Minggu, 18 Juni 2017

TUGAS MATEMATIKA dan ILMU ALAMIAH DASAR 8#

Nama : Aqila Shabirah 
NPM : 11516002
Kelas : 1PA12


Pertemuan 8 

TEORI EVOLUSI
(perubahan seleksi alam dan adaptasi)

Saya akan membahas mengenai teori evolusi, banyak pendapat para ahli tentang teori evolusi, sebuah teori dimana seseorang dapat berpikir darimana manusia diciptakan?, seperti apa manusia pertama kali muncul?, dan bagaimana cara manusia berevolusi?
Nah, untuk kesempatan kali ini saya akan menjelaskan teori evolusi dari beberapa sumber web yang saya ketahui, langsung saja :

Pengertian Evolusi

Evolusi adalah suatu proses perubahan makhluk hidup secara bertahap dan membutuhkan waktu yang lama dari bentuk yang sederhana, menjadi bentuk yang lebih kompleks. Diperlukan waktu jutaan tahun agar perubahan tersebut nampak lebih jelas.
Terdapat dua macam evolusi :
Evolusi Progresif : Evolusi yang menuju pada kemungkinan dapat bertahan hidup.
Evolusi Regresif (retrogresif) : Evolusi yang menuju pada kemungkinan menjadi punah.

Teori evolusi itu sendiri adalah perpaduan antara ide (gagasan) dan fakta.
Disini saya mengambil dua teori dari seorang ahli filsafat dan biologi:

 Epicurus
 
wikipedia.org



Epicurus sependapat dengan Aristoteles bahwa organisme berubah dan berkembang makin kompleks dan makin maju. Namun bukan karena faktor entelecy yang mempengaruhinya, melainkan karena faktor "natural law".



 August Weismann



Ilmuan ini melengkapi teori evolusi Darwin dengan teori genetika modern. Menurutnya, evolusi adalah masalah genetika, yakni soal keturunan bagaimana mewariskan gen-gen melalui sel kelamin.





Menurut saya kedua teori ini lebih membahas bagaimana makhluk hidup tumbuh dan berkembang seperti zigot tumbuh menjadi janin lalu kemudian menjadi bayi. Jika evolusi makhluk hidup seperti yang dimaksudkan oleh Epicurus dan August, ya memang benar adanya. Seperti yang sudah di singgung dalam teori Epicurus bahwa makhluk hidup berkembang dikarenakan faktor “ Natural Law”.atau bisa juga kita sebut seleksi alam. Lalu apa itu seleksi alam ? mengapa Epicurus berpendapat bahwa makhluk hidup berkembang karena faktor “Natural Law” (seleksi alam)? 
 
Pengertian Seleksi Alam 

Seleksi Alam adalah Kemampuan bertahan hidup dan kemampuan untuk memproduksi organisme digunakan untuk mengukur kebugaran organisme tertentu. Variasi yang diwariskan dalam populasi, produksi keturunan yang banyak, dan variasi kebugaran di kalangan anak adalah kondisi yang akhirnya menghasilkan kompetisi antar organisme untuk bertahan hidup dan reproduksi.
Mereka yang memiliki sifat-sifat yang menguntungkan akan bertahan dan meneruskan sifat-sifat menguntungkan untuk generasi berikutnya sementara mereka yang tidak memiliki sifat-sifat yang menguntungkan tidak akan bertahan. Hal ini pun tidak luput dari bagaimana mereka yang pandai beradaptasi juga mampu bertahan dan meneruskannya ke generasi berikutnya. Lalu apa itu adaptasi ? apakah adaptasi saling berkaitan dengan seleksi alam ?

Pengertian Adaptasi 

Adaptasi didefinisikan sebagai suatu proses evolusi yang meningkatkan kebugaran organisme tertentu, relatif terhadap keadaan karakter alternatif.

Organisme akan mengembangkan sifat-sifat mereka sendiri untuk menghadapi tantangan lingkungan untuk bertahan hidup sendiri dengan proses adaptasi. Para anggota yang mengembangkan sifat-sifat adaptif akan bertahan di lingkungan dan mampu meneruskan sifat mereka, yang bertanggung jawab untuk adaptasi ini, generasi berikutnya. Ciri-ciri adaptif dapat menyebabkan perubahan struktural, perilaku, atau fisiologis dalam organisme.

Hubungan Seleksi Alam dengan Adaptasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasannya seleksi alam dan adaptasi memiliki hubungan yang erat dalam cara sekelompok makhluk hidup tumbuh dan berkembang. Jika sekelompok makhluk hidup tidak dapat beradaptasi dan tidak bisa menghadapi seleksi alam untuk kelangsungan hidupnya, sudah tentu sekelompok makhluk hidup tersebut akan tertinggal oleh yang mampu beradaptasi dan menghadapi seleksi alam, atau bahkan bisa punah. 







Source : 
http://www.pusatbiologi.com/2013/02/teori-teori-evolusi.html 
http://usaha321.net/perbedaan-seleksi-alam-dan-adaptasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...