Rabu, 02 November 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar 2

Nama : Rhea Ahmad Matin
NPM  : 16516280

1. Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih, kebudayaan menurut pendapat anda sendiri !

Jawab

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna, makhluk yang dicipatakan dengan sebaik-baiknya dibandingkan makhluk yang ada di dunia ini, akan tetapi walaupun sempurna, manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin untuk hidup sendirian dan pastinya membutuhkan keberadaan manusia lain, dengan begitu manusia bisa tetap hidup, saling membantu satu sama lain, manusia juga membutuhkan interaksi sesama manusia agar terjalin kontak sosial dan menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain agar terbentuk suatu sistem kekeluargaan.

Cinta kasih adalah suatu perasaan dimana kita sangat menyayangi seseorang dengan sepenuh hati tanpa berharap untuk dibalas, manusia sangat membutuhkan cinta kasih., manusia yang memiliki cinta kasih akan selalu senang, tersenyum dan mempunyai suasana hati yang bagus dengan begitu manusia terasa lebih hidup dibandingkan dengan manusia yang tidak memiliki cinta kasih, contohnya adalah cinta kasih seorang ibu terhadap anaknya, sang anak akan selalu gembira karena mendapatkan cinta kasih dari seorang ibu.

Kebudayaan adalah sistem dimana masyarakat mempunyai kegiatan turun temurun yang berhubungan dengan lingkungannya seperti sistem mata pencaharian di desa-desa yang menjadikan kebudayaan dari desa tersebut, selain itu kebudayaan juga bisa diartikan sebagai seni yang ada pada suatu daerah yang menjadikan ciri khas dari daerah itu sendiri, begitu juga dengan bahasa daerah yang disetiap daerahnya berbeda-beda menjadikan suatu kebudayaan terun-temurun yang sudah ditinggalkannya oleh nenek moyang sejak zaman dulu kala.

2. Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih, dan kebudayaan !

Jawab

Hubungan ketiga elemen ini sangat mempengaruhi satu sama lainnya, seperti yang jelaskan diatas bahwa manusia adalah makhluk sosial yang sudah pasti tidak bisa hidup sendiri dan makhluk yang membutuhkan cinta kasih, mereka membutuhkan cinta dan bagaimana cara mendapatkannya ? tentu saja dengan berinteraksi dengan manusia yang lain, dengan invidu yang berbeda masing-masing dari meraka pasti memiliki apa yang individu lain tidak punya, mereka pasti berbeda kepribadian, mereka pasti berbeda jalan pikirannya. Berawal dari berinteraksi mereka bisa membuat pertemanan, seiring berjalannya waktu mereka merasakan bahwa individu yang mereka kenal bisa membuat mereka bahagia, saling menghibur dan membantu satu sama lain, saling memahami bahkan bisa saling mengisi kekosongan diantara mereka, dan pasti diantara mereka timbullah rasa sayang dan saling mencintai.

Lalu bagaimana jika diantara mereka ternyata lahir dari suku yang berbeda dan  yang pasti memiliki kebudayaan yang berbeda pula, tentu saja ini sangat menarik, mereka bisa saling belajar kebudayaan yang berbeda dan bahkan mereka bisa menciptakan akulturasi, apa itu akulturasi ?

Akulturasi adalah penggabungan dua kebudayaan yang berbeda dan menciptakan kebudayaan yang baru dan tidak menghilangkan ciri khas kebudayaan yang lama.

Salah satu caranya adalah dengan pernikahan antar suku atau etnis yang berbeda bisa disebut juga dengan amalgamasi, pernikahan juga salah satu bentuk cinta kasih yang mendalam dan sangat penting bagi manusia, setelah itu dua kebudayaan yang berbeda bisa saling bertemu dan berbaur menjadi satu kebudayaan yang baru dan terciptalah kebudayaan dengan keanekaragaman yang berbeda, khususnya di Indonesia yang dari awal sudah memiliki kebudayaan yang beranekaragam serta memiliki suku yang berbeda-beda dari Sabang sampai Merauke, dengan begitu akulturasi bisa dengan mudah diciptakan tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan dari setiap suku yang ada.

3. Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap tuhan !

Jawab

Upacara Adat Pesta Laut
  

Upacara Adat Pesta Laut ini biasanya diselenggarakan di daerah Jawa Barat seperti Pelabuhan Ratu (Sukabumi) dan Pangandaran (Ciamis). Upacara ini dibuat untuk memberikan ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala hasil laut, yang didapatkan oleh para nelayan, juga ditunjukan sebagai permohonan keselamatan untuk para nelayan agar selalu diberi keselamatan dan hasil laut yang melimpah.

Waktu upacara tersebut dilaksanakan perahu nelayan dihiasi berbagai aksesoris berwarna-warni yang dinaiki oleh nelayan dan diberi sesajen di atasnya, yang unik di dalam acara ini yaitu para nelayan memberikan kepala kerbau yang sudah dibungkus kain putih untuk penguasa lautan sebagai penolak bala / sial, pesta laut diadakan setahun sekali dan menjadi daya tarik pariwisata mancanegara dan menarik bagi masyarakat setempat.

BELALE, Tradisi Budaya Gotong Royong Masyarakat Petani Padi Di Sambas


Belale merupakan tradisi yang masih bertahan hingga sekarang dan masih dipratekkan oleh masyarakat petani padi di Kabupaten Sambas.

Pada tradisi ini, kaum perempuan mengajak orang yang memiliki lahan sawah padi untuk berkerja sama membantu menanam padi, membersihkan lahan, dan menuai padi dengan mengajak beberapa kaum perempuan sesuai dengan kesepakatan. Apabila permintaan disetujui oleh yang punya lahan sawah, imbalannya adalah ikut mengerjakan kegiatan menanam padi, membersihkan lahan, dan menuai padi di sawah petani yang sudah diajak mengikuti kesepakatan belale tersebut.

Tradisi Budaya Belale’ memiliki sistem yang sama dengan Arisan, tapi yang ngebedainnya yaitu bentuk dari kegiatan yang dilakukan. Meskipun demikian, nilai-nilai gotong royong dan kebersamaan ikut tertanam dalam tradisi ini. Tradisi ini biasanya dilakukan pada waktu akan menanam padi, saat padi sudah tumbuh dan diikuti dengan membersihkan lahan dari rumput-rumput liar dalam bahasa Sambasnya disebut ”Merumput” atau menuai padi yang dalam bahasa sambasnya disebut ”Beranyi”.

Tradisi Belale ini hanya ada desa-desa Kabupaten Sambas yang berprofesi sebagai petani, biasanya selama aktivitas Belale dilakukan dan diselingi dengan canda tawa para petani, mereka sama sekali tidak merasakan kelelahan karena aktivitas ini dilakukan dengan senang hati dan gotong royong adalah kunci utama yang membuat pekerjaan ini seakan-akan begitu ringan untuk dilakukan.

Biasanya pelaksanaan tradisi Belale dilakukan berdasarkan urutan, jika hari Senin adalah giliran A, maka hari berikutnya adalah giliran B atau C sesuai kesepakatan yang dibuat bersama. Tradisi Belale ini bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih, tapi biasanya jumlahnya tidak melebihi dari 10 orang.

Daftar Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...