinta kasih terhadap budaya yang kita anut itu. Mengapa demikian? Karena apabila kita tidak memiliki rasa cinta kasih terhadap budaya yang ada maka cepat atau lambat budaya yang ada akan semakin tesingkir, terlupakan, dan akhirnya tergantikan dengan kebudayaan yang lain. Oleh karena itu kita harus memiliki rasa cinta kasih terhadap kebudayaan kita sekarang sehingga kita memiliki keinginan untuk mempelajari kebudayaan kita lebih jauh lagi agar kebudayaan kita ini tidak hilang dan tergantikan oleh kebudayaan lain.

                       

3.      Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap Tuhan



ò Yang Berkaitan Dengan Cinta Kasih Terhadap Tuhan



Sedekah Bumi
Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.
bagai negara yang dikenal dengan berbagai budaya, ras, dan bahasa yang ada di Indonesia, keanekaragaman budaya dalam pelaksanaan sedekah bumi sendiri bermacam – macam mulai dari Pertunjukan Seni Budaya Ketoprak, Kirab Hasil Bumi, Hajatan, pengajian, dll. Itu biasanya dilakukan di halaman masjid, Balai Desa setempat, perempatan jalan, maupun lainnya sebagai rasa syukur kita apa yang telah diberikan kepada Tuhan.
Untuk kegiatan sedekah bumi yang ada di Kabupaten Kudus dan sekitarnya pelaksaan dilakukan di Balai Desa setempat seperti membuat hiburan pagelaran budaya Wayang Kulit dan Ketoprak selama sehari semalam, dan jika dilaksanakan Kirab Hasil Bumi yang ditonjolkan dalam sedekah bumi yang dikirab merupakan hasil dari bumi seperti padi, biji – bijian, buah – buahan, sayur – sayuran, dll yang nantinya dido’akan oleh tokoh masyarakat setempat hingga perayaan sedekah bumi selesai.






ò Yang Berhubungan Dengan Cinta Kasih sesama Manusia



Begasingan Dari Lombok
Begasingan adalah salah satu permainan yang mempunyai unsur seni dan olahraga. Selain itu, gasing merupakan permainan yang tergolong cukup tua di masyarakat Sasak.
Nilai yang berkembang di dalamnya selalu mengedepankan saling menghormati dan rasa kebersamaan cukup kuat serta utuh dalam melaksanakan tujuan dan menjunjung tinggi nilai luhur yang menjadi kebanggaan jati diri.
Permainan ini biasanya dilaksanakan pada tempat atau lokasi yang kosong tidak seperti permainan lain. Seni tradisional ini mencerminkan nuansa kemasyarakatan yang tetap berpegang kepada petunjuk dan aturan yang berlaku di tempat permainan itu. Permainan ini biasanya dilakukan semua kelompok umur dan jumlah pemain tergantung kesepakatan kedua belah pihak di lapangan.

Sumber :http://www.lombokita.com/khazanah/begasingan-seni-dan-olahraga-warga-lombok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...