Minggu, 20 November 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar 3

 Tria Kartika / 17516439


1. Jelaskan pengertian dari manusia dan keadilan menurut pendapat anda!
Manusia adalah mahluk hidup ciptaan Tuhan yang sempurna, karena manusia diberikan akal budi, berbeda dengan seekor hewan yang tidak memiliki akal budi, itulah mengapa manusia disebut sebagai mahluk paling sempurna di bumi. Manusia juga disebut sebagai mahluk sosial, karena manusia tidak dapat menjalankan kehidupannya seorang diri saja, manusia senantiasa membutuhkan orang lain untuk menjalankan aktivitas dikehidupannya. 
Keadilan adalah suatu keadaan yang seimbang, dimana setiap orang harus memperoleh apa yang menjadi haknya. Yang dimaksud dengan keadaan yang seimbang adalah dimana keadilan terletak ditengah-tengah dan harus dapat membela orang yang benar, tidak boleh sewenang-wenang terhadap orang hanya karena statusnya yang rendah. Karena setiap manusia yang tercipta dibumi harus mendapatkan keadilannya dalam hidup, menyeimbangkan antara hak dan kewajibannya sebagai manusia. Keadilan adalah kunci dari sebuah kedamaian dalam suatu negara, dimana keadilan itu hal yang paling penting untuk menjadikan sebuah negara yang maju. Tanpa keadilan, kehidupan disuatu negara akan hancur dan berantakan. Itulah mengapa manusia dan keadilan pun memiliki hubugan yang terikat. 

2. Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan dan keadilan!
Don’t Cry Mommy (2012)
Sutradara : Kim Yong Han

Eun Ah dan Ibunya, You-lim baru saja pindah karena proses perceraian. Sejak saat itu Eun Ah dan Ibunya tinggal di Apartement ditengah kota Seoul. You Lim yang berprofesi sebagai perenang berniat membuka sebuah cafe. Sedangkan Eun-Ah barusaja memasuki bangku SMA. Hari-hari mereka diisi oleh canda dan tawa. Walaupun You Lim sangat sibuk, tapi sebisa mungkin dia tetap mengantar dan menjemput Eun Ah. 
Ketika pertama masuk ke sekolah, Eun Ah menyukai teman sekelasnya (Jo Han). Jo Han adalah seorang siswa yang tinggal kelas. Meskipun begitu, Eun Ah tetap menyukainya. Ketika pelajaran musik, Eun Ah bermain biola dan Jo-Han terlihat menyukainya. Lalu Jo Han mengajak Eun Ah untuk bertemu di ruang belajar. Karena Eun Ah sangat menyukai Jo Han, dia mengiyakan ajakannya. Bahkan Eun Ah terlihat kebingungan saat ingin mengirimkan pesan singkat kepada Jo Han. 
Ketika pulang, Jo Han membantu Eun Ah membawakan alat musiknya ke mobil, saat itu Eun Ah sudah dijemput oleh ibunya. Ketika ibunya menjalankan mobilnya ia melihat Jo Han mengobrol bersama dua orang yang sepertinya juga siswa di SMA itu, yang terlihat sangat berandal.
Ketika malam, pulang sekolah Eun Ah mengatakan pada You Lim untuk tidak menjemputnya karena akan pulang bersama temannya. Padahal, sebenarnya ia ingin bertemu dengan Jo Han. Temannya yang mengetahui hal itu sepertinya sudah memberikan peringatan pada Eun Ah untuk tidak mendekati bahkan menemui JoHan. Tapi Eun Ah tidak mendengarkannya. Eun Ah seorang diri naik ke lantai atas untuk memberikan cokelat yang telah ia buat sendiri kepada Jo Han. Jo Han hanya menyeringai dan memojokkan Eun Ah. Sepertinya bukan hanya Jo Han yang ada dilantai atas, tapi ada beberapa orang yang memang sudah berada disana sejak lama. Dan ketika Eun Ah membuka matanya, mulutnya sudah diplester. Kemudian ia diperkosa berkali-kali.
Setelah berlangsung lama, Eun Ah ditemukan tegeletak tak berdaya. You Lim yang mendapatkan pesan darurat langsung berangkat menuju rumah sakit dimana Eun Ah dirawat. Alangkah terkejutnya ketika You Lim sampai dirumah sakit, bahwa Eun Ah telah babak belur. Jo Han dan kedua temannya sudah diamankan di kantor polisi. You Lim ingin meminta pertanggung jawaban atas hal yang menimpa anaknya. Namun inspektur mengatakan bahwa mereka masih dibawah umur. Dan Eun Ah harus menjalan visum untuk mengetahui apakah ia benar-benar diperkosa atau tidak.
Setelah melalui masa-masa yang sulit ternyata mereka bertiga tidak di penjara karena masih dibawah umur. You Lim yang merasa keputusan hakim tidak adil, meronta dan meminta keadilan. Ia minta bagaimana caranya, ketiga pelaku harus mempertanggung jawabkan kelakuan mereka dan harus masuk penjara. Sedangkan Eun Ah hanya pasrah dengan apa yang terjadi.
Beberapa hari berlalu, Eun Ah hanya berdiam diri di kamar dan enggan untuk kembali ke sekolah lagi. You Lim juga tidak tinggal diam, ia kesana-kemari mencari bantuan bagaimana agar anaknya mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya. Karena baginya, ini adalah hal yang tidak masuk akal. 
Dua teman Jo Han yang sepertinya ketagihan memperkosa Eun Ah menelponnya untuk datang ke apartemen miliknya. Kalau tidak, video kejadian beberapa hari lalu akan tersebar ke internet dan ibunya akan tahu semuanya. Karena Eun Ah tidak mau ibunya tahu, dengan sangat terpaksa Eun Ah menurut. Ia datang ke apartemen sambil membawa biola dan sebuah cutter untuk melawan.
Ketika pulang ke rumah, Eun Ah kembali babak belur. Namun karena frustasi, ia memotong rambutnya dengan cutter. You Lim juga memandang Eun Ah dengan heran dan ketakutan. Saat You Lim hendak pergi ke pasar, Eun Ah memilih diam dirumah dan membeli sebuah cake untuk ibunya. Dan ketka YouLim pulang, ia menemukan Eun Ah sudah tak berdaya di bak kamar mandinya. Eun Ah melakukan bunuh diri. You Lim membawanya kerumah sakit untuk diberi pertolongan terakhir. Namun sudah terlambat, Eun Ah tidak terselamatkan. Setelah hari pemakaman, You Lim merapikan baju-baju milik Eun Ah dan membuka cake yang dibelinya tempo hari sebelum meninggal. Dan You Lim kembali terharu. Saat You Lim hendak memasukkan baju Eun Ah ke kamar, karena rindu ibunya membuka ponsel Eun Ah. Karena penasaran dengan nomor asing di ponsel anaknya, dengan penasaran ia membuka dan alangkah terkejutnya ia melihat kiriman video malam pertama Eun Ah diperkosa dan hari dimana Eun Ah pergi berangkat les biola. Didalam pesan itu dikatakan bahwa, jika Eun Ah tidak segera datang, maka video itu akan tersebar ke internet dan ibunya.
Emosi yang muncul membuat You Lim berjanji untuk membalaskan dendam anaknya yang tak terbalaskan oleh keadilan di negerinya sendiri. Pertama, You Lim menemui Jo-Han di atas balkon untuk bertanya apakah dia benar-benar menyukai Eun Ah dan menanyakan siapa yang merencanakan pemerkosaan ini. You Lim meminta ponsel milik Jo Han dan melihat foto Eun Ah bersama Jo Han di wallpaper-nya. Sehingga You- Lim menyimpulkan bahwa tidak mungkin Jo-Han yang merencanakan semua ini.
Kemudian, You Lim memburu kedua teman Jo Han yang memang dari awal terlihat sangat urakan. Korban pertama adalah pria berambut putih yang akhirnya mati karena digorok lehernya setelah beberapa kali You Lim menerima beberapa tendangan dan pukulan. Lalu pria yang kedua yang sengaja ia tabrak di basement sebuah gedung. Saat itu, ia sedang merampok sebuah mobil. Tidak hanya ditabrak, tapi juga dilindas sebanyak dua kali. Dan pada akhirnya, You Lim mengetahui bahwa otak dibalik semua rencana ini adalah Jo Han. Padahal saat itu, You Lim sudah berniat untuk menjatuhkan dirinya dari atas menara. Tapi ternyata You Lim tertembak oleh pistol inspektur/ detektif/ ayah dari teman Eun Ah. Akhirnya, Jo han maupun Yo Lim mati bersamaan.
a. Akar Permasalahan
Dalam kasus ini, akar permasalahannya adalah jika saja saat itu Eun Ah tidak mengiyakan ajakan dari Jo Han, mungkin pemerkosaan itu tidak akan terjadi. Hal itu dilakukan Eun Ah karena rasa suka yang dia kepada Jo Han. Dan dengan matinya Eun Ah membuat You Lim menjadi gerang dengan sistem hukum, yang akhirnya You Lim melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan. 
b. Adakah Keadilan?
Dalam kasus ini, tidak terlihat adanya keadilan. Seharunys pengadilan dapat bertindak bijak dalam memberikan suatu hukuman kepada pihak yang bersalah. Pemerkosaan adalah tindakan yang keji dan orang yang melakukan itu harus di hukum setimpal. Bagaimana bisa seseorang melakukan tindakan yang bahkan membuat nyawa orang lain hilang, tidak mendapatkan hukuman hanya karena masih dibawah umur? 


Sumber : 
http://salmashawolover.blogspot.co.id/2013/11/review-movie-dont-cry-mommy-2012.html
https://movie.co.id/dont-cry-mommy/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...