Senin, 19 Juni 2017

tugas miad 7

Nama : Hilda Khoerunisa
NPM : 13516309
Kelas : 1PA12


Terdapat beberapa teori tentang terbentuk nya alam semesta, yaitu:
1.      Teori nebula

Teori ini dikemukaan oleh Immanuel Knat (1755) dan Piece De Laplace (1796). Teori ini terkenal dengan Teori kabut Kant-Laplace. Teori ini mengemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumul menjadi kabut (nebula). Gaya Tarik-menarik antar gas ini membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Dalam proses pemutaran yang sangat cepat, materi kabut bagian khatulistiwa terlempat memisah dan memadat. Gadian yang terlembar ini lah yang kemudian menjadi planet-planet dalam tata surya.
2.      Teori Planetisimal

Pada awal abad ke-20, Forest Ray Moulton dan Thomas C. Chamberlain mengemukakan teori Planetisimal Hypothesis, yang mengatakan matahari terdiri dari massa gas bermassa besar sekali. Pada saat melintas bintang lain yang sama ukurannya dengan matahari, bintang tersebut melintas begitu dekatsehingga hampi terjadi tabrakan. Karena dekatnya lintasan pengaruh gaya gravitasi Antara dua bintang tersebut mengakibatkan tertariknya gas dan materi ringan pada bagian tepi. Karena pengaruh gaya gravitasi tersebut sebagian materi terlempar dan materi-materi tersebut mulai menyusut dan memebentuk gumpalan-gumpalan yang disebut planetisimal. Planetisimal itu menjadi dingin dan padat yang akhirnya membentuk planet-planet yang mengelilingi matahari.
3.      Teori Pasang Surut Gas (Tidal)

Teori ini dikemukakan oleh James Jeans dan Harold Jeffeys pada tahun 1918. Mereka mengemukakan bahawa sebuah bintang besar mendekati matahari dalm jarak penek, sehingga menyebabkan terjadinya pasang surut tubuh matahari, saat matahari itu masih berada dalam keadaan gas.
4.      Teori Bintang Kembar

Teori ini dikemukakan oleh R.A Lyttleton, yakni bahwa galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. Salah satu bintang meledak sehingga banyak material yang terlempar. Larena bintang yang tidak meledak mempunyai gaya gravitasi yang kuat, maka sebaran pecahan ledakan intang tersebut mengelilingi bintang yang tida meledak. Bintang yang tidak meledak itulah yang disebut matahari, sedangkan bintang yang meledak disebut planet.
5.      Teori Bing Bang


Berdsarkan teori ini roses terbentuknya bumi berawal dari puluhan milyar tahun ynag lalu. Awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya.  Gumpalan kabut raksasa itu meledak yang kemudian memebentuk galaksi dan nebula dalam jangka waktu yang sangat lama kemudian memebeku dan membentuk galaksi yang disebut galaksi bima sakti, dan memebentuk system tata surya. Sedangkan bagianringan yang terlempat mengalami kondensasi sehingga gumpalan-gumpalan yang mendingin dan memadat membentuk panet.
            Didalam alam semesta terdapat system tata surya diantaranya:
1.      Bintang
Benda langit luar angkasa yang memiliki ukuran besar dan memancarkan cahaya sebagai sumber cahaya. Bintang yang dekat dengan bumi adalah matahari.
Bintang tercipta dalam awan molekul, dimana molekul tersebut adalah sebuah daerah medium antar bintang yang luas denan kerapatan yang tinggi. Pada umumnya awan terdiri dari hydrogen dengan sekitar 23-28% helium dan beberapa persen elemen berat, komposisi elemen dalam awan ini tidak banyak berubah sejak peristiwa nukleosistensis Big Bang pada saat awal alam semesta.
2.      Bulan
Bulan merupakan benda langit yang terdekat denagn bumi dan beredar mengelilingi matahari dari arah barat-timur. Waktu perjalanan bulan dari konjungsi sampai kedudukan konjungsi lagi disebut satu bulan sinodik, sama dengan 29,5hari.
3.      Matahari
Bola raksasa yang terbentuk dari gas hydrogen dan helium. Matahari termasuk bintang berwarna putih yang berperan sebagai pusat tata surya. Disamping puasat peredaran matahari juga merupakan sumber energy untu kehiduoan yang berkelanjutan.
4.      Meteor
Meteor adalah benda langit yang masuk kedalam wilayah atmosfer bumi yang mengakibatan terjadinya gesekan permukaan meteor dengan udalam dalam kecepatan tinggi. Akibat adanya gesekan yang cepat tersebut menimbulkan pijaran api dan cahaya yang dari kejauhan melihat seperti bintang jatuh.
5.      Bumi

bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Bumi adalah planet ke delapan dalam tata surya. Jarak bumi dan matahari adalah 149,6 juta kilometer. Mempunyai lapisan udara dan medan magnet yang disebut magnetosfer yang melindungi permukaan bumi dari angin, matahari, sinar ultraungu, dan radiasi dari luar angkasa. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365,2425 hari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...