Senin, 26 Juni 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar#9

Nama   : Hilda Khoerunisa
NPM   : 13516309
Kelas   : 1PA12

Keadaan Bumi Akibat Pemanasan Global


Pemanasan global adalah kenaikan suhu rata-rata pada permukaan bumi dan lapisan atmosfer. Pada saat ini suhu dipermukaan bumi menunjukan peningkatan yang sangat drastic yang terjadi dalam satu abad terakhir. Tanda-tanda terjadi pemanasan global dapat kita rasakan. Salah datu efek pemanasan global yaitu rumah kaca.
Dampak pemanasan global bumi ini sangat panas. Pada tahun 2016 menjadi ahun terpanas yan pernah ada, dengan suhu yang meningkat 1,3 derajat Celsius di atas rata-rata. Dengan suhutersebut tentu sangatlah berbahasa, karena hamper mendekati 1,5 derajat Celcius yaitu batas yang ditentukan oleh pembuat kebijakan internasional untuk pemanasan global.
Pemanasan global dapat dicegah dan dikurangi dengan cara kegiatan aktiitas manusia tidal mencapai 840 gigaton karbon diakhir abad ini. Namun pada tahun 2011 atmosfer bumi sudah tercemar oleh karbon sebanyak 531 gigaton. Namun pemanasan global ini akan terus berlanjut dan akan bertambah buruk jika manusia tidak mengurangi aktivitas yang menghasilkan emisi gas lebih banyak.
Factor lain yang mempengaruhi suhu global dalam waktu singkat yaitu erupsi gunung berapi menyemburkan pertikel-partikel yang dapat mendinginkan permukaan bumi sementara. Tetapi efek ini akan menghilang beberapa tahun. Siklus lain, seperti El Nino, juga berdampak dala waktu singkat dan dapat dipediksi.
Saat ini, manusia telah meningkatkan jumlah karbondioksida di atmosfer lebih sepertiga sejak revolusi industry.
Peningkatan gas rumah kaca merupakan masalah, karena dapat mengubah iklim lebih cepat dari kemampuan adaptasi beberapa makluk hidup. Misalnya, saat ini pergantian musim di bumi sanagt sulit diprediksi, sering terjadi angina putting beliung, banjir, kekeringan di wilayah yang tidak biasa dialami.
Akibat perubahan suhu di bumi ini lapisan es bumi seperti di Greenland dan Antarktika mulai meleleh. Keleihan air ini dapat berpotensi meningktkan permukaan laut secara signifikan.
Beberapa fakta dan kondisi tentang bumi:
1.      Bumi ini banyak mengandung karbondioksida dibandingkan 800 ribu tahun lalu, tentu saja, hal itu dapat berdampak pada keselamatan makluk hidup di Bumi.
2.      Sejak 1870, permukaan level ain semakin meninggi hingga delapan inci atau 20,3cm setiap tahu. Semua itudisebabkan oleh pemanasan global dan jika tidak ditindaklanjuti, bisa jadi seluruh pulau bahkan benua bisa tenggelam.
3.      Es Arktik akan terus meleleh hingga 2040, pada gunung es dikawasan Arktik berperan penting dalam mengatur suhu di Bumi.
4.      Pada tahun 1990 dan 2014 pemansaan glonal meningkat hngga 36%, dta tersebut dari Organisasi Meteorologi Dunia.
5.      Berdasarkan penelitian dari Institut Penelitian Dunia, bencana alam berupa banjir akan terus meningkat, bahkan persentasenya tiga kali lipat hingga 2030.


Daftar pustaka:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...