Rabu, 02 November 2016

TUGAS IBD 2

Syifa Afifah
1PA12
17516264
Ilmu Budaya Dasar
Tugas kedua
Soal    pertama       :
Jelaskan  pengertian manusia, cinta kasih dan kebudayaan menurut pendapat anda sendiri !
*      Manusia adalah suatu mahluk ciptaan tuhan yang sempurna. Ia disempurnakan melalui akal dan kejernihan hati. Mahluk yang diciptakan tuhan untuk menjadi pemimpin di muka bumi yang fana ini, dimana diantara semua mahluk yang tuhan ciptakan, hanya manusia yang dapat menyanggupi perintah tuhan untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Dengan hebatnya Ia menyanggupi, sementara di lain dunia, para malaikat sibuk mempertanyakan apakah kebijakan tuhan itu sungguh baik. Disitulah para malaikat bertanya kepada tuhan perihal manusia akan menjadi khalifah di muka bumi ini . Tanya mailakat “untuk apa mereka diciptakaan untuk menjadi khalifah dimuka bumi ini jikalau hanya aka nada banyak pertumpahan darah nantinya”.
Itulah manusia, terkadang ia bersikap seolah ia tidak memiliki hati dan dengan ringan tangannya ia dengan secepat kilat menghancurkan ciptaan tuhan yang lainnya. Manusia melebelkan dirinya bahwa Ia adalah makhluk sempurna yang paling indah, sempurna , kuat, baik, bijaksana, mulia, bertanggung jawab, dapat diandalkan  dan dengan kehebatan lain yang dapat mereka lebelkan sesuka hati.
Akan tetapi mereka seringkali terbuai nikmat dunia dan lupa bahwa mereka hanyalah suatu ciptaan tuhan, atau bahasa kasarnya, manusia hanyalah seonggok daging yang bernyawa yang memiliki akal dan hati yang kadang mereka kesampingkan untuk kepentingan individualis. Tidak seharusnya Ia memiliki lebel “paling”, “maha”, “amat”, “lebih”, atau lain sebagainya. Pepatah mengatakan bahwa “diatas langit masih ada langit”. Kalimat itu menggambarkan bahwa itu bukanlah omong kosong biasa yang tak dapat dipertanggungjawabkan. Kalimat tersebut seakan menyentil dan memperingati hati kecil manusia yang sudah lama tertumpuk oleh banyak bintik hitam. Dapat ditegaskan bahwa manusia hanyalah ciptaan sang maha pencipta. Bahwa sebab akibat yang terjadi di muka bumi ini terdapat campur tangan tuhan, sang maha pencipta. Tak sepantasnya manusia memiliki sifat sombing. Manusia adalah ciptaan tuhan yang wajib mematuhi perintah-Nya tanpa ada pengecualian setitikpun.
Dan dalam ilmu eksak, manusia dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk suatu jaringan-jaringan system fidik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan energy, manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia. Dalam ilmu-ilmu social manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu emperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo ekonomikus, manusia merupakan mahluk social yang tidak dapat berdiri sendiri, mahluk yang selalu ingin memiliki kekuasaan,  mahluk yang berbudaya, sering disebut homo humanus, dan lain sebagainya.
*      Kebudayaan merupakan ciri khas suatu suku, kebudayaan adala gaya hidup yang dapat diadaptasi dari berbagai macam kalangan. Kebudayaan adalah identitas yang menandakan jati diri dari suatu suku. Kebudayaan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya budaya kehidupan manusia tak akan berjalan sebagaimana semestinya. Begitu banyak hal yang berkaitan dengan budaya . suatu budaya dapat diterima jika sang pemakai budaya tersebut memahami apa yang terdapat pada struktur-struktur kebudayaan tersebut. Dizaman ini tak sebaiknya suatu suku langsung menerima budaya luar tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Karena jika pengaruh budaya luar masuk tanpa disaring terlebih dahulu akan menyebabkan terjadinya goncangan budaya (culture shock).
*      Cinta adalah suatu perasaan lubuk hati yang dilandaskan dengan kasing sayang. Sementara kasih adalah perasaan sayang  atau cinta kepada  atau menaruh belas kasihan. Sehingga arti cinta dan kasih hamper bersamaan, yangmana kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menempatkan belas kasih juga.
Walaupun belas kasih memiliki pengertian yang hamper sama, namun terdapat pula perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya ; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, Karena cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab.demikian pula, cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhannya dengan ikhlas, mengikuti perintahnya dan berpegang teguh pada syariat-syariat-Nya. Cinta juga dapat diwarnai dengan kemesraan yang sangat menggejolak, tetapi unsur keintiman dan keterkaitannya yang kurang. Cinta seperti itu dinamakan cinta yang pincang.


Soal  kedua         :
Jelaskan hubungan antara manusia, cinta kasih dan kebudayaan !
Secara sederhana hubungan antar manusia dengan kebudayaan adalah : manuusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia. Tetapi ternyata hubungan antar keduanya tak sesederhana itu.
Dalam sosiologi, manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan suatu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan, dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan  mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Tampak bahwa keduanya akhirnya merupakan suatu kesatuan. Contoh sederhananya yang dapat kita lihat adalah hubungan antar manusia dengan peraturan-peraturan kemasyarakatan. Pada saat awalnya peraturan itu dibuat oleh manusia, setelah peraturan itu terbentuk atau jadi maka manusia  yang membuatnya  harus patuh kepada peraturan yang dibuatnya sendiri itu.
Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, Karena kebudayaan itu merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri. Apa yang tercakup dalam suatu kebudayaan tidak akan jauh menyimpang dari kemauan manusia yang membuatnya.
Dari sisi lain, hubungan antar manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyattakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain
Pengertian tentang cinta dikemukakan oleh Dr. Sarlito. W. Sarwono dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu ketertariakan, keintiman, dan kemesraan. Yang dimaksud dengan ketertarikan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan saying. Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa rindu kalau sudah jauh atau lama tak jumpa. Sementara kasih adalah perasaan sayang  atau cinta kepada  atau menaruh belas kasihan.
Dapat disimpulkan bahwa manusia adalah mahluk berbudaya .dengan kebudayaan yang baik dan benar sesuai dengan apa yang sebenar-benarnya tuhan perintahkan maka cinta dan kasih akan muncul dengan sendirinya di antara manusia itu atau dalam lingkup masyarakat.

Soal ketiga      :
Berikan contoh kebudayaan yang berkaitan dengan cinta kasih terhadap sesame manusia dan terhadap tuhannya !
Awal mula tradisi mudik lebaran di indonesia
lebaran merupakan salah satu momentum bagi umat islam untuk pulang kampong. Ternyata tradisi mudik lebaran untuk berkumpul bersama keluarga dan mengucapkan selamat idul fitri ini tidak tergantikan meski dengan beragam alat komunikasi yang semakin canggih. Orang-orang rela antre, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa melaksanakn tradisi pulang ke kampong halaman dan berkumpul bersama keluarga saat lebaran.
Fenomena mudik lebaran di Indonesia memang unik dan jarang ditemukan di Negara lain. Sekitar satu minggu sebelum lebaran, para asisten rumah tangga berbodong meninggalkan ibukota dan kembali ke kampong halaman. Mudik secara khusus memang ditujukan untuk momentum pulang kampong saat lebaran saja. Sedangkan pulang kampung yang dilakukan pada hari biasa, tidak dapat disebut mudik.
Dahulu antara mudik dan lebaran tidak memiliki kaitan satu sama lain. Dalam bahasa jawa nogko, mudik berarti pulang sebentar saja. Namun kini, pengertian mudik dikaitkan dengan kata “udik” yang artinya kampung. Lantas pengertian ditambahkan menjadi “mulih udik” yang artinya kembali ke kampung atau desa saat lebaran.
Bagi penduduk lain yang berdomisili di desa, Jakarta menjadi salah satu kota tujuan impian untuk mereka mengubah nasib. Lebih dari 80 persen para urbanis dating ke jakarta untuk mencari pekerjaan. Mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan biasanya hanya mendapatkan libur panjang pada saat lebaran saja. Momentum inilah yang dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman untuk bertatap muka dan saling bermaafan kepada orang yang kita sayangi.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa mudik adalah kebudayaan yang banyak memberikan nilai positif. Pada saat lebaran manusia berbondong-bondong mengucapkan permintaan maaf tanpa pamrih. Bukankah itu yang tuhan perintahkan kepada kita?. Dan pada saat iedul fitri manusia kembali menjadi selembar kertas putih yang bersih seperti apa yang telah tuhan janjikan. Dengan terciptanya komunikasi yang baik antar manusia dan tuhannya maka cinta kasih muncul dengan indah bagai bunga di musim semi.



Daftar pustaka:
Muchji Achmad dan Nugroho Widyo 1996.Ilmu Budaya Dasar.Seri Diktat Kuliah Universitas Gunadarma.Depok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...