Rabu, 02 November 2016

TUGAS ILMU BUDAYA 2



TUGAS ILMU BUDAYA 2
Nama: Bagas Adi Pratama
NPM : 11516290
Kelas : 1PA12






PERTANYAAN!!
1.      Jelaskan pengertian manusia,cinta kasih, dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri!
2.      Jelaskan hubungan antara manusia,cinta kasih,dan kebudayaan!
3.      Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap tuhan!



JAWABAAN.
1.      >Pengertian manusia menurut saya yaitu:
Manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang paling sempurna diantara mahluk ciptaan lainnya,namun dalam menjalani kehidupannya manusia tidak dapat hidup sendiri,manusia harus saling berhubungan dengan manusia lainnya. Karna dalam pertumbuhannya,faktor lingkungan sangat penting untuk perumbuhan manusia itu sendiri.



>Pengertian cinta kasih menurut saya yaitu:
Cinta kasih adalah perasaan (sangat) sayang yang dimiliki seseorang terhadap seseorang yang dapat meluluhkan perasaannya hingga menimbulkan rasa belas kasihan.

>Pengertian kebudayaan menurut saya yaitu:
Kebudayaan adalah kebiasaan suatu masyarakat disuatu daerah tertentu dan tidak diperlakukan oleh masyarakat lain yang diperkenalkan kepada penerus dari masarakat tersebut dan terus dilakukan atau dilestarikan hingga saat ini.


2.      Manusia, cinta kasih, dan kebudayaan memiliki hubungan yang saling terikat. Hubungan  manusia dan cita kasih. Cinta memegang peran yang penting    dalam  kehidupan manusia, sebeb cinta merupakan landasan dari kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga, hubungan yang erat di masyarakat.

 Demikian pula, cinta sebagai pengikat yang kokoh antara manusia dan Tuhan-nya sehingga manusia mampu  menjalankan perintah-Nya dan berpegang teguh terhadap syariat-Nya. Dengan begitu, cinta memiliki hubungan yang sangat terikat dengan manusia, karena jika manusia tidak memiliki rasa cinta maka kehidupan manusia tidak akan sempurna dan akan meninggalkan perintah serta syariat-Nya Hubungan  manusia dan kebudayaan.

Sama seperti manusia dan cinta kasih, manusia dan kebudayaan  merupakan dua hal  yang sangat erat satu sama lain. Manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia.

Manusia juga lah yang menciptakan kebudayaan, dan setelah itu kebudayaan yang mengatur hidup manusia. Contohnya manusia dengan peraturan-peraturan kemasyarakatan.

 Dengan demikian manusia dan  kebudyaan dapat disimpulkan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena kebudayaan merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri.

 Dan, hubungan cinta dengan kebudayaan sendiri adalah dengan mempunyai rasa cinta terhadap kebudayaan maka dari itu,  manusia bisa mentaati aturan-aturan yang telah mereka buat  dengan baik begitu pula sebaliknya.
 Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manusia, cinta kasih,dan kebudayaan terbukti memiliki hubungan yang erat dan saling bergantungan tidak akan lepas dai 3 hal tersebut sampai kapan pun.


3.      Salah satu contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap tuhan menurut saya contohnya yaitu, jika ada suatu daerah di Indonesia yang sedang tertimpa bencana longsor dan banjir, banyak masyarakat dari luar daerah tersebut yang ingin membantu meringankan beban mereka, baik dengan cara memberi pakaian,makanan,alat tulis sekolah,uang dan bahkan tenaganya untuk membantu kembali untuk membangunan kembali rumah mereka yang telah rusak akibat bencana yang telah menimpanya. Dari peristiwa tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa manusia memiliki rasa cinta kasih terhadap sesama, dan dengan memiliki rasa cinta kasih yang tulus dan ikhlas dapat menambah padahal yang akan dibalas oleh Allah disuatu hari kelak .

Daftar Pusaka :
Muchji Achmad dan Nugroho Widyo 1996.Ilmu Budaya Dasar.Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma.Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...