Minggu, 18 Juni 2017

Tugas Matematika Dan Ilmu Alamiah Dasar 2 (materi 3)

Tugas 2 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Nama   : Khalidah Zazkya
Kelas   : 1PA12
NPM   : 13516893
Teori Evolusi
Evolusi adalah perubahan yang dialami makhluk hidup secara berangsur-angsur dalam waktu yang lama sehingga membentuk spesies yang baru. Berdasarkan ilmu biologi, evolusi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari sejarah asal-usul makhluk hidup dan keterkaitan genetik antara makhluk hidup satu dengan yang lain. Evolusi biologi mencakup dua peristiwa, yaitu evolusi anorganik merupakan evolusi mengenai asal-usul makhluk hidup yang ada di muka bumi, berdasarkan fakta dan penalaran teoritis. Evolusi organik (evolusi biologis) merupakan evolusi filogenetis, yaitu mengenai asal-usul spesies dan hubungan kekerabatannya. Teori evolusi itu sendiri adalah perpaduan antara ide (gagasan) dan fakta. Ada banyak ilmuan yang membahas mengenai teori evolusi diantaranya adalah :

1.      Teori Evolusi Lamarck

Jean Baptise de Lamarck (1744 – 1829) seorang ahli biologi kebangsaan Perancis, memiliki suatu gagasan dan menuliskannya dalam bukunya berjudul “Philoshopic”. Dalam bukunya tersebut Lamarck mengatakan sebagai berikut:
  1. Lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri dan sifat-sifat yang diwariskan melalui proses adaptasi lingkungan.
  2. Ciri dan sifat yang terbentuk akan diwariskan kepada keturunannya.
  3. Organ yang sering digunakan akan berkembang dan tumbuh membesar, sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami pemendekan atau penyusutan, bahkan akan menghilang.
Contoh yang digunakan oleh Lamarck adalah jerapah. Menurut Lamarck, pada awalnya jerapah memiliki leher pendek. Namun, karena makanan dari jerapah-jerapah tersebut adalah dedaunan diatas pohon,  maka jerapah-jerapah tersebut berusaha untuk dapat menjangkaunya. Karena terbiasa dengan hal ini, maka semakin lama leher jerapah menjadi semakin panjang. Lamarck mengungkapkan bahwa makhluk hidup berevolusi sebagai respon terhadap perubahan lingkungannya. Berevolusi, artinya makhluk hidup berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Oleh karena itu, Lamarck merupakan orang pertama yang menyatakan bahwa makhluk hidup melakukan evolusi.
Teori evolusi Lamarck menjelaskan dua fakta penting, yaitu sebagai berikut:
  1. Pertama, mengenai penemuan fosil yang memperlihatkan bahwa makhluk hidup di masa lampau berbeda dengan yang hidup saat ini.
  2. Kedua, teorinya menjelaskan mengapa setiap makhluk hidup memiliki adaptasi yang baik terhadap lingkungannya.
Lamarck juga memperlihatkan bahwa setiap makhluk hidup memiliki adaptasi yang sesuai dengan cara hidupnya. Gajah memiliki belalai yang panjang untuk mengumpulkan makanan, singa memiliki cakar yang kuat dan taring untuk menangkap mangsa, serta rusa memiliki kaki panjang yang lincah untuk menghindari predator.

2.       Teori Evolusi Darwin

Sekitar 50 tahun setelah Lamarck mengajukan teori evolusinya, Charles Darwin, seorang naturalis asal Inggris mengajukan teorinya yang mengubah pemikiran banyak ahli biologi. Pada tahun 1859, Darwin mempublikasikan bukunya yang berjudul The Origin of Species by Means of Natural Selection. Charles Darwin mengemukakan teori evolusinya secara lengkap dalam buku tersebut yang diterbitkan pada 24 November 1859.  Dalam buku ini dikemukakan dua teori pokok, yaitu:
  1. Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa silam.
  2. Evolusi terjadi melalui seleksi alam.
Dua teori utama Darwin merupakan hasil pengamatan Darwin sebagai berikut:
  1. Setiap spesies mempunyai potensial fertilisasi yang besar sehingga ukuran populasinya akan meningkat secara eksponensial
  2. Ukuran populasi cenderung menjadi stabil kecuali fluktuasi musiman.
  3. Sumber daya alam yang terbatas.
  4. Individu-individu populasi sangat bervariasi dalam hal ciri-ciri tubuh, namun tidak ada dua individu yang benar-benar sama.
  5. Kebanyakan variasi diwariskan pada keturunannya.
Perbandingan Teori Darwin dan Lamarck


Teori Darwin dan teori Lamarck keduanya menyatakan bahwa evolusi spesies terjadi berangsur-angsur dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Akan tetapi, penyebab dan mekanisme terjadinya perbedaan tersebut dijelaskan secara berbeda. Salah satu contoh evolusi yang terkenal adalah mengenai evolusi panjang leher jerapah. Baik Darwin maupun Lamarck, sama-sama menjelaskan bahwa panjang leher jerapah merupakan hasil dari evolusi. Lamarck menjelaskan bahwa panjang leher jerapah terjadi karena aktivitas jerapah yang terdahulu. Menurut Lamarck, dahulu leher jerapah tidak panjang. Namun, karena makanan dari para jerapah tersebut adalah dedaunan diatas pohon,  maka jerapah-jerapah tersebut berusaha untuk dapat menjangkaunya. Karena terbiasa dengan hal ini maka semakin lama, leher jerapah menjadi semakin panjang dan pada generasi berikutnya, kemudian diwariskan kepada keturunannya sehingga akhirnya semua jerapah memiliki leher yang panjang. Berbeda dengan Lamarck, Darwin menjelaskan bahwa panjang leher jerapah berbeda-beda karena adanya variasi dalam populasi jerapah. Pada populasi jerapah, terdapat sebagian jerapah yang berleher lebih panjang serta berleher pendek. Ketika makanan jerapah berada diatas pohon yang tinggi, jerapah dengan leher pendek tidak dapat bertahan hidup hingga akhirnya mati. Hal tersebut akhirnya hanya menyisakan jerapah dengan leher panjang saja yang dapat bertahan hidup. Selama beberapa generasi terjadi seleksi yang sama. Akibatnya, jerapah yang berleher panjang akan tetap bertahan hidup dan menghasilkan keturunan jerapah yang berleher panjang. Perbedaan penting antara teori Lamarck dan Darwin terjadi pada penjelasan variasi dalam populasi. Pada penjelasan Lamarck, variasi terjadi sebagai hasil dari perubahan lingkungan. Ketika makanan semakin tinggi, leher jerapah berevolusi semakin panjang. Menurut Darwin, variasi terbentuk dengan sendirinya, bukan sebagai respons terhadap kondisi lingkungan. Gen tidak bermutasi sebagai respons terhadap lingkungan. Percobaan-percobaan pada genetika modern mendukung teori Darwin dan tidak ada satupun penjelasan yang mendukung penjelasan Lamarck.








Sumber :
http://www.biomagz.com/2016/10/teori-evolusi-lamarck-dan-darwin.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...