Minggu, 20 November 2016

tugas ibd3

Nama : Zhafira Febrianty
Kelas : 1PA12
Npm : 17516934

1.      Jelaskan pengertian dari manusia dan keadilan menurut pendapat anda

Menurut saya,
Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT  yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya, kesempurnaannya terletak pada adab dan budayanya karena manusia dilengkapi dengan akal dan perasaan. Selain itu manusia makhluk hidup dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh, dan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain karena tidak bisa hidup secara sendiri, manusia membutuhan orang lain untuk menjalankan aktivitas dikehidupannya. Dalam melakukan aktivitas sosial semua orang akan menginginkan dan membuthkan kenyamanan dan kebahagiaan

Keadilan adalah sikap dan tindakan dalam memperlakukan sesuatu harus seimbang. Semua hal yang berkenan dengan sikap dan tindakan dalam hubungan antar manusia, keadilan berisi sebuah tuntutan agar orang memperlakukan sesamanya sesuai dengan hak dan kewajibannya tidak pandang bulu atau pilih kasih melainkan memperlakukan semua orang sama.
Keadilan juga dapat menghasilkan suatu jalan tengah dari berbagai permasalahan yang tidak memihak kepada siapapun. Sebuah keadilan merupakan sebuah bentuk yang mengenyampingkan adanya monopoli dari suatu pihak untuk suatu hal, tidak ada dominasi pada suatu pihak. Misalnya  perlakuan yang sama terhadap karyawan walaupun beda divisi, hak memilih dalam pemilu (pemilihan umum).


2.      Carilah sebuah kasus yang berkaitan dengan manusia, kebudayaan dan keadilan
a.       Cantumkan judul kasusnya
b.      Buatlah sinopsis dari kasus tersebut
c.       Analisislah apa yang menjadi akar permasalahannya dalam kasus tersebut
d.      Keadilan seperti apa yang diterapkan dalam kasus tersebut

a.       MY STUPID BOSS
My Stupid Boss Poster





b.      Sinopsis
Bercerita tentang hubungan kerja antara Boss yang tidak jelas atau absurd dengan karyawannya. “Bossman” berasal dari Indonesia yang memiliki sebuah perusahaan di kuala lumpur, Malaysia. Perusahaannya tersebut tidak memiliki sistim maupun aturan yang pasti. Akibatnya sering kali terjadi kekacauan. Dan biang kerok dari setiap kekacauan itu justru berasal dari Bossman sendiri.
Bossman memiliki prinsip bahwa BOSSMAN ALWAYS RIGHT ( bos selalu benar) dan jika ia menginginkan sesuatu maka harus terwujud. Selain itu ia juga memiliki prinsipnya IMPOSSIBLE WE DO MIRACLE WE TRY .
Ada salah satu karyawati yang bernama Diana melamar kerja di perusahaan tersebut, karena Boss tersebut adalah sahabat dari suaminya.
Mulanya Diana bekerja cukup lancar dan nyaman. Tapi lama kelamaan ada sesuatu yang aneh dalam management perusahaan tersebut. Setelah menyelidiki apakah ada karyawan lain yang berbuat salah dalam bekerja dan ternyata semua pekerjaan karyawannya masih baik dan lancar, maka Diana mencoba menyelidiki pekerjaan yang dilakukan oleh Boss nya. Ternyata kunci permasalahannya terletak di perlakuan Boss nya yang selalu tidak beres dalam menangani managemen perusahaan. Cukup lama Diana bersabar diri bekerja di perusahaan tersebut yang lama kelamaan membuat dirinya tidak nyaman dan aman dalam bekerja.
 Diana pun terpaksa harus stuck dalam hubungan kerja yang kacau setiap saat. Kesabaran Diana diuji habis-habisan menghadapi Bossnya yang ajaib itu.
Mulanya Diana berfikir karena sesama orag Indonesia, ia tidak akan menemui kesulitan, namun perkiraannya salah besar. Bossman memiliki perilaku yang aneh bin ajaib. Ian merasa selalu benar, curiga, sangat pelit, dan memiliki aturan sendiri yang sering dilanggarnya sendiri

c.                  Pada sebuah perusahaan yang dipimpin oleh seorang boss yang arogan, egois, tidak peduli terhadap karyawannya dan ingin menang sendiri.
Disebuah perusahaan yang benar itu  seorang atasan harus bersikap adil terhadap karyawannya dan mau mendengarkan saran, kritik, dan keluh kesah karyawannya untuk kemajuan perusahaan. Apabila hal ini diabaikan maka banyak karyawan yang akan mengundurkan diri, tidak produktif dan lama kelamaan perusahaan tersebut akan bangkrut
Seorang karyawan membutuhkan perhatian dari seorang atasan baik masalah pekerjaan maupun masalah pribadi. Seorang atasan akan di segani, di hormati oleh karyawannya apabila atasan dapat memberi kenyamanan dan keamanan dalam bekerja. Perusahaan akan berkembang apabila atasan dan karyawan dapat bekerjasama untuk mengembangkan perusahaan
Kunci dari semua itu adalah bersikap adil atasan pada karyawannya dimana aset utama sebuah perusahaan adalah karyawan yang berprestasi, rajin dan pintar semua ini berlaku untuk perusahaan besar dan kecil.

d.                 Seorang karyawati memprotes atasannya karena diperlakukan tidak adil terhadap dirinya dan karyawan lainnya. Puncaknya karyawati itu keluar dari perusahannya tanpa pamit.

           Awalnya atasan tersebut tidak peduli kalau karyawan itu keluar dari perusahaannya tetapi lama kelamaan sang atasan merasa apabila sebelumnya ada sesuatu pekerjaan yang dibutuhkan akan berjalan lancar tetapi semenjak karyawati itu keluar banyak pekerjaan yang dibutuhkan tidak ada, misalnya laporan keuangan, laporan persediaan barang-barang dsb.
Sadar akan kekurangannya dan sadar bahwa dirinya sangat membutuhkan karyawati tersebut, maka sang atasan mencoba evaluasi dirinya sendiri tentang apa yang kurang dalam menangani perusahaan. Akhirnya atasan sadar bahwa ketidak adilan yang dilakukan olehnya terhadap karyawan adalah salah satu penyebab kacaunya pekerjaan di perusahaan tersebut.



Sumber :
https://movie.co.id/my-stupid-boss/sinopsis/

http://sinopsisfilmbaru.com/sinopsis-my-stupid-boss-2016/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...