Rabu, 02 November 2016

Tugas Ilmu Budaya Dasar 2 Khalidah Zazkya

Tugas Ilmu Budaya Dasar 


Nama : Khalidah Zazkya 
NPM : 13516893
Kelas : 1 PA 12


  1. Jelaskan pengertian manusia, cinta kasih dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri
Jawaban :
  • Pengertian manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, karena dibekali akal serta pikiran yang dapat digunakan untuk berpikir dan bertindak serta dapat membedakan yang benar dan yang salah. Selain itu juga merupakan makhluk sosial yang berarti membutuhkan bantuan orang lain untuk keberlangsungan hidupnya, baik untuk berinteraksi dan bersosialisasi maupun untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang lain. Karena, tanpa bantuan manusia yang lain kehidupan tidak akan berjalan dengan semestinya. Manusia juga memiliki kodrat untuk menjadi pemimpin bagi kaumnya sendiri. Setiap manusia bertanggung jawab untuk memimpin. Baik untuk memimpin hidupnya sendiri, menjadi kepala rumah tangga bahkan menjadi pemimpin bagi sutu negara.
  • Cinta kasih berasal dari kata cinta dan kasih yang memiliki definisi yang berbeda. Cinta berarti rasa sangat suka atau sangat sayang atau memiliki ketertarikan dalam hatinya. Sedangkan, kasih memiliki arti perasaan sayang atau cinta dengan menaruh rasa belas kasih. Jadi, pengertian dari cinta kasih secara keseluruhan adalah memiliki perasaan suka atau kasih sayang dengan disertai menaruh belas kasih. Namun, meskipun begitu terdapat perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan rasa kepada yang dicintai.
  • Pengertian kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta dari pemikiran serta pola hidup manusia dengan menggabungkan pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, adat istiadat serta kebiasaan manusia melalui interaksi antar individu diwilayah atau tempat tertentu dan dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi ciri khas atau penanda wilayah atau tempat tersebut. Kebudayaan memiliki bentuk wujud yang beragam. Baik berupa wujud kebendaan seperti bangunan, pakaian, alat senjata. Maupun berupa non kebendaan seperti bahasa, kesenian maupun ilmu pengetahuan. Yang hasilnya dapat dilihat atau dipublikasikan ke khalayak luas.

  1. Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan
Jawaban : hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan adalah manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain untuk interaksi dan menjalani hidupnya. Dengan adanya interaksi dengan yang lain, akan dapat memunculkan suatu kebudayaan baru. Karena, kebudayaan dapat tercipta dari hasil pemikiran maupun pola perilaku hidup manusia yang beragam akibat berinteraksi secara terus menerus disuatu wilayah maupun tempat tertentu. Selain itu, dengan seringnya berinteraksi dengan manusia yang lain akan menumbuhkan rasa cinta kasih sesama manusia yang memang telah dimiliki sejak lahir. Salah satu bentu rasa cinta kasih yang dapat melahirkan kebudayaan baru adalah melalui pernikahan berbeda suku atau etnis. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya peleburan antara kedua budaya yang berbeda menjadi suatu budaya yang baru. Dan menambah keanekaragaman budaya yang ada.

  1. Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap tuhan
Jawaban :
  • Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesama manusia salah satunya adalah pernikahan dengan perbedaan suku atau etnis. Sehingga memungkinkan akan terbentuknya kebudayaan baru akibat peleburan kedua budaya dari masing-masing pasangan yang menikah. Menurut Tseng (dalam McDermott & Maretzki, 1977) menyebutkan bahwa perkawinan antar etnis (intercultural marriage) adalah perkawinan yang terjadi antara pasangan yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Budaya menjadi suatu aspek yang penting dalam perkawinan, dimana pasangan tersebut tentu memiliki dalam hal nilai-nilai budaya yang dianut, menurut keyakinan dan kebiasaan, serta adat istiadat dan gaya hidup budaya. Di dalam perkawinan juga disatukan dua budaya yang berbeda, latar belakang yang berbeda, suku yang berbeda (Koentjaraningrat, 1981). Dibalik itu semua pernikahan dengan berbeda etnis atau suku memiliki kekurangan serta kelebihan tersendiri. Kekurangannya meliputi mulai terkikisnya budaya maksudnya adalah salah satu pasangan akan mulai melupakan kebudayaan daerahnya sendiri karena terbiasa hidup dilingkungan yang baru, perbedaan prinsip dalam berbudaya seperti cara hidup, pola pikir maupun gaya bahasa, selanjutnya adalah subjektivitas rasialis yang berarti jika terjadi percekcokan diantara keduanya terkadang menjelek-jelekan suku dari pasangan masing-masing. Namun begitu, kelebihan dari pernikahan berbeda etnis atau suku ini pun banyak. Seperti membuat kita menjadi dewasa dalam menyikapi perbedaan yang ada, mempelajari budaya yang baru dari pasangan kita dan yang terakhir adalah terwujudnya persatuan Indonesia. Kebudayaan dapat mengikat suatu persaudaraan meskipun memiliki kebudayaan yang beragam. Budaya juga dapat menjadi suatu tolak ukur sejauh mana seorang manusia dapat mencintai perbedaan yang ada di antara mereka, sehingga terjadi rasa saling memiliki dan juga saling mempunyai suatu budaya dan aspek-aspek yang terdapat di dalamnya. Tidak meremehkan atau memandang sebelah mata sebuah kebudayaan, karena kebudayaan adalah hal penting yang muncul atau tercipta dari daya cipta, rasa, dan karsa manusia. Dengan demikian, setiap budaya memiliki makna tersendiri agar dapat tercipta rasa saling mengerti antara sesama manusia. Maka dari itu, suatu perasaan cinta kasih tidak akan pernah dapat dipisahkan dari satu kesatuan ikatan yang dibentuk dari suatu kebudayaan. Kebudayaan yang baik adalah suatu kebudayaan yang dapat mempersatukan adanya perbedaan dan tidak sepaham, menjadi suatu ketergantungan yang dapat mewujudkan suatu tujuan bersama.
  • Contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap tuhan : Manusia pada hakikatnya tidak akan dapat terpisahkan dari cinta kasih dan sayang. Rasa cinta kasih manusia kepada tuhannya merupakan puncak cinta manusia, yang paling jernih, spiritual dan yang dapat memberikan tingkat perasaan kasih sayang yang luhur, khususnya perasaan simpatik dan sosial. Di Indonesia sendiri, memiliki banyak budaya yang berkaitan dengan cinta kasih kita kepada tuhan baik berupa pemujaan, maupun upacara adat lainnya sebagai bukti rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu dari contoh upacara adat itu adalah Sedekah Bumi. Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Upacara tradisional ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali, pada bulan apit  (Dzul Qa’dah) bertepatan pada hari ahad kliwon. Bagi kalangan petani di desa ritual tersebut seolah menjadi kewajiban untuk dilaksanakan, dengan harapan agar tanaman yang hendak ditanam, terutama padi dapat menghasilkan padi yang berlimpah dan subur. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan nenek moyang. Ritual ini juga penting untuk menjaga agar generasi penerus bangsa ini dapat mempelajari dan melaksanakan budaya agung ini dengan dengan tidak lepas dari rel budaya lokal atau daerahnya, namun tetap mampu memadukannya dengan perkembangan zaman. Tujuan tradisi Sedekah Bumi adalah memberikan persembahan dan penghormatan yang berupa sesaji hasil bumi yang ditunjukkan kepada sang maha pencipta yang telah menjaga bumi pertiwi yang ditempati dalam keadaan aman, tenteram, sejahtera dan jauh dari segala macam persoalan-persoalan dan masalah. Dan diadakan karena ingin mengucapkan rasa syukur atas rizky yang telah diberikan. Serta  warga masyarakat agraris diharapkan memiliki keteraturan dalam bercocok tanam dan agar meningkatkan keseimbangan lingkungan dengan kehidupan manusia, terutama dalam stabilitas pangan, selain itu masyarakat mengharapkan keberlangsungan keteraturan sosial, dan supaya integrasi sosial, kolektivitas  masyarakat menjadi kuat dan terpelihara.
















Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...