Kamis, 15 Juni 2017

Tugas 9 (Fenomena Alam LONGSOR)


Nama               : Winda Lilis Sana
Kelas/ Npm     : 1 PA 12/ 17516664
Tugas               : Pertemuan 4 ( ke-3)
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Tema : Fenomena Alam
1.      Fenomena Alam
     Fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan kemudian tak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat memengaruhi manusia (mis. bakteri, penuaan, bencana alam). Contoh umum dari fenomena alam termasuk letusan gunung berapi, cuaca, dan pembusukan.
     Fenomena alam adalah fenomena yang terjadi pada alam yang berada disekitar kita, banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya fenomena alam dimuka bumi ini.
2.      Fenomena Longsor
     Pada musim penghujan sering terdengar berita tentang bencana longsor yang terjadi pada beberapa daerah di Indonesia maupun di mancanegara.
Tanah longsor juga sering disebut sebagai gerakan tanah. Tanah longsor merupakan salah satu peristiwa geologi yang terjadi akibat adanya pergerakan massa batuan atau tanah dengan berbagai macam tipe dan jenis tanah, misalnya jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Ø  Longsor Kembali Menghantui Warga Garut.
     Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah itu selama hampir sepekan. Di Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Garut misalnya, tebing setinggi 10 meter dilaporkan ambruk dan menutup akses transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun material berupa tanah dan batuan setebal tiga meter menutupi akses jalan sepanjang 10 meter.
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat mengatakan bencana longsor juga menimpa akses transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. Di mana ada tiga kecamatan, yakni Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy yang kini terputus.

Penyebab longsor di Kabupaten Garut
Ø  Curah hujan yang tinggi àPenyebab pertama seringnya terjadi longsor adalah tingginya curah hujan. Tanah yang kering pada musim kemarau mempunyai banyak pori- pori atau rongga tanah. Rongga- rongga tanah tersebut akan membentuk retakan pada tanah. Ketika musim penghujan, air hujan akan memenuhi rongga tanah dan menyebabkan terjadinya pergeseran tanah. Jika tanah bergeser terus menerus maka akan terjadi longsor.
Dampak longsor yang ditimbulkan
Ø  Banyak insfrastruktur rusakàRusaknya insfrastuktur juga merupakan salah satu dampak yang pasti terjadi ketika tanah longsor. Infrtastruktur  yang rusak ini boleh dibilang yang berada di atas tanah yang longsor maupun yang berada di bawah (tertimbun).
Ø  Akses transportasi di beberapa daerah terputus.
Upaya Pencegahan Tanah Longsor
        Tanah longsor dapat dicegah apabila kita melakukan beberapa upaya diantaranya sebagai berikut:
1.      Tidak membuat sawah di lereng
2.      Tidak mendirikan bangunan di tebing
3.      Tidak menebang pohon di lereng
4.      Tidak memotong tebing secara tegak lurus
5.      Tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai
6.      Melakukan upaya preventif
7.      Membuat terasering
8.      Melakukan penyuluhan kepada masyarakat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...