Kamis, 03 November 2016

tugas ilmu budaya dasar (Amelia Tresna Savira)



NAMA            : AMELIA TRESNA SAVIRA
NPM               : 10516705
KELAS           : 1PA12

1.      Pengertian manusia, cinta kasih, dan kebudayaan


  •  MANUSIA




Manuisa  merupakan makhluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, mati, dan seterusnya, serta terkait dan berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik positif maupun negative. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, saling membutuhkan. Manusia juga membutuhkan suatu rasa empati dan simpati dari manusia lainnya agar mereka merasa tidak sendiri , berinteraksi dan memiliki hubungan timbal balik.

  •   CINTA KASIH




Cinta adalah rasa sangat suka atau (rasa) sayang ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta dan menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehinga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.
Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.


  •   KEBUDAYAAN


Kata ” kebudayaan datang dari bahasa Sanskerta yakni ” buddayah ” yang merupakan bentuk jamak dari kata ” budhi ” yang artinya budi atau akal. Kebudayaan disimpulkan sebagai ” beberapa hal yang berkaitan dengan budi atau akal “.
Pengertian Kebudayaan pada umumnya merupakan hasil cipta, rasa serta karsa manusia dalam penuhi keperluan hidupnya yang kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, susila, hukum kebiasaan serta tiap-tiap kecakapan, serta rutinitas.

2.      Hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan
Hubungan dari ketiga unsur itu adalah manusia adalah makhluk social yang sangat memerlukan cinta kasih dari seseorang, cinta dan kasih merupakan hak dari setiap individu, merasakannya ataupun member cinta kasih terhadap sesama. Kebudayaan merupakan hasil dari pemikiran manusia dentgan rasa cinta kasih, kebudayaan tidak akan ada tanpa adanya manusia, dan tidak akan indah jika tidak ada rasa cinta kasih, karena jika tanpa adanya rasa cinta kasih, manusia dapat memicu konflik melalui kontak fisik maupun kontroversi karena banyak nya kebudayaan di dunia. Karena adanya cinta kasih, manusia dapat saling menerima, dan mengerti ataupun menghargai berbagai macam kebudayaan.

3.      Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia, dan terhadap Tuhan
Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia yaitu dalam hal ras, yaitu banyak di dunia beragam suka bangsa dan berbagai macam-macam manusia di muka bumi, disini sangat diperlukan cinta kasih dari sesame manusia, karena kalau tidak adanya cinta kasih ini dapat timbul suatu masalah dan dapat memicu nya peperangan antar ras maupun suku. Di berbagai penjuru dunia banyaknya beragam ras, hal ini mempunyai dampak positif maupun negative. Dampak positif dari banyaknya berbagai ras ini adalah kita dapat memakai rasa cinta kasih kita terhadap sesama, dan bias menyatukan kita agar tidak adanya perpecahan. Dampak negatif nya adalah tanpa adanya rasa cinta kasih dapat memicunya suatu kesenjangan terhadap ras yang sangat di anggap buruk oleh ras yang lain. Oleh karena itu, kita perlu menanamkan rasa cinta kasih di dalam diri kita agar kita bias menerima kenyataan bahwa banyaknya berbagai macam ras di dunia ini adalah untuk menyatukan kita sebagai manusia di dunia, dan bukan untuk menimbulkan suatu masalah.
Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap tuhan mengambil contoh dari banyaknya agama di dunia, kita sebagai umat yang mempunyai suatu agama harus mengerti karena banyaknya agama ini harus bisa menyatukan kita, karena banyak sekali kontroversi di dalam agama atau banyaknya kontroversi antar umat beragama di dunia. Kita harus mempercayai agama yang kita yakini tanpa meremehkan atau memandang buruk kepada agama lain. Beribadah merupakan rasa cinta kasih terhadap tuuhan, karena dengan adanya ibadah kita bias berkomunikasi baik dengan  tuhan.

Sumber
http://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...